9+ Film Joko Anwar Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Joko anwar adalah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser film yang memberi kita film-film hebat dan mengajarkan banyak seni sinema.

Kualitas film-film Joko Anwar jadi standar perfilman terbaik Indonesia. Mulai dari genre horor, drama komedi, hingga noir, yuk cek daftar film Joko Anwar terbaik di sini!

Daftar Film Joko Anwar Terbaik

Ada kemiripan Joko Anwar dengan Quentin Tarantino. Yaitu, keduanya menjadi sutradara tanpa pernah masuk sekolah film.

Mengawali karier sebagai jurnalis sekaligus kritikus film yang handal, Joko Anwar menemukan jalannya ke industri film setelah ia mewawancarai Nia Dinata untuk korannya The Jakarta Post.

Nia Dinata mengajak Joko Anwar bergabung menjadi tim penulis untuk proyek filmnya berjudul Arisan!. Film tersebut sukses besar dan membuat Joko Anwar dipercaya menangani beberapa film.

Meski film Pengabdi Setan bisa dibilang merupakan film Joko Anwar yang paling sukses, nyatanya film-film Joko Anwar lainnya juga nggak kalah bagus dan amat layak buat ditonton.

Berikut ini daftar film Joko Anwar yang sayang banget buat dilewatkan:

#1. Janji Joni (2005)

Bisa dibilang film Janji Joni adalah film pertama Joko Anwar. Naskah film ini ditulis oleh Joko Anwar sendiri. Lewat film Janji Joni inilah, Joko Anwar terjun kali pertama sebagai sutradara.

Film yang dirilis tahun 2005 silam ini, mengisahkan seorang cowok bernama Joni (Nicholas Saputra), yang bekerja menjadi kurir roll film. Selama kariernya sebagai kurir Joni selalu tepat waktu.

Hingga satu hari ia bertemu seorang perempuan yang hanya akan memberitahukan namanya jika pada hari itu Joni berhasil mengantar roll film dengan tepat waktu.

Setelah perjumpaan itu, Joni mendapat kesialan dan halangan saat akan mengantar roll film.

Dengan premis yang sederhana dan cerita original, film Joko Anwar bergenre romcom ini berhasil meraih predikat film terbaik di MTV Indonesia Movie Awards.

 #2. Kala (2007)

Film Kala bisa dibilang film Joko Anwar pertama yang bergenre noir, bahkan film noir pertama di Indonesia.

Film ini mengisahkan dua orang polisi yang menyelidiki kasus dari lima orang yang menjadi korban pembakaran oleh massa karena dituduh maling.

 Meski cukup membingungkan, film ini layak diapresiasi karena berani menghadirkan genre yang segar di industri film Indonesia.

#3. Pintu Terlarang (2009)

Film Pintu Terlarang merupakan film Joko Anwar yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya dari Sekar Ayu Asmara.

Film ini mengisahkan soal pengrajin patung terkenal bernama Gambir (Fachri Albar) yang gemar membuat patung perempuan hamil.

Kehidupan Gambir yang tampak teratur dan sempurna, nyatanya menyembunyikan sisi gelap di baliknya. 

Salah satunya adalah menyembunyikan janin hasil aborsi yang dibelinya, di dalam patung ciptaannya. Janin-janin yang mati itu seolah memberi nyawa pada patung-patung Gambir.

 Kisah film Joko Anwar yang satu ini jadi semakin dark, ketika Gambir diganggu sosok anak kecil yang kerap meminta pertolongan darinya.

 Film ini ditutup dengan adegan gore yang cukup mengganggu dan bisa bikin isi perut bergerak naik.

Lewat film ini, kematangan Joko Anwar untuk menggarap film-film bergenre noir dan thriller semakin terlihat, sebelum akhirnya Joko Anwar merambah genre horor.

#4. Modus Anomali (2012) 

Film Modus Anomali yang dirilis tahun 2012 silam ini, lagi-lagi merupakan film Joko Anwar bergenre thriller.

Film yang dari awal hingga akhir kisahnya menggunakan dialog bahasa Inggris, merupakan film Joko Anwar yang kesekian kalinya yang bergenre thriller.

Film Joko Anwar yang satu ini mengisahkan sebuah keluarga yang sedang berlibur di tengah hutan, diburu oleh pembunuh misterius.

Kisah bergulir dengan John Evans (Rio Dewanto) terbangun dengan sebilah pisau di tangannya. 

Lewat adegan-adegan selanjutnya, penonton diajak percaya bahwa John Evans sedang difitnah oleh si pembunuh bahwa dirinyalah yang sebenarnya membunuh istrinya.

Film ini punya plot twist yang agak membingungkan. Dalam film ini, Joko Anwar menampilkan adegan kekerasan yang berani. Misalnya, membelah perut perempuan yang sedang hamil besar.

#5. A Copy of My Mind (2015)

Film A Copy of My Mind adalah salah satu film terbaik Joko Anwar. Dalam film ini, Joko Anwar selaku penulis dan sutradara mengangkat isu korupsi dan suap di kalangan pejabat.

Meski film Joko Anwar ini sarat muatan politik, film ini mudah dipahami karena dikemas dengan kisah cinta sepasang kekasih dari kelas masyarakat akar rumput.

