8 Alasan Pacar Masih Menyimpan Foto mantan

Kamu menemukan pacar kamu masih menyimpan foto mantannya, entah di media sosial atau polaroid di album kenangan. Apakah itu tanda dia belum move on

Simak beberapa alasan pacar masih menyimpan foto mantan berikut ini! 

Alasan Pacar Masih Menyimpan Foto mantan

Setelah putus, kita biasanya akan menghapus dan membuang semua kenangan mantan. Baik itu berupa foto-foto, hadiah, atau benda-benda yang berhubungan dan mengingatkan kita pada mantan. 

Namun, apa artinya bila pacar baru kita masih menyimpan foto mantannya. Sebuah penelitian baru di Inggris menunjukkan bahwa mayoritas orang dengan sengaja menyimpan kenangan tentang mantan mereka. 

Yuk, pahami kenapa pacar masih menyimpan foto mantan berikut ini! 

1. Ingin Menyimpan Kenangan 

Berdasarkan penelitian di Inggris yang dilansir dari laman Glamour menyebutkan bahwa 61% wanita cenderung tetap menyimpan foto mantan untuk alasan yang lebih sentimental karena tidak mau melupakannya. Sedangkan hanya 56% pria yang mengatakan hal yang sama.

Pertanyaan selanjutnya, kenapa seseorang tetap ingin menyimpan kenangan dengan mantannya melalui foto-foto? 

  • 20% pria yang sedang menjalin hubungan mengatakan bahwa mereka menyembunyikan foto mantan mereka dari pasangan mereka saat ini. 
  • 17% mengatakan mereka merasa bersalah menyimpan foto. 
  • 12% mengakui bahwa mereka masih memiliki perasaan pada mantan, yang mungkin menjelaskan mengapa mereka merasa sangat bersalah. 
  • 9% pria menyimpan gambar dalam file tersembunyi di komputer mereka.

Um, sebenarnya tidak ada yang salah dari menyimpan foto-foto mantan sebagai memento atau kenangan. Bagaimana pun pernah ada hari-hari indah itu untuk berbagai alasan. 

Konsepnya mungkin sama dengan saat kamu menyimpan foto-foto dengan teman-teman kamu di masa sekolah, mengingatkan kamu pada memori dan kondisi kamu di masa itu. 

Kamu mungkin merindukannya nanti tidak selalu berarti menginginkan masa itu kembali (karena tidak mungkin juga). 

2. Malas Mengorganisirnya 

Jika pacar masih menyimpan foto mantannya, ya mungkin karena dia malas mengorganisirnya baik di ponselnya, media sosialnya, atau di lemarinya.

Benarkan, ada orang-orang yang menyimpan banyak foto-foto random di memori ponselnya tanpa maksud apapun. 

3. Tidak Mau Feed Berantakan 

Kenapa pacar masih menyimpan foto mantannya di media sosial seperti Instagram? Mungkin saja bila menghapusnya, itu akan merusak aesthetic feeds yang sudah dirangkai. 

Bila itu adalah rangkaian foto dan video di media sosial lainnya, mungkin tidak dihapus karena masih menghasilkan uang dari AdSense dan terkait kerja sama lainnya (bila pacar kamu influencers). 

Sebaliknya, bisa saja dia sudah tidak main media sosial atau lupa kata sandi sehingga tidak bisa menghapus semua jejak-jejak digital itu. 

4. Lupa Menghapusnya 

Dia benar-benar lupa bila masih ada sisa foto-foto yang disimpan. Ah, begitu saja.

5. Sebagai Koleksi

Alasan pacar masih menyimpan foto mantannya, mungkin hanya sebagai koleksi. Bukan berarti koleksi mantan, ya. 

Ini mungkin seperti jejak perjalanan cintanya dia yang ingin dia simpan. Dia ingin tetap membingkai dengan siapa dia pernah bersama dan bagaimana dia berubah (lebih baik) dari waktu ke waktu hingga sampai pada pasangannya saat ini. Mungkin, mengingatkan dia untuk belajar mencintai dan jatuh cinta dengan bijaksana. 

Aku pernah punya mantan yang mengumpulkan semua nama mantannya beserta kenangannya lalu dia ucapkan terima kasih. Begitu. 

6. Masih Ada Perasaan dengan Mantan? 

Kita cenderung akan curiga bila pacar belum move on ketika dia masih menyimpan foto-foto mantannya dulu. Kita juga akan cemburu, overthinking, serta menuduh ini dan itu. 

Itu mungkin saja menjadi tanda pacar belum move on dari mantannya, tapi belum tentu sepenuhnya benar. Kamu harus menganalisis berbagai tanda dan faktor lainnya. 

7. Tidak Berarti Apa-Apa

Seperti yang dituliskan di artikel Daily Mail, “pasangan yang dewasa secara emosional akan dapat menerima dan memahami bila kamu memiliki kehidupan cinta masa lalu.”

Dan alasan pacar masih menyimpan foto mantannya, mungkin tidak berarti apa-apa. 

8. Menciptakan Sesuatu

Bila pacar kamu seorang artist (pelaku seni), misalnya penyanyi, penulis, pemusik, pelukis, dan sebagainya, mereka bisa sangat cerdas memanfaatkan cerita masa lalu sebagai inspirasi untuk berkarya.

Salah satunya, dengan tetap menyimpan bukti fisik kenangan tersebut termasuk foto. Bisa jadi sumber inspirasi yang tidak terduga untuk menghasilkan sebuah karya yang liar dan luar biasa. 

Itulah berbagai alasan pacar masih menyimpan foto mantan. Mungkin kamu punya kondisi berbeda, tapi jangan berpikiran negatif dulu dengan mencurigai pacar kamu belum move on dari mantannya, ya!

Referensi:

KAUFMAN, GENA. 2012. Should You Be Concerned If He Keeps Pictures of His Ex? Survey Says: Um, Maybe!. glamour.com/story/should-you-be-concerned-if-he/amp. (Diakses pada 15 Maret 2022). 

Author: Terdevan

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s