10 Cara Mengatasi Pacar Cemburuan Berlebihan

Menyebalkan juga bila pacar cemburuan karena hal-hal kecil. Ngobrol sama teman lawan jenis nggak boleh. Mau ketemu kolega lawan jenis nggak boleh. Duh. 

Cek beberapa cara mengatasi pacar cemburuan di bawah ini! 

Cara mengatasi pacar cemburuan berlebihan dan nggak beralasan 

Cemburu memang tandanya cinta. Tapi kalau cemburuan tentu bisa bikin hubungan goyah. Kalau pacarmu adalah tipe pencemburu, kamu harus tahu cara menghadapi pacar cemburuan supaya dia yakin kalau kamu mencintai dia.

Saat dia menunjukkan rasa cemburu, bukan berarti rasa cemburunya tidak berdasar lho. Justru kesempatan itu harus kamu manfaatkan untuk memperbaiki hubungan kalian dengan mencari tahu lebih dalam penyebab cemburunya. Jadi, jangan keburu emosi hingga ujungnya bertengkar ya!

Yuk, simak cara apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi pacarmu yang pencemburu.

1. Bicarakan tentang apa yang membuatnya cemburu

Saat pacarmu menunjukkan kecemburuannya, jangan buru-buru mengelak dan mengatakan bahwa rasa cemburunya tidak beralasan. 

Kamu justru harus membicarakan hal ini lebih dalam lagi. Cobalah untuk memahami rasa takut dan cemas yang dia rasakan, lalu yakinkan mereka bahwa semua itu tidak benar.

2. Jangan memicu pertengkaran

Cemburu adalah topik yang cukup sensitif dalam hubungan lho. Membahas hal ini bisa menyebabkan pertengkaran dan kesalahpahaman. 

Jadi pastikan kamu tenang dan bersabar dalam menghadapi sikap cemburu yang dia tunjukkan.

Jangan bersikap defensif dan marah sekalipun kamu merasa dia sedang “menuduh” kamu. Pahamilah bahwa pacarmu mungkin memiliki insecurity dan takut akan kehilanganmu, sehingga hal itu membuatnya mudah cemburu.

Baca Juga: Ini Dia Ciri-Ciri Gebetan Cemburu, Tanda Suka?

3. Tunjukkan rasa sayangmu padanya

Ini dia cara menghadapi pacar cemburuan yang paling ampuh. Yaitu dengan menunjukkan rasa sayangmu padanya dan membuat dia yakin akan hal itu. 

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan menjauhi orang yang dia cemburui untuk sementara waktu agar dia tahu bahwa dia lebih penting bagimu.

Kamu juga bisa melakukan hal-hal romantis seperti memberikan kejutan untuknya atau mengirimkan pesan-pesan yang manis untuk meyakinkan dia.

4. Tentukan batasan-batasan dalam hubungan kalian

Jika pacarmu mengakui kecemburuannya secara terbuka, ini merupakan sinyal positif yang menunjukkan bahwa kamu bisa membuat hubungan menjadi jauh lebih baik. 

Jangan takut untuk membuat batasan-batasan tertentu agar pacarmu juga bisa mengendalikan rasa cemburunya jika dirasa sudah berlebihan.

Menetapkan batasan-batasan tertentu bisa membuat hubunganmu lebih sehat lho. Mintalah dia untuk percaya padamu saat kamu pergi dengan teman-temanmu agar dia tidak meneleponmu setiap beberapa menit sekali.

Jika dia cemburu dengan rekan kerjamu, yakinkan dia bahwa hubunganmu hanya sebatas profesional saja dan minta dia untuk percaya akan hal itu.

Cara mengatasi pacar cemburuan memang harus sabar dalam memberi pengertian dan menjelaskan situasi sebenarnya. 

5. Selalu ada saat dia membutuhkan kamu

Cemburu bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena dia tidak ingin kehilangan dirimu. Bisa jadi dia merasa bahwa akhir-akhir ini kamu terlalu sibuk hingga tidak punya waktu untuknya.

