Alasan Pacar Suka Nge-Like Foto Cewek Lain di Media Sosial

Banyak cewek-cewek yang cemburu ketika cowoknya suka like/love atau react foto dan video dari cewek lain di media sosial. 

Sebenarnya, kenapa sih laki-laki suka berinteraksi secara tidak langsung dengan wanita di Instagram dan sosmed lainnya? 

Alasan Pacar Suka Nge-Like Foto Cewek Lain di Instagram

Media sosial memang mengubah cara komunikasi kita dengan satu sama lain, tentunya menjadi lebih mudah. Bahkan, media sosial telah mengubah cara hidup kita dalam berbagai sektor penting. 

Salah satunya di dalam berhubungan dengan pasangan atau dating world. Kita jadi lebih mudah untuk menjaga komunikasi, berbagi hiburan, dan love interest dengan pasangan. 

Kamu jadi bisa mengenal teman-temannya, mengetahui rekan kerjanya, berkoneksi dengan keluarganya, dan memahami circle pergaulan pacar melalui media sosial. 

Tapi di saat yang sama, pacar kamu juga bisa mudah menjalin hubungan dengan orang lain yang mungkin bisa membuat kamu cemburu. 

Inilah masalah percintaan di masa modern di mana kecemburuan dan salah paham bisa datang dari love/like/reaction yang pacar kamu berikan ke wanita-wanita lain di media sosial. Apalagi bila foto/video wanita itu super cantik dan seksi. 

Jadi, apa alasan pacar suka nge-like foto cewek lain di media sosial? 

1. Laki-laki adalah makhluk visual

Sebenarnya, baik laki-laki dan pria adalah makhluk visual. Kita tertarik pada sesuatu atau seseorang yang indah, cantik, atau ganteng. 

Katakanlah, banyak juga wanita yang suka melihat laki-laki tampan atau wanita seksi lainnya. Pria juga suka kagum pada pria lain yang tampan dan atletis. 

Jangan sampai kita kehilangan kemampuan untuk menghargai pemandangan yang estetis. 

Lagi pula, memang itu salah satu fungsi media sosial di mana kita bisa melihat konten visual yang estetika? 

Berbeda bila pacar kamu memang niat mencari wanita-wanita melalui Instagram. 

2. Wanita itu teman-teman pacar kamu

Cowok like atau love foto cewek di Instagram, ya karena cewek-cewek itu teman-temanya dia. Ya, hanya teman. 

Entah teman kerja, teman sekolah dulu, dan sebagainya. Ya, interaksi di media sosial itu karena memang ya berteman biasa dan memang fungsi media sosial seperti itu, kan.

Info menarik tentang 29 Istilah Dating Tren di Kalangan Millennial yang Belum Kamu Tahu 

3. Itu cuma like biasa saja 

Tidak ada artinya apa-apa. Pacar kamu cuma like-like saja setiap unggahan yang muncul di feed dia. 

Tidak atensi apa-apa kecuali hanya like. Sama seperti ratusan atau bahkan ribuan orang lain yang like/love foto tersebut juga. 

4. Hanya ingin mengapresiasi 

Selain like/love foto-foto cewek lain, pacar kamu juga mungkin like/love foto kucing, foto makanan, meme, dan sebagainya. 

5. Mencoba mencari perhatian wanita tersebut? 

Mungkin ini yang kamu khawatirkan ketika mengetahui pacar kamu like/love foto/video wanita cantik dan seksi. 

Ketika dia menggunakan like/love/reaction untuk memberi signal pada wanita tersebut bahwa dia tertarik. 

Dia mencoba untuk menyanjungnya dan mendapatkan perhatiannya. 

Biasanya, pria ini membuat jaring yang lebar, menyukai banyak foto wanita yang berbeda. 

Dia juga cenderung melemparkan banyak berkomentar. Perilaku ini sering meningkat menjadi pendekatan melalui DM (direct message).

Info menarik tentang  8 Alasan Logis Kenapa Kamu Diblokir di Media Sosial

6.  Terkait urusan pekerjaan dia 

Bisa saja wanita-wanita yang dia like fotonya itu adalah rekan kerja dia. Dan itu sangat normal. 

Apalagi kalau cowok kamu itu seorang photographer atau photo editor misalnya, maka feeds dia akan selalu berisi konten visual yang estetik. 

Terutama bila dia menggunakan media sosial untuk mengembangkan karir dan usaha, maka dia perlu memberi interaksi ke partner kerja potensial. 

7. Kamunya yang berlebihan?

Maksudnya, secara umum menyukai foto wanita lain secara online itu tidak apa-apa. Sama saja dengan wanita yang like/love foto cowok-cowok lain. 

Apakah kamu yang bereaksi berlebihan? Coba pikirkan lagi. 

Cara kamu menginterpretasi perilaku cowok kamu yang suka like/love foto wanita lain sebenarnya bergantung pada siapa wanita tersebut. Dan bagaimana etika kamu.

Info menarik tentang 13 Bahaya Stalking Mantan (Jangan Stalking Mantan!)

Cara menghadapi pacar yang terlalu aktif di media sosial

Apa kamu merasa terganggu bila pacar kamu aktif di media sosial dan suka like/love foto dan konten cewek-cewek cantik itu? 

Sebenarnya, cewek-cewek itu tidak punya masalah karena mereka menggunakan media sosial sebagai mana mestinya. 

Cowok kamu sebagai audiens juga belum tentu salah karena dia juga memanfaatkan penggunaan media sosial, ada yang unggah konten dan dia like atau comment

Lalu kamu harus gimana? 

1. Apakah kamu kurang perhatian? 

Biasanya, kita merasa terganggu atau cemburu saat pasangan punya interaksi dengan lawan jenis karena kita tidak dapat cukup perhatian darinya. 

Sehingga hal-hal kecil seperti pacar yang berinteraksi dengan orang lain di Instagram bisa memberi kita pikiran buruk tentang perasaan dia dan hubungan. 

Bisa jadi perasaan buruk itu muncul akibat akumulasi perilaku pasangan yang terus mengabaikan kamu tapi memberi perhatian kecil pada orang lain. 

Misalnya, dia tetap berseluncur di Instagram untuk like/love konten semua orang di waktu kencan kalian yang seharusnya kalian bisa ngobrol dan menghabiskan waktu berkualitas. 

Bila begitu, bicarakan dengan pacar kamu baik-baik. 

Misalnya, “Aku memahami bila kamu harus menjaga hubungan dengan orang lain di media sosial, tapi bisakah lakukan itu setelah kita selesai kencan saja? Karena aku ingin ngobrol dan menghabiskan waktu yang bermakna sama kamu…” 

2. Komunikasikan apa yang membuat kamu tidak nyaman 

Mungkin dia nggak tahu kalau dengan dia terlalu aktif di Instagram dan love/like foto dan video cewek-cewek itu mengganggumu. 

Bukan karena dia nggak peka atau dia nggak tahu diri. Tapi dalam kamusnya, itu bukan masalah karena dia juga nggak merasa macem-macem. 

Nah, maka dari itu kamu harus komunikasi pada dia tentang apa-apa saja yang bisa buat kamu merasa nggak nyaman. Dan juga sebaliknya. 

Dalam rangka harus menjalin pengertian satu sama lain. Plus, dia juga nggak bisa baca pikiran kamu kalau kamu nggak cerita ke dia. 

3. Apa kamu punya masalah kepercayaan dan kecemburuan?

Dia yang keterlaluan atau kamu yang punya masalah kepercayaan sama orang lain? Hingga hal-hal kecil umum yang dia lakukan bisa bikin kamu insecure dan overthinking

Coba pelajari diri kamu juga. Cari cara terbaik untuk mengelola perasaan negatif agar bisa menjalin hubungan yang sehat. 

4. Kamu tidak bisa memerintahkannya

Sudah tahu ada banyak alasan kenapa pacar suka nge-like foto cewek lain di Instagram. Ini bisa jadi masalah di modern dating. 

Balik lagi, misalnya dia anggap ini bukan apa-apa. Kamu nggak bisa memerintahkan dia untuk stop aktif di media sosial.

Sama seperti banyak hal lain, orang nggak bisa berubah dalam sekejap. 

Maka dari itu, kamu harus jelaskan perasaan kamu dan apa yang membuat kamu nggak nyaman dalam hubungan. Lalu, sama-sama cari solusi yang nyaman dan adil buat satu sama lain.

Gitu, ya. Pacar kamu follow atau like foto cewek-cewek lain bukan berarti dia akan selingkuh. Pahami konteksnya baik-baik, ya.

Author: Augusta Adinda

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s