Kenapa Wanita Suka Marah-Marah Nggak Jelas? 

Katanya wanita itu rumit. Mereka sering marah-marah tanpa alasan, emosional, tapi ketika ditanya jawabnya selalu “nggak apa-apa, kok!” 

Dear boys, mari cari tahu alasan kenapa pasangan kamu suka marah-marah sendiri nggak jelas! 

Kenapa Wanita Suka Marah-Marah Nggak Jelas? 

Apakah pacar kamu sering memulai argumen sama kamu? Apakah kamu biasanya bertengkar dengan pacar karena hal-hal kecil yang kamu juga nggak tahu apa? 

Ya, adalah hal biasa bagi pasangan  untuk menghadapi pertengkaran, karena nggak ada hubungan yang berjalan mulus. 

Namun, sebagai seorang laki-laki, sangat penting untuk memahami apa yang membuat wanita kamu marah. Sehingga kamu bisa mencegah timbulnya pertengkaran yang nantinya bisa jadi nggak sehat. 

Sering kali, wanita itu nggak benar-benar marah. Dia hanya sedikit ngambek saat meminta perhatian atau sesuatu yang sangat dia inginkan dari kamu. 

Berikut adalah alasan paling umum kenapa cewek marah tiba-tiba: 

1. Lagi Capek 

Mungkin pacar kamu lagi capek setelah seharian beraktivitas? 

Saat dia sedang lelah, dia butuh perhatian dari kamu. 

Bila kamu malah cari masalah, sekecil apapun, dia bisa meledak. Sekarang dia marah bukan karena capek, tapi karena kamu nggak ngerti bahwa dia butuh dimanja-manja dan diperhatikan sama kamu biar suasana hati dan energi dia balik lagi. 

2. Lagi Banyak Pikiran 

Dia sedang banyak urusan, sibuk banget, dan rasanya ingin menghilang saja. 

Sebagai pacar, kamu harus bantu dia menghadapi masalah tersebut. Tawarkan dia bantuan, beri semangat, peluk dia, atau belikan makanan untuk pacar sebagai tanda perhatian. 

3. Merasa Nggak Diperhatikan

Ini dia alasan kenapa wanita sering marah-marah nggak jelas. Menurut kamu sikapnya itu nggak jelas, padahal dia merasa sangat sedih dan bingung karena merasa diabaikan sama kamu. 

Kamu mungkin kurang perhatian dan membuat dia merasa nggak dicintai. 

Kamu berharap wanita bisa dengan jelas bilang, ‘I need attention’ atau semacamnya? Sering kali nggak begitu cara wanita bekerja. Dia ingin kamu melakukan hal-hal yang dia mau tanpa dia harus bilang. 

Kita perlu terhubung dengan orang yang kita cintai, dan hubungan itu harus melampaui desakan kehidupan sehari-hari.

Juga, keintiman bukan tentang berapa banyak waktu yang kamu habiskan bersamanya. Ini tentang kualitas waktu yang dihabiskan.

Discover More: Ayang Ngambek? Ini Cara Membuat Pacar Tidak Marah Lagi

4. Merasa Nggak Dihargai

Sebenarnya, laki-laki nggak perlu banyak energi dan waktu bagi seorang wanita untuk merasa dihargai. Kebanyakan wanita akan merasa cukup untuk dipuji dan diberi penghargaan akan hal-hal kecil.  

Seperti ucapan terima kasih setelah dia membantu merapikan kemejamu, panggilan sayang yang mesra sebelum tidur, atau hadiah kecil tanpa konteks di hari yang melelahkan. 

Kebanyakan pria mungkin cuek akan hal-hal itu. Bahkan, sering lupa untuk memberikan penghargaan pada wanita dia hari ulang tahun atau anniversary. 

Itu satu dari banyak alasan kenapa wanita suka marah tiba-tiba. 

5. Merasa Kecewa

Ada banyak hal yang bisa buat wanita kecewa pada pasangannya. Ini bisa tentang hal-hal besar, tapi sering juga dia kecewa karena hal-hal kecil yang kamu pikir bukan masalah. 

Umumnya, kekecewaan itu menjadi besar ketika cowok nggak menyadari kesalahannya yang membuat si wanita jadi kecewa. Jadilah ini beberapa layer kekecewaan yang akhirnya membuat dia menunjukan kemarahannya. 

6. Kamu Lupa Sesuatu Tentang Dia 

Kenapa wanita suka marah-marah nggak jelas? Ini mungkin karena kamu lupa akan sesuatu yang dia katakan, inginkan, atau hal-hal terkait dia lainnya. 

Wanita bisa mengingat hal kecil dan sangat detail. Ketika kamu melupakan itu, ini bisa cukup menyinggung perasaannya. 

