8 Rekomendasi Minuman untuk Sariawan dan Panas Dalam

Ah, kondisi mulut jadi tidak nyaman saat sariawan. Rasa perih, sensasi terbakar, hingga panas dalam yang bikin jadi malas ngomong atau makan. 

Adakah minuman untuk sariawan dan panas dalam yang enak dan manjur? 

Minuman untuk Sariawan dan Panas Dalam, Redakan Gejala secara Alami

Sariawan (aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer) adalah luka kecil dengan gejala bercak putih/kuning/abu-abu namun kemerahan di bagian pinggirannya. 

Sariawan bisa terjadi di mulut bagian lidah, bibir, bagian dalam pipi, atau tenggorokan. Meski tidak membahayakan, tapi luka ini menyebabkan rasa perih, nyeri, sensasi terbakar, hingga menyebabkan panas dalam, tidak enak makan, dan malas bicara. 

Penyebab sariawan secara umum adalah kekurangan vitamin (vitamin C, zat besi, asam folat, vitamin B12), pertumbuhan jamur, infeksi bakteri, alergi makanan, cedera mulut, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Pada umumnya, gejala sariawan ringan bisa disembuhkan dengan perawatan alami. Ada beberapa cara mengatasi sariawan secara alami, seperti minuman untuk sariawan dan panas dalam berikut ini! 

1. Jus Jeruk

Berdasarkan penelitian, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan. 

Rekomendasi minuman untuk sariawan dan panas dalam yang pertama adalah jus jeruk. Jeruk mengandung vitamin C yang melimpah untuk mencegah dan membantu meredakan gejala sariawan. 

Selain itu, vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang memungkinkan tubuh untuk melawan berbagai serangan infeksi dan penyakit–termasuk sariawan. 

Dilansir dari PharmEasy Health Blog, disarankan untuk minum jus jeruk segar 2 gelas per hari saat sedang sariawan. Ini juga minuman musim panas yang segar banget.

2. Jus Lemon

Masih jenis buah sitrus, lemon juga mengandung vitamin C, agen antibakteri, dan antijamur yang dinilai efektif untuk membantu melawan jamur yang menyebabkan sariawan.

Cara mengatasi sariawan terus-menerus dengan jus lemon:

  • Peras satu buah lemon, campur dengan air hangat, air teh, atau air dingin. Minum, atau bisa juga jadi obat kumur. 
  • Beberapa orang langsung mengoleskan lemon ke bagian yang sariawan, tapi ini bisa menyebabkan iritasi dan rasa terbakar. 

Bila kamu nggak mau ribet peres lemon, ada loh minuman untuk sariawan di Alfamart yang praktis. Kamu bisa minum Adem Sari Madu Lemon Tea saja. 

Kebaikan minuman Adem Sari yang mengandung ekstrak herbal (chrysanthemum, wheat grass, mesona), ekstrak daun teh (green tea, black tea, oolong tea), jus (lemon dan jeruk nipis), madu, dan Vitamin C Tinggi.

Minuman untuk panas dalam tenggorokan, juga mengandung alyxia stellata atau tumbuhan palasan yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan mulut akibat sariawan. 

Ada banyak varian Adem Sari lainnya untuk membantu kamu mengatasi panas dalam tenggorokan. Rasanya enak, sejuk, dan harga terjangkau. 

3. Teh Chamomile

Secara historis dan ala tradisional, banyak orang menggunakan chamomile dan madu untuk berbagai alasan kesehatan. 

Ada beberapa bukti anekdot bahwa teh chamomile dan madu dapat membantu mengurangi gejala peradangan dan rasa perih akibat sariawan. 

Chamomile sendiri mengandung agen antiinflamasi. Sementara madu memiliki agen antiseptik. 

Teh chamomile hangat juga memberi efek relaksasi. Teh chamomile dingin bisa dibuat obat kumur alami. 

Beberapa orang juga menggunakan bekas kantong teh chamomile untuk dioleskan langsung ke sariawan.

4. Jus Kubis

Dilansir dari PharmEasy Health Blog, kubis memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit di mulut.

Cara membuat jus kubis adalah dengan merebus kubis lalu dihaluskan hingga jadi jus. Minum jus ini 3-4 kali sehari. 