Inilah saat yang tepat untuk membuktikan bahwa kamu akan selalu ada untuknya. Luangkan waktu berkualitas dengan liburan bersama, jalan-jalan, dan lain sebagainya. 

Gunakan waktu tersebut untuk memperbaiki hubungan kalian dan meyakinkan dia bahwa kamu mencintainya.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Pacar Cemburu Lewat Status

6. Terbukalah pada pacarmu

Selain komunikasi, kejujuran adalah hal yang penting. Agar pacarmu bisa meminimalisir rasa cemburunya, kamu juga harus selalu terbuka padanya. 

Jangan berbohong tentang aktivitas yang akan kamu lakukan dan siapa saja yang bersamamu.

Jika dia merasa kamu menyembunyikan sesuatu, maka itu bisa menjadi awal kecurigaan yang akan membuatnya merasa cemburu. 

Selain itu, ceritakan juga orang-orang di sekitarmu yang tidak dia kenal dan bagaimana pendapatmu tentang mereka. 

Misalnya, kamu menceritakan tentang teman-teman sekantormu, siapa yang dekat denganmu, dan siapa yang kurang cocok kepribadiannya untuk kamu jadikan teman.

7. Ingatkan jika dia sudah kelewatan

Rasa cemburu kadang sulit dikontrol. Tugasmu adalah mengingatkan dia jika kamu merasa rasa cemburunya sudah kelewatan. 

Yakinkan dia bahwa apa yang dia rasakan itu tidak benar dan kamu sudah berusaha untuk menunjukkan padanya.

Di titik ini, kamu mungkin akan kehilangan kendali juga atas emosimu. Namun ingat untuk tidak terburu-buru membuat keputusan saat emosi karena nantinya kamu mungkin sangat menyesal.

Baca Juga: Bukan Nggak Sayang, Ini Alasan Pasangan Tidak Cemburu

8. Introspeksi diri dan evaluasi hubungan kalian

Jika kamu dan pacar tidak kunjung menemukan titik temu atas masalah ini, lakukan introspeksi diri masing-masing dan saling menjauh untuk sementara waktu. 

Usahakan kalian benar-benar sendiri dan menyepi, tidak bertemu dengan siapapun termasuk teman atau keluarga.

Hal ini sangat penting agar kalian bisa mengevaluasi hubungan kalian sejauh ini dan kemana kalian ingin membawanya nanti. 

Dalam kesendirian pikiran kamu akan semakin jernih dan kamu bisa melihat suatu permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. 

Minta pacarmu untuk melakukan hal yang sama, dan saat kalian sudah lebih tenang dan siap untuk membicarakan semuanya, mulailah untuk mendiskusikan hubungan kalian.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Pacar Cemburu saat LDR?

9. Berikan dia “pengakuan”

Sebagian orang memang lebih suka melindungi privasi mereka dengan tidak mempublikasikan pasangannya. 

Namun seringkali justru inilah yang memicu rasa cemburu pasangan. Jika kamu tidak pernah menunjukkan bahwa kamu punya pacar, maka orang lain tidak akan sungkan untuk mendekatimu.

Itulah pentingnya memberikan “pengakuan” padanya, misalnya lewat sosial media. Kamu tidak perlu mengunggah fotonya atau foto kalian berdua setiap hari. 

Sesekali bagikan kebersamaan kalian agar orang lain tahu bahwa kamu sudah punya pasangan. Ini akan membuat pacarmu merasa lebih yakin dan bisa mengatasi rasa insecure dalam dirinya saat kalian tidak bersama.

10. Kenalkan sang pacar pada teman-temanmu

Ini dia salah satu yang terpenting, yaitu mengenalkan pacarmu pada teman-teman terdekatmu. Tunjukkan padanya dengan siapa saja kamu bergaul dan sesekali ajak dia untuk nongkrong bareng teman-temanmu. Dengan demikian, dia akan melihat sendiri bahwa tidak perlu ada yang dia takutkan.

Itulah berbagai cara menghadapi pacar cemburuan yang bisa kamu lakukan. Jangan melulu melihat cemburu sebagai masalah, karena sikap cemburu adalah tanda bahwa pacarmu sangat menyayangi kamu dan takut kehilangan kamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s