7 Tips Memilih Disinfektan Ruangan Terbaik dan Aman

Manusia hidup berdampingan dengan virus, bakteri, dan kuman jahat yang membawa risiko penyakit dan bahkan pandemi yang sangat buruk. Selain cuci tangan, pakai disinfektan ruangan juga termasuk cara menjaga kebersihan yang dianjurkan. 

Yuk, cek tips memilih disinfektan ruangan terbaik untuk perlindungan maksimal dari patogen berbahaya untuk kamu dan keluarga! 

Tips memilih disinfektan ruangan terbaik 

Disinfektan adalah insturmen biokimia untuk membersihkan organisme mikroskopis (bakteri, kuman, virus, dll) di permukaan. 

Biasanya disinfektan digunakan untuk membersihkan fasilitas dan alat-alat kesehatan, namun sekarang sudah diciptakan semprotan disinfektan ruangan untuk penggunaan sehari-hari untuk membunuh kuman dan patogen. 

Cek tips memilih disinfektan ruangan terbaik berikut ini: 

1. Perhatikan bahan-bahannya

Disinfektan dengan kandungan klorin dioksida adalah disinfektan spektrum luas–klaim kesehatan untuk membunuh ketiga kelas utama organisme. Namun, itu bersifat korosif dan punya dampak buruk untuk kesehatan dan lingkungan.

Dilansir dari David Suzuki Foundation, disinfektan yang mengandung hidrogen peroksida itu lebih ramah lingkungan dan untuk permukaan (daripada pemutih klorin). Jadi, sebaiknya pilih non-toxic disinfecting. 

Kamu bisa cek di label kemasannya. Bila itu produk bermerek dengan perizinan, percayalah bahwa itu sudah melalui banyak penelitian dan percobaan hingga formulanya efektif sebagai disinfektan dan aman untuk kontak manusia dan lingkungan. 

2. Punya waktu kontak yang realistis

Waktu kontak maksudnya adalah durasi yang dibutuhkan untuk formula disinfektan itu untuk membunuh patogen. 

Ada disinfektan yang cepat mengering/menguap sebelum waktu kontak tercapai untuk membunuh patogen–hasilnya tidak efektif.  

Idealnya, desinfektan harus tetap basah di permukaan selama seluruh waktu kontaknya. Jadi, cari produk dengan waktu kontak yang singkat, ini tertera di labelnya. 

3. Tidak merusak furnitur kamu

Jangan pilih disinfektan yang bersifat korosif karena itu bisa merusak permukaan atau memperpendek usia pakai perabotan kamu. Disinfektan yang cepat kering dan waktu kontaknya singkat cenderung tidak merusak furnitur. 

Selain itu, kemasan produk disinfektan dari bahan alumunium dinilai lebih aman dari besi kaleng. Kemasan besi kaleng bisa bereaksi hingga menghasilkan zat karsinogen yang tentu punya dampak buruk bagi kesehatan. 

Baca Juga: 9 Ide Kencan saat Pandemi, Pacaran Aman!

4. Kompatibel dengan produk kebersihan lainnya 

Disinfektan berbasis klorin dioksida tidak mengandung deterjen sehingga tidak dapat membersihkan permukaan secara efektif. Kamu perlu menggunakan produk-produk kebersihan tambahan untuk langkah pra-pembersihan.

Selain itu, alat kebersihan seperti kapas dan mikrofiber bisa mencegah pelepasan disinfektan ke permukaan. Tips memilih disinfektan ruangan terbaik adalah untuk pakai produk disinfektan plus pembersih untuk desinfeksi satu langkah dan kompatibel dengan alat pembersih yang ada. 

5. Spektrum luas 

Produk semprotan disinfektan ruangan yang bagus dan memiliki spektrum luas artinya dapat membunuh spektrum patogen yang luas, termasuk jamur, bakteri, virus dan tidak berselubung.

6. Aman digunakan 

Beberapa produk semprotan disinfektan ruangan dapat memicu efek samping seperti iritasi kulit, iritasi pernapasan, perih di mata, dan menimbulkan masalah kesehatan dan keselamatan kerja.

Pilih produk disinfektan ruangan terbaik yang terbukti aman untuk pernapasan, minim efek samping, dan juga aman untuk hewan peliharaan serta lingkungan. 

7. Mudah dipakai 

Temukan produk disinfektan ruangan yang mudah dipakai dan juga efektif. Sekali semprot sudah bisa membunuh patogen dan cepat kering. 

Pilihan disinfektan ruangan terbaik adalah disinfektan Stella Aerosol Fresh & Protect Disinfectant Spray. Punya formula baru 2 in 1 Action.

Dengan Aerosol Fresh + Protect Disinfectant Spray, memberi fungsi disinfeksi dan kebersihan untuk membunuh kuman di udara dan permukaan benda keras, sekaligus pengharum ruangan yang segar. Ada dua varian, yaitu keharuman Fresh Citrus dan Fresh Floral yang menyegarkan. 

Nah, itulah beberapa tips memilih disinfektan ruangan terbaik. Pakai disinfektan ruangan adalah salah satu upaya untuk  jaga kesehatan plus kebersihan kamu dan keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat!

Author: Terdevan

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s