Discover More: Kenapa Pacar Jadi Sering Marah Tanpa Alasan?

7. Kamu Nggak Peka 

Kamu berharap wanita bisa katakan apa yang dia mau atau apa yang dia pikirkan tentang kamu? Ini hampir nggak mungkin dan menjadi pekerjaan yang sulit bagi pria. 

Kebanyakan wanita ingin pasangannya menyadari, memberikan, dan mengerti apa yang dia mau. Mungkin kamu juga sering mendengar wanitamu berkata, “kamu nggak peka banget, sih!” Ya, begitulah cara kerjanya. 

Misalnya, dia sedang kepanasan di siang hari yang terik saat kalian bertemu. Dia mungkin akan berharap kamu menawarkan atau memberinya Aqua dingin tanpa diminta, dan sudah dibuka botolnya. Ketika kamu melakukannya, dia akan merasa bahagia karena kamu peka dan pengertian pada kondisinya. 

Bila kamu nggak tawarin dia minum dan malah terus jalan padahal dia cukup capek, nah itu masalah buat kamu. Itu alasan kenapa pacar kamu akan marah tiba-tiba. 

9. Kamu Nggak Sesuai Ekspektasi Dia

Here we go, gentleman. Setiap orang pasti punya ekspektasi pada pasangannya. Ini bisa baik tapi bisa menghasilkan kekecewaan juga. 

Kita juga nggak bisa selalu memenuhi ekspektasi orang lain, bahkan pasangan. 

Sering kali wanita memaksakan ekspektasi pada pasangannya dan dia akan kesal sendiri ketika nggak dapatkan apa yang dia mau. 

Sebaliknya, pria juga sering gagal mencapai ekspektasi sederhana yang wanita tetapkan. 

Ini akan menjadi masalah ketika kedua belah pihak nggak punya komunikasi dua arah yang lancar. 

Discover More: 10 cara membuat pacar tidak ngambek lagi

10. Kamu Bohong?

Kenapa wanita suka marah-marah sendiri tiba-tiba? Eh, ini pasti nggak tiba-tiba. 

Wanita telah menyaring dan menempuh berbagai proses hingga dia memutuskan untuk marah sama pasangannya.

Misalnya saat dia tahu kamu bohong atau kamu nggak menceritakan detail tentang sesuatu, dia menunggu loh sampai kamu bisa jujur sama dia. 

Wanita marah dalam situasi seperti itu karena dia ingin kamu jujur. Wanita lebih suka mendengar kebenaran yang menyakitkan daripada melanjutkan hubungan dengan kebohongan. 

Juga, sebelum mereka mulai bertanya, mereka sudah melakukan penelitian tentang kebohongan jamu. Yang wanita butuhkan dari hanyalah validasi dari hal-hal yang telah mereka temukan. 

Sering kali, wanita hanya ingin mendengar kata maaf yang tulus dan sungguh-sungguh. 

Discover More: 100+ Penyemangat Ucapan Selamat Pagi untuk Pacar Romantis

11. Kamu Nggak Menepati Janji 

Kamu ingat-ingat lagi kamu janji apa sama pasangan kamu? Kamu mungkin lupa akan janji itu, atau kamu memang nggak sungguh-sungguh mau menepati janji itu. 

Wanita memegang kata-kata pria seperti benda pusaka. Ketika pria nggak bisa menepati janjinya, itu adalah masalah besar bagi hubungan. 

Meskipun itu janji-janji kecil yang kamu bahkan nggak ingat, tetap harus ditepati.  

Misalnya kamu janji sama dia pulang kerja nanti mau bawakan dia bakpao kesukaan dia. Dia catat betul itu dan dia mungkin sudah membayangkan betapa nikmatnya makan bakpao sama kamu. 

Lalu kamu menemui dia tanpa bawa bakpao, oh sudah pasti dia akan ngambek. Sejuta alasan yang kamu kasih nggak akan berguna, kecuali kamu bilang dari awal bila bakpaonya habis atau penjualnya sudah pensiun. 

12. Dia Sedang Menstruasi

Dear gentleman, mohon edukasi diri sendiri untuk nggak menyalahkan wanita atas perubahan suasana hati yang ekstrem ketika mereka sedang PMS atau dalam masa haid yang menyakitkan. 

Ini adalah hasil dari perubahan hormon mereka. Mereka sendiri nggak bisa kontrol itu.

Tolong, beri perhatian dan kasih sayang yang cukup ketika wanitamu sedang dalam period ini. Jangan hakimi dia karena dia terlalu emosi dan kamu sebut nggak jelas. 

Sebaliknya, tunjukan perhatian dengan:

Author: Augusta Adinda

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s