Gimana Cara Mengajak Pacar Staycation? Cek di Sini!

Memanggil anak-anak Jaksel senior untuk menjawab pertanyaan dari newbie tentang ‘gimana cara mengajak pacar staycation?’ 

Sebelumnya, kita bahas dulu apa arti ‘staycation’, ya!

Apa Itu Staycation?

Berdasarkan kamus Oxford, staycation artinya: 

“a vacation spent in one’s home country rather than abroad, or one spent at home and involving day trips to local attractions”. Artinya: liburan yang dihabiskan di negara asal daripada di luar negeri, atau liburan yang dihabiskan di rumah dan melibatkan perjalanan sehari ke atraksi lokal. 

Staycation adalah bahasa Inggris slang yang diambil dari kata ‘Stay’ atau ‘Tinggal’ dan ‘Vacation’ atau ‘Liburan’. Jadi, staycation adalah saat kamu pergi liburan tapi kamu nggak kemana-mana cuma tinggal di hotel, apartment, kamar sewa, atau rumah saja. 

Singkanya, staycation adalah nginep. Misalnya, kamu nginep di rumah teman kamu karena lagi suntuk di rumah. Atau, kamu nginep saja di hotel hanya untuk nyantai dengan suasana baru. 

Lalu, kenapa ada orang yang liburan tapi diem aja di dalam kamar atau rumah? Ada banyak faktor, misalnya dia cuma ingin cari suasana baru, tetap hemat tapi dapat nuansa liburan, hanya ingin rebahan, dan sebagainya. 

Arti staycation bagi anak Jaksel 

Nah, frasa staycation ini kemudian sering dipakai sama anak Jaksel (bahasa Jaksel) untuk mengajak seseorang untuk ‘tidur bareng’. Eh, gimana tuh?

  • Si Alex dan pacarnya nginep bareng di hotel. Buat sekadar nyantai, ngobrol sampai dini hari, cuddles, main monopoli, dll. 
  • Si Alex mengajak FWB-an nya untuk nginep bareng. Entah mau Netflix and Chill,  atau ewewwww, dan sebagainya. 
  • Si Alex mengajak staycation cuma mau buat curhat saja, menjual kesedihan, dan motif lainnya mungkin. 

Intinya, staycation itu nginep. Tapi, ada maksud dan tujuan lain bila yang ajak kamu staycation itu anak berjiwa Jaksel. 

Lalu, sekarang nggak zaman lagi cara ajak pacar check in, tapi cara ajak pacar staycation dengan kesan yang lebih non-sexual but maybe yeah. 

Gimana cara mengajak pacar staycation?

Staycation mungkin bisa jadi pilihan date di mana pasangan bisa menghabiskan waktu bersama lebih lama, lebih saling mengenal, sekalian liburan ala-ala, meningkatkan bonding, dan membuat hubungan jadi lebih hangat. 

Dari beberapa tips yang terkumpul, ini cara mengajak pacar staycation

1. Langsung ajak saja 

Mengingat makna staycation bagi anak Jaksel, mungkin pacar kamu juga berjiwa Jaksel sehingga nggak apa-apa untuk staycation bareng. 

Bila begitu, ya langsung ajak saja. “Sayang, weekend ini kita staycation, yuk! Aku lagi burnout juga. Aku mau cuddles sama kamu. Sekalian kita order Korean chicken yang kamu mau kemarin”. 

Hehehe. 

Tapi, gimana kalau pacar kita nggak biasa dan nggak paham dengan konsep staycation? Nah, kamu mau ngajak dia nginep tanpa kontak fisik atau hanya modus staycation tapi ngajak eweweeewww? 

Kalau gitu cek cara mengajak pacar ML

2. Langsung kirim link 

Bila sudah sama-sama paham, langsung saja kirimin link hotel/apartmen buat staycation. 

“Ayang, staycation ke sini yuk. Tempatnya bagus dan lagi diskon juga!” 

3. Bilang kamu lagi butuh physical touch

Mana nih yang love language-nya physical touch? Pegangan tangan dan pelukan bisa membuat kamu jadi tenang dan semakin besar cintanya. 

“Aku mau peluk kamu aja yang lama” 

Atau, touch yang lain-lain nih….

4. Tanya tentang work life balance 

Biasanya, staycation juga digunakan sebagai istilah liburan buat orang yang mau healing. Nah, apa itu healing

Healing adalah penyembuhan. Meskipun ada pergeseran makna karena bahasa Jaksel, healing maksudnya jalan-jalan melepas stres karena lagi sedih, patah hati, atau pikiran mumet (burn out) karena banyak kerjaan yang nggak work life balance (nggak seimbang sama kehidupan personal). 

Duh, artikel ini mengandung banyak bahasa Jaksel (memanggil Oza Rangkuti). 

Intinya, bila kamu atau pacar kamu udah pusing banget karena banyak tugas. Saatnya aja dia untuk staycation, “ayang, staycation yuk. aku lagi puyeng banget banyak kerjaan minggu ini. weekend mau chill sama kamu ya…” 

5. Langsung mampir ke tujuan

Nah, biasanya banyak juga nih anak Jaksel yang awalnya ngajak hangout seperti biasa. Nonton, makan, ngopi, dan sebagainya.

Tapi, pulangnya terlalu malam jadi malah ngajak staycation. Atau, udah kelewat tipsy jadi stay aja di hotel atau apartmen terdekat. 

“Umm, kayanya tadi kita keasyikan hangout deh sampai kemaleman. Aku udah nggak fokus juga buat nyetir. Staycation aja gimana, yang?” 

6. Ajak liburan 

Cara mengajak pacar staycation dengan tujuan liburan. Misalnya, kamu cuma punya hari libur di weekend saja sehingga nggak bisa lama-lama. 

Staycation memang solusi liburan singkat yang menyenangkan dan hemat biaya juga. 

Kamu bisa tetap rileks dengan suasana baru yang meningkatkan suasana hati kamu. 

7. Work From Hotel (WFH)

Setidaknya, staycation jadi pilihan liburan di masa pandemi apalagi bagi orang-orang yang WFH terus. Karena bosan kerja di rumah, nah bisa kerja di hotel juga. 

Nah, WFH jadi Work from Hotel ya. Bisa aja ya si abang, wkwwk. 

Apalagi WFH nya sama ayang. Semoga bisa jadi semangat kerja ya. Ehehee. 

Atau mengerjakan yang lain nih? Jangan lupa camera off pas zoom meeting ya, ehhhh. 

8. Staycation beneran

Yaaa, langsung bilang saja, “Ayang, mau staycation nggak sama aku di sini. Aku cuma mau quality time aja sama kamu. Janji nggak bakal aneh-aneh…” 

Beberapa kelompok anak Jaksel juga memang pakai momen staycation bukan buat eweeeeewwewwee sama pacar, gebetan, orang asing, atau FWB-nya dia. Tapi, benar-benar mau santai aja, deep talk, dan quality time. 

Biasanya, juga memang mau curhat aja. Paling maksimal juga hanya mau sekadar cuddles yang deep banget. 

Nah, itulah info tentang cara mengajak pacar staycation. Intinya, kamu tentu sudah kenal sama dia dan tahu apakah ini lumrah atau nggak buat dia. 

Selebihnya, kamu bisa langsung bilang saja apa yang kamu harapkan. Dia juga punya hak buat menolak kamu bila dia nggak mau staycation dan yang lainnya sama kamu. 

Dah ya, itu saja. Nggak ada tips tidur bareng pacar. See you 🖤

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s