Kenapa Gebetan Marah Tiba-Tiba? Ini Cara Mengatasinya

Ada yang bertanya tentang kenapa gebetan marah tiba-tiba. Gebetan jadi menghindari kamu atau menunjukan reaksi yang tidak biasa? 

Kenapa gebetan marah tiba-tiba?

Sebenarnya, cara termudah untuk tahu kenapa gebetan marah adalah dengan langsung tanyakan saja. 

Kamu tidak perlu menebak-nebak sendiri karena ada jutaan kemungkinan alasan. 

Tapi ya, mari kita analisis beberapa kemungkinan penyebab gebetan marah secara umum. 

1. Kamu melakukan sesuatu yang buat dia marah? 

Biasanya komunikasi dengan gebetan sudah mulai intens. Kamu akan merasakan perubahan sikap dia ketika dia sedang marah. 

Bila kamu menyadari sebelumnya kamu melakukan atau mengatakan sesuatu yang mungkin menyinggung perasaannya, sebaiknya kamu konfirmasi langsung ya. 

Buat obrolan kasual saja. “Hey, sepertinya kamu sedang mood off, ya? Apa karena gara-gara tadi aku _____? Maaf, ya”. 

2. Cemburu? 

Bisa jadi kemarahan itu adalah ekspresi dari kecemburuan dia terhadap kamu. 

Apakah sebelumnya ada tendensi ke sesuatu yang membuat dia mungkin cemburu? 

Dia mungkin melihat atau mendengar kamu dengan orang lain dalam level romantis yang sama dengan dia? 

Kenapa gebetan suka bikin cemburu? 

3. Sedang lapar?

Ini mungkin di luar konteks tapi kebanyakan orang jadi gampang marah kalau sedang lapar. 

Jadi sensitif, baperan, dan tersinggung karena perut dan otak berteriak ‘lapar!’ 

Memang sih ini aneh banget kalau gebetan kamu tiba-tiba menunjukan ekspresi dan tingkah marah karena lapar. 

Tapi ya, coba saja jadikan ini sebagai kesempatan buat ajak dia makan bareng sekalian ngobrol?

“Hey, sepertinya akhir-akhir ini kamu lagi mood off, ya? Gimana kalau kita coba ngobrol dan makan enak di cafe hidden gem biar kamu happy lagi?” 

4. Sedang PMS?

Bila ini tentang gebetan wanita, alasan paling masuk akal kenapa dia marah atau jadi gampang ngambek adalah karena dia lagi PMS. 

Nah, bukan berarti wanita yang sedang PMS jadi suka marah-marah dan tidak menyenangkan. 

Ini hanya tentang perubahan hormon yang membuat dia jadi lebih emosional. 

Bila kamu sedang di masa PDKT selama beberapa bulan, kamu mungkin sudah mulai memahami pola ini. 

Tetap tunjukan perhatian dan tanyakan apa yang bisa kamu bantu untuk membuat dia jadi merasa lebih baik, ya. 

5. Masalah Pribadi? 

Inilah alasan masuk akal kenapa gebetan marah tiba-tiba. Dia sedang punya isu sendiri yang nggak ada hubungannya sama kamu. 

Dia juga sebenarnya nggak marah -marah yang marah banget, yang galak atau menyeramkan. Bisa jadi dia sebenarnya juga bertingkah biasa saja, dan nggak ingin kamu tahu kalau dia lagi mikirin sesuatu. 

Hanya ketika kita lagi punya gebetan yang gencar banget nih lagi ingin kita usahakan, sedikit saja perilaku dia bakal kita amati. Kita bakal lebih responsif sama apapun yang gebetan lakukan.

Hingga sedikit saja dia bertingkah yang nggak kaya biasa, kita sering kali langsung menarik kesimpulan kalau ‘eh dia kayaknya marah sama gw’ ‘dia kayaknya nggak suka sama gw deh’ dan lainnya. 

Padahal, dianya mungkin bersikap sewajarnya saja. Ingat, kalian kan mungkin baru kenal. Belum banyak pola atau sisi dirinya yang belum kamu kenal, nah ini mungkin salah satunya. 

Mungkin kamu juga mau tahu tentang kenapa gebetan balas chat lama padahal online? 

Cara menghadapi gebetan yang sedang marah atau ngambek 

1. Tanyakan langsung

Dah kan dari pada nebak-nebak kenapa gebetan tiba-tiba marah atau kenapa gebetan jadi dingin, mending kamu langsung tanyakan saja. 

Masa PDKT ini harusnya kamu gunakan untuk melatih komunikasi antara kalian berdua. 

Ini akan lebih mudah bagi kedua belah pihak. Tanyakan dan bicarakan dengan cara yang mudah dipahami dan terima, ya. 

2. Berikan bantuan 

Tawarkan apa yang bisa kamu bantu bila memang dia marah karena kamu atau hal lain. 

Mungkin kamu juga mau tahu tentang cara membuat gebetan penasaran sama

3. Kasih jarak 

Ketika sepertinya dia memang lagi dalam emosi nggak stabil, apapun itu alasannya, ya sebaiknya kamu kasih jarak dulu. 

Bila kamu sudah tanya dan menawarkan bantuan, namun dia tidak merespon. Atau, dia merespon dan bilang sesuatu seperti, “gpp kok cuma lagi mau sendiri dulu” ya mungkin kamu jangan ganggu dia dulu. 

Beri dia waktu buat mencerna dan berpikir apapun itu. 

Nah, tapi kamu jangan tiba-tiba ngilang juga. Bisa salah paham nanti.

Beri tahu dia sesuatu seperti “ya, aku hargai kalau kamu nggak may diganggu dulu. kalo udah siap cerita segera kontak aku ya” 

Begitulah. 

Penyebab gebetan tidak menghubungi duluan

4. Santai saja 

Mungkin ya, jangan terlalu terpaku sama gebetan kamu kenapa. Nggak perlu pikirin gebetan secara konstan sepanjang hari. 

Nanti kamu bisa pusing sendiri. 

Kejar semampunya. Beri perhatian secukupnya. Kalau dia juga tertarik sama kamu, biasanya jalannya akan lebih mudah dan berarti.

Author: Augusta Adinda

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s