Selain Menghindar, Ini Cara Menyapa Mantan Saat Bertemu

Nggak sengaja ketemu sama mantan. Bingung, gugup, dan takut. Bagaimana cara menyapa mantan saat bertemu? 

Cara Menyapa Mantan Saat Bertemu

Tiba-tiba ketemu mantan dan bingung harus apa. Haruskah pura-pura nggak melihat atau menyapa biasa saja? 

Yuk, simak beberapa tips saat bertemu mantan sengaja atau tidak sengaja berikut ini: 

1. Tenang 

Apa masalahnya bila bertemu mantan? Selama kamu tidak punya hutang sama dia dan juga tidak memiliki ‘urusan’ lagi sama dia, ya kamu tenang saja. 

Dia juga punya harga diri dan personaliti baik, yang artinya mantan kamu tidak akan tiba-tiba menyerang kamu, meneriaki kamu, atau menangisi kamu. 

Dia juga tidak bisa baca pikiran kamu kalau kamu gugup dan kaget bertemu dengannya. Jadi, tenang saja dan anggap seperti bertemu teman lama. 

2. Pastikan Kamu Terlihat Oke

Mungkin ini salah satu manfaat kenapa kita harus selalu rapi atau tampil oke saat keluar rumah. Jaga-jaga bila bertemu seseorang yang kamu kenal di jalan kamu tidak malu-maluin. hehe.

Maksudnya, kita harus menjaga penampilan karena itu salah satu bentuk menghargai dan mencintai diri sendiri. Selain itu, penampilan luar bisa jadi cerminan diri. 

Bila bertemu mantan di jalan, ya setidaknya kamu memberikan kesan yang baik. 

3. Dan Percaya Diri 

Pertama, kamu harus tenang. Kedua, kamu harus percaya diri saat berhadapan dengan mantan secara sengaja atau tidak sengaja di publik. 

Kamu akan merasa beragam perasaan campur-aduk, entah itu sedih, marah, senang, bingung, canggung, gemetar, atau bingung.

Kelola semua perasaan itu dengan kalem. Keyakinan pada diri sendiri dapat meningkatkan karakter kamu secara positif, membuat kamu tidak takut bila bertemu mantan atau siapapun itu. 

4. Sapa Duