10 Alasan Mantan Pamer Pacar Barunya di Media Sosial

Baru juga putus, eh si mantan sudah pamer pacar baru di sosmed. 

“Sok mesra, ih kenapa mantan pamer pacar barunya sih?” 

Kenapa mantan pamer pacar barunya di media sosial? 

“Now you bring her around just to shut me down. Show her off like she’s a new trophy” – Olivia Rodrigo, Traitor 

Ketika mantan pamer pacar barunya, apa yang dia inginkan sebenarnya? 

1. Mencari perhatian

Memamerkan hubungan di media sosial bisa jadi tanda bahwa dia sedang mencari perhatian dari mantannya, orang-orang lain, dan pasangan barunya sendiri. 

Beberapa tanda bahwa mantan kamu pamer pacar barunya untuk cari perhatian:

  • Baru putus sama kamu, dia sudah terkesan punya gandengan baru. 
  • Kamu pernah mengenal mantanmu dengan sangat dalam, dan kamu tahu saat dia sedang mode caper di media sosial.
  • Terlalu sering mengunggah konten dengan pasangan, setiap hari. 
  • Memposting foto/video pasangannya yang hampir identik dengan semua yang pernah kalian lakukan dulu.
  • Secara umum unggahan video/foto/caption yang menargetkan kamu. 
  • Membagikan momen saat dia pergi bersama pacar barunya yang kalian banget, atau yang dulu kalian inginkan. 
  • Mengumbar konten romantis yang meresahkan. 
  • Dalam hati kamu pun bertanya, “mau dibilang apa, sih?” 

Ini adalah tanda ketidakamanan (insecurity) dan rasa tidak bahagia. Biasanya orang yang bahagia tidak perlu memberi tahu semua orang betapa bahagianya mereka, dia tetap akan bahagia tanpa perlu orang lain tahu.

2. Mencari validasi 

Validasi adalah keinginan untuk mendapatkan persetujuan atau penerimaan dari orang lain dengan apa yang dia katakan, yakini, atau lakukan. 

Dalam konteks ini, mantan kamu mungkin mencari validasi untuk membuktikan bahwa: 

  • “Gw bisa nih dapat pacar baru, yang lebih baik dari lu…” 
  • “Nggak masalah putus dari lu…” 
  • “Gw dapat yang lebih baik setelah lu pergi…” 

Mungkin saja dia nggak hanya mencari validasi kamu, tapi juga validasi dari orang-orang lain, untuk menunjukan motif tertentu. 

Kamu mungkin ingin tahu tentang kenapa mantan unfollow kamu? 

3. Menunjukan bahwa dia sudah move on

“Hi, I move on 😊” 

Kenapa mantan pamer pacar barunya mungkin karena dia ingin menegaskan ke seluruh dunia bahwa dia sudah move on (dari kamu). 

Dia ingin memberi tahu bahwa dia sudah mulai hidup baru, dengan lembaran yang lebih cerah, bahwa dia bahagia sekarang. 

Catatan: Ini bisa memberikan sinyal bahwa dia sudah benar-benar move on. Atau, pura-pura move on 🥲

4. Pembalasan dendam 

Sering kali, mantan yang diputusin akan merasa diperlakukan dengan buruk.

Dia mungkin merasa kamu menyakiti dia, membuatnya sedih, bahkan kamu menghancurkan hidupnya (sengaja atau tidak). 

Dia akan pamer pasangan baru yang lebih oke dari kamu, untuk ‘balas dendam’ ke kamu, agar kamu bakal merasakan sesuatu tentang itu. 

Ini seperti:

  • “Look what you made me do!” 
  • Menunjukan seberapa baik dia menghadapi perpisahan kalian. 
  • Merasa memenangkan perpisahan.
  • Memberi sinyal bahwa kamu telah kehilangan dia si paling oke. 
  • Mengembalikan kekuatan dia setelah kalian putus (dengan cara yang mungkin sangat buruk dia rasakan). 

5. Mencari tahu reaksi kamu 

Kenapa mantan pamer pacar baru? Biasanya karena dia hanya mau lihat reaksi kamu. 

Reaksi kamu yang (misalnya) cemburu, marah, sedih, atau terkesan masih peduli akan membuat dia merasa ‘menang’. 

Bahkan hanya dengan mengetahui bahwa kamu sudah mengetahui dia sudah punya pacar baru, itu sudah bakal bikin dia merasa berarti. 

Kamu mungkin ingin tahu tentang ciri-ciri mantan sudah move on dari kamu

6. Menyindir kamu? 

Ketika mantan pamer pacar barunya di media sosial, mungkin saja dia sedang menyindir kamu. 

“Pacar baru gw lebih cakep, nggak kayak luh…” 

“Nih, gw udah punya pacar baru. Elu belum, ya? Belum move on?” 

Ini mungkin saja iya, meskipun belum tentu dan nggak mudah dimengerti bedanya. 

7. Menutupi kesedihannya sendiri?

Sering juga nih tingkah laku mantan yang pura-pura bahagia dan biasa saja setelah putus, padahal sebenarnya dia patah hati banget. 

Dia juga nggak mau kelihatan sedih di depan mantannya. Karena itu bisa bikin dia merasa ‘kalah’ secara emosional. 

Akhirnya, dia sering membagikan momen seru atau romantis sama orang lain. Biar nggak dibilang masih galau dan belum move on.  

8. Dia hanya sedang di fase pelarian?

Rebound relationship atau pelarian adalah hubungan yang terjadi berdasarkan reaksi terhadap hubungan sebelumnya. 

Dia akan bersama orang baru untuk melupakan orang sebelumnya. 

Dia juga akan menggunakan pacar barunya untuk bersaing dengan mantannya. 

Tentu saja, ini bukan hubungan yang sehat. Dia juga belum tentu benar-benar pacaran dengan orang baru itu, juga tidak benar-benar sayang, karena hanya untuk pelarian.

Mungkin hanya gebetan saja, itu pun hanya bila dia sedang sedih dan kesepian.  

9. Hanya sedang menunjukan kasih sayang 

Alasan mantan pamer pacar barunya, mungkin memang dia lagi membagikan momen yang spesial.

Mantan kamu mungkin sudah benar-benar move on dari kamu, dan bagusnya menemukan pasangan baru yang dia cintai dengan lebih baik. 

Dia nggak bermaksud pamer juga. Dia hanya sedang bersenang-senang dan mengabadikan momen. 

Kamu mungkin ingin tahu tentang kenapa mantan tidak mengembalikan barang pemberian kamu setelah putus?

10. Nggak berarti apa-apa

Nah, dia yang pamer atau kamu yang baper? 

Bila bisa ada pertanyaan, kenapa kamu masih peduli dan memerhatikan mantan kamu?

Memang kadang hanya penasaran sama mantan, mungkin nggak sengaja tahu kabarnya, atau mungkin kamu butuh waktu lebih lama untuk menyembuhkan diri. 

Agar kamu nggak terusik lagi sama kelakuan mantan kamu. Apapun yang akan dia lakukan, semoga kamu tidak peduli lagi.

Author: Augusta Adinda

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s