Lewat kisah cinta antara Sari, pegawai salon, dengan Alek, tukang bikin subtitle untuk DVD bajakan, dunia politik yang gelap dan kotor digambarkan.

#6. Pengabdi Setan (2017)

Belakangan ini dalam film Joko Anwar horor sepertinya menjadi genre yang digemarinya. Salah satu film horor bikinan Joko Anwar yang paling sukses adalah film Pengabdi Setan.

Film ini bercerita tentang sekte penyembah setan yang memungkinkan pengikutnya mendapatkan keturunan dengan melakukan perjanjian dengan iblis.

Film Pengabdi Setan bisa dibilang adalah film Joko Anwar terbaik sejauh ini. Lewat film ini, nama Joko Anwar makin tenar.

Pada tahun ini (Agustus 2022), sekuel film Pengabdi Setan 2 akan menjadi film Joko Anwar terbaru, dengan subjudul Communion.

#7. Perempuan Tanah Jahanam (2020)

Film ini adalah film Joko Anwar horor lainnya yang juga sayang untuk dilewatkan.

Film ini mengisahkan sebuah desa terkutuk yang membuat semua bayi di sana terlahir tanpa kulit.

Maya dan Dini yang masuk ke desa itu untuk melihat rumah peninggalan orang tua Maya, menjadi korban orang-orang desa yang ingin mematahkan kutukan.

#8 Gundala (2019)

Film superhero dari Jagat Sinema Bumilangit mengisahkan seorang anak laki-laki yang menjadi titisan dewa petir. Setelah melalui banyak pergulatan batin, akhirnya ia bisa mengendalikan kekuatan petirnya dan menjadi Gundala.

Film Joko Anwar yang satu ini menjadi awal dari franchise film superhero Jagat Sinema Bumilangit.

Meski nggak terlalu menyajikan adegan pertarungan, dengan narasi yang kokoh dan unsur politik yang related dengan kondisi bangsa kita, film ini mampu mendapat respon positif.

Film kedua Jagat Sinema Bumilangit–berjudul Sri Asih–bisa dibilang juga merupakan salah satu film Joko Anwar 2022 ini yang disutradarai oleh Upi.

#9 Folklore: A Mother’s Love (2018) 

Film Joko Anwar HBO ini merupakan bagian dari antologi horor pertama HBO Asia.

Dalam film ini Joko Anwar ingin mengisahkan hantu dari mitos masyarakat Indonesia, wewe gombel yang gemar menculik anak-anak.

Itulah film-film Joko Anwar yang sayang untuk dilewatkan. Dari daftar film Joko Anwar di atas, adakah yang jadi film favorit kalian?

Daftar Film-Film Joko Anwar Lainnya

Masih banyak lagi film-film Joko Anwar. Beliau juga menjadi penulis naskah dan pemeran film juga. Cek di bawah ini:

1. Arisan! (2003)

Joko Anwar adalah penulis naskah film Arisan! yang oh kontroversial tapi jadi salah satu film terbaik di Indonesia. 

Film Arisan! diperankan oleh Cut Mini, Tora Sudiro, Aida Nurmala, Surya Saputra, dan Rachel Maryam. Premisnya tentang Sakti (Tora Sudiro) yang bertanya-tanya soal seksualitasnya hingga dia bertemu dengan Nino (Surya Saputra) yang juga seorang gay. 

2. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Film Joko Anwar horor bukan hanya Pengabdi Setan. Film Ratu Ilmu Hitam adalah remake dari film horor Suzanna dengan judul yang sama (1981). 

Dibintangi oleh Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Adhisty Zara. Premis film tentang Hanif (Ario Bayu) yang membawa Nadya (Hannah Al Rashid) istrinya serta ketiga anak mereka ke panti asuhan tempat mereka dibesarkan dulu–lalu keluarga ini menemukan kekuatan supernatural. 

3. Orang Kaya Baru (2019)

Joko Anwar terlibat sebagai penulis skenario film ini. Diperankan oleh Lukman Sardi, Cut Mini, Derby Romero, Raline Shah, dan Fatih Unru. 

Film ini bercerita tentang orang kaya baru yang menemukan banyak masalah, padahal ketika miskin dulu hidup mereka cukup bahagia.

4. Fiksi (2008)

Film Fiksi diperankan oleh  Ladya Cheryl, Donny Alamsyah, dan Kinaryosih. Joko Anwar terlibat dalam film ini sebagai penulis naskah, bersama Mouly Surya. 

5. Ave Maryam (2019)

Film dengan tema sensitif tentang agama. Joko Anwar terlibat sebagai aktor di sini, memerankan tokoh bernama Romo Martin.

6. Galih & Ratna (2017)

Ini adalah remake dari film Gita Cinta dari SMA yang bercerita tentang kisah cinta remaja. Joko Anwar berperan sebagai sebagai Pak Dedy di sini. 

7. Quickie Express (2007)

Joko Anwar bertindak sebagai penulis film ini. Bercerita tentang 3 pemuda yang salah satunya berprofesi sebagai gigolo.

8. Love (film 2008)

Joko Anwar berperan sebagai sebagai Arya di film ini. Film ini bercerita tentang kisah cinta 5 pasangan. 

Masih banyak lagi film yang melibatkan Joko Anwar. Tunggu ya, saya mau nonton film Joko Anwar terbaru Pengabdi Setan 2 dulu sebelum melanjutkan rangkuman ini. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s