Tapi ya, mendengar kata jus kubis saja terasa aneh. Rasanya mungkin kurang enak karena kita biasa mengonsumsi kubis sebagai makanan. 

Rasakan berbagai manfaat Adem Sari yang lebih enak minum dalam keadaan dingin. Adem Sari telah dipercaya sebagai minuman pereda sariawan dan panas dalam yang efektif. 

5. Susu Kunyit

Susu kunyit atau golden milk adalah minuman tradisional India, dipercaya punya banyak manfaat kesehatan untuk pengobatan alami. 

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama curcumin yang mengandung agen antiinflamasi. 

Berdasarkan studi tahun 2010 pada tikus, didapatkan hasil bahwa curcumin dapat mengobati sariawan. 

Studi ini menemukan bahwa kurkumin juga mengandung agen antijamur untuk membunuh spesies jamur Candida albicans dan non-albicans, terutama bila dikombinasikan dengan piperin–senyawa aktif pada lada hitam. 

Cara mengatasi sariawan dengan cepat dan ampuh dengan susu kunyit:

  • 1/4 hingga 1/2 sendok teh pasta kunyit atau bubuk kunyit, campur dengan sedikit lada hitam dan 1 cangkir air atau susu.
  • Panaskan dalam suhu hangat, diaduk hingga semua larut. Boleh disaring dulu sebelum diminum. 

6. Air Garam

Garam mengandung agen antiseptik yang juga memiliki sifat cleansing (pembersihan) dan soothing (menenangkan). Air garam sering dijadikan pengobatan alami untuk banyak masalah mulut. 

Cara mengatasi sariawan terus-menerus dengan air garam:

  • Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat.
  • Buat kumur-kumur (gargling) dan Gosokkan larutan ke seluruh mulut.
  • Buang larutan garam. Jangan diminum. 

7. Yogurt 

Yogurt mengandung kultur bakteri baik hidup yang dinilai dapat membantu mengobati sariawan.

Kultur bakteri baik tidak membunuh jamur penyebab masalah mulut, namun bisa menghentikan pertumbuhannya. Ini juga bisa mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan buruk di mulut.

Yogurt juga memiliki tekstur yang lembut, jadi aman untuk dikonsumsi saat lagi sariawan. Bisa lumayan mengenyangkan juga. 

Pilih jenis yogurt organik tanpa pemanis buatan, ya! 

8. Air Putih 

Minuman untuk sariawan dan panas dalam selanjutnya adalah air putih atau air putih dingin. Ini bikin adem di mulut dan tenggorokan, juga dapat menghidrasi area peradangan. 

Itulah beberapa rekomendasi minuman untuk sariawan dan panas dalam, dilansir dari berbagai sumber terpercaya. 

Selain itu, hindari makanan panas dan pedas, gorengan, dan minuman dengan pemanis ya selama sariawan. 

Bila sakit berlanjut dan gejala tidak bisa sembuh dengan perawatan di rumah, mohon hubungi dokter. 

Semoga informasi ini bermanfaat! 

Referensi:

  1. DokterSehat. 2022. Sariawan: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan dan Pencegahan. doktersehat.com/penyakit-a-z/sariawan/ (Diakses pada 16 Juli 2022). 
  2. DokterSehat. 2022. 11 Manfaat Susu Kunyit dan Kandungan Nutrisinya (Lengkap). doktersehat.com/gaya-hidup/gizi-dan-nutrisi/manfaat-susu-kunyit/. (Diakses pada 16 Juli 2022).
  3. HealthLine. 2021. Oral Thrush: 9 Home Remedies to Help Manage Your Symptoms. healthline.com/health/home-remedies-for-thrush#_noHeaderPrefixedContent. (Diakses pada 16 Juli 2022).
  4. Medical News Today. 2019. Nine ways to treat canker sores. medicalnewstoday.com/articles/320015. (Diakses pada 16 Juli 2022). 
  5. PharmEasy Health Blog. 2022. 12 Natural Remedies To Cure Mouth Ulcers. pharmeasy.in/blog/12-natural-remedies-to-cure-mouth-ulcers/. (Diakses pada 16 Juli 2022). 

Author: Terdevan

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s