11 Cara Menghadapi Pacar yang Sibuk Main Game Terus

Pacar yang main games terus hingga lupa apapun, itu menyebalkan. Yuk, cek beberapa tips menghadapi pasangan yang kecanduan main game di bawah ini! 

Kenapa Cowok Suka Main Game (Too Much)? 

Sebenarnya, baik cewek atau cowok bisa memiliki hobi main game yang sama besarnya. Namun dalam konteks ini, kita lagi obrolin tentang sebagian besar cowok yang tampaknya suka main game lebih dari hal-hal penting lainnya, ya. 

Dr. Mark Burton menyampaikan bahwa perilaku bermain game dapat berlanjut karena 3 faktor, termasuk:

  1. Orang tersebut mendapatkan nilai hiburan yang luar biasa dari waktu yang mereka habiskan untuk bermain game.
  2. Orang tersebut bosan dengan kehidupan dan menggunakan game sebagai “pengisi”.
  3. Orang tersebut menggunakan games sebagai jalan keluar menuju keintiman dan fokus pada apa yang mereka ketahui, daripada mencoba mempelajari keterampilan baru (misalnya cara mendapat keintiman melalui hubungan).

“Pria terus bermain game, meski itu mengganggu pasangannya, karena berbagai alasan. Pria umumnya benci diberi tahu apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan dengan waktu yang mereka punya. Bagi banyak orang, game adalah pereda stres dan cara untuk bersantai dan “menghilang”. Bermain game juga dapat memacu adrenalin, cara untuk menunda-nunda atau menghindari tugas yang tidak nyaman, dan cara bagi pria untuk terhubung dengan teman-temanya.” Jelas Julie Hanks, licensed Clinical Social Worker and relationship expert.

Dr. Jones mengatakan bahwa, pada dasarnya, laki-laki senang main games karena rasanya senang. “Studi MRI yang dilakukan pada pria dan wanita selama sesi main games mengungkapkan bahwa pusat kesenangan di otak pria lebih aktif daripada wanita saat bermain. Dengan kata lain, pria mungkin memiliki lebih banyak kesenangan saat bermain games, dan karena proses yang menyenangkan ini mereka juga cenderung lebih kecanduan daripada rekan wanita mereka.”

Kenapa Cewek Nggak Suka Pasangannya Main Game Terus? 

Menurut Dr. Mark Burton, banyak istri dan pacar menganggap main games mengancam karena mereka mengambil waktu dari hubungan.

“Biasanya istri yang menganggap perilaku bermain game merusak hubungan. Mungkin ini karena di berbagai budaya, wanita bertugas untuk lebih fokus pada hubungan dan pria untuk lebih fokus pada tugas. Dalam kasus ekstrem, video game menjadi ‘nyonya’, di mana suami menghabiskan waktu, uang, dan begadang untuk berinteraksi dengan game tersebut (lebih dari istrinya).”

Pasangan kamu merasa terganggu kalau kamu keseringan main game. Bukan karena dia mau kontrol kamu atau ajarin kamu untuk menghabiskan waktu dengan cara lebih berguna. Tapi karena, pasangan kamu berpikir kamu sibuk sendiri sehingga dia merasa seperti terputus secara emosional sama kamu. 

Wanita sering mengeluh dengan, “Apa masih lama main game nya?” atau “Yaudah, main game aja terus!” Itu adalah pesan terselubung bahwa dia ingin diperhatikan dan berharap waktu bersama. 

Catatan: Masalah utamanya bukan karena ada yang main game terlalu lama. Tapi, pasangan takut kamu nggak bisa ada untuknya atau dia jadi nggak terlalu penting untuk kamu. 

Discover More: What to do with your boyfriend when bored at home? Here’s 25 dating ideas

Cara Menghadapi Pasangan yang Sibuk Main Game Terus

Beberapa tips menghadapi pacar yang sibuk main games di bawah ini: 

1. Berikan Dia Waktu untuk Have Fun 

Kita kadang nggak bisa melarang orang melakukan apa yang membuat orang lain berharga. Mungkin itu sesuatu yang bodoh buat kamu, tapi itu sesuatu yang membahagiakan buat dia. 

Bisa jadi, dulu dia nggak bisa beli PlayStation atau game console lainnya. Sekarang dia bisa beli dan dia ingin menikmatinya.

Hanya seperti semua orang yang punya hobi, main game salah satunya. Pasangan juga harus punya waktu sendiri masing-masing untuk melakukan hobi atau lainnya untuk kebahagiaan dirinya sendiri. 

2. Mengeluh dengan Cantik 

“Main game aja terus sana sama teman-teman kamu!” Kadang wanita merasa terlalu kesal hingga kata-katanya jadi menyeramkan. 

Mungkin bisa mengeluh dengan cara yang lebih cantik, yang nggak akan bisa dia abaikan? Misalnya, “Kamu mau lanjut main game atau makan malam bareng aku?

Ah, memang sulit jadi wanita. Mau marah dan mengeluh saja harus tetap cantik padahal pria itu mengabaikannya 😔

3. Minta Dia Buat Batasan Waktu Bermain Game 

Bukan maksudnya kamu ingin mengontrol dia, kapan bisa main game dan kapan harus berhenti. 

Maksudnya, kamu bisa bantu dia untuk mengatur jadwal dengan baik. 

“Luangkan waktu untuk terkoneksi dengan pasangan setiap hari setidaknya selama 30 menit sebelum meluangkan waktu untuk bermain video game,” kata Dr. Burton. 

Discover More: Kenapa Pacar Sering Marah dan Cuek? 9 Alasan dan Cara Menghadapinya

4. Cari Game yang Bisa Dimainkan Bersama 

Wanita mungkin nggak suka game sehingga menganggap itu hanya buang-buang waktu. 

Coba kamu tanyakan pada pasangan kamu tentang game apa yang sedang dia mainkan dan kenapa dia menyukai itu.

Selanjutnya, cari game menyenangkan yang bisa kalian mainkan bersama. Bermain game plus menghabiskan waktu bersama pasangan. 

5. Cari Hiburan Berbeda yang Bisa Dilakukan Bersama

Wanita sering ngambek ketika pasangannya main game terus karena itu membuatnya merasa terabaikan. 

Begini solusinya, kalian bisa melakukan aktivitas menyenangkan yang berbeda tapi di waktu dan tempat yang sama. 

Misalnya, si cowok main game. Si cowok nonton drama Korea. Sambil pangku-pangkuan, rebahan bareng, dan sesekali masing saling merespon. 

Keduanya harus selesai bersamaan. Kemudian, kalian ngobrol atau makan bareng. 

6. Komunikasi yang Lancar

Poinnya itu bukan karena main game, kan? Tapi, karena ada yang merasa diabaikan.

Bila pasangan saling memberi perhatian, pengertian, dan komunikasinya lancar, tentu nggak terjadi kecemburuan atau keributan akibat video games. 

Ya, coba saling memahami saja. Bila dia memang gamers dan menghasilkan uang dari situ, kamu harus tahu bahwa itu memang tugasnya. 

7. Bangun Bonding dan Chemistry dengan Berbagai Cara Lain 

Ada banyak aktivitas yang bisa pasangan lakukan untuk membangun ikatan yang lebih kuat lagi. 

Misalnya, menyelesaikan puzzle, nonton bareng Netflix and chill, masak bareng, jalan-jalan, dan banyak lagi. 

Jangan sampai ada yang sibuk sendiri terlalu lama main game dan nggak nyadar kalau pasangannya kesepian. 

Discover More: 14 Cara Menghadapi Pacar Cuek dan Dingin

8. Saling Mengingatkan

Ya, beri tahu pasangan kamu kalau dia kayaknya sudah terlalu lama main games atau sebagainya. Mungkin juga dia menghabiskan uang yang nggak dia punya demi menang game

9. Pahami Prioritas

Hati-hati gejala kecanduan main game. Bila seseorang main game terus hingga lupa kewajiban dan tanggung jawab dia lainnya, itu sudah bahaya. 

10. Minta Bantuan ke Ahli 

Kalau sepertinya sudah kecanduan dan nggak masuk akal, beri dia saran dan temani untuk konsultasi ke ahlinya. 

Discover More: 17 Ide Kencan Romantis Bersama Pasangan saat Musim Hujan

11. Kamu Harus Jaga Hatimu Juga

Beri tahu dia:

“Kamu telah memilih untuk berada dalam hubungan yang berkomitmen dan dengan itu muncul tanggung jawab dan perlunya mengubah perilaku. Artinya, kita sering melakukan sesuatu untuk pasangan kita karena hal itu penting baginya. Perlu ada kompromi dengan perilaku bermain game, tetapi kompromi adalah komponen penting dari hubungan yang sukses.”

Bila kamu terus-menerus merasa sendirian, kesepian, diabaikan, tidak dicintai, dan lapar akan perhatian karena pasangan kamu nggak peduli sama kamu karena alasan apapun, pertimbangkan untuk pergi. 

Itu beberapa tips menghadapi pacar yang sibuk main games. Main games itu menyenangkan tapi jangan sampai kecanduan, ya. Semoga bermanfaat! 

Sumber: gamerant.com/gaming-relationships-6-ways/

Author: Augusta Adinda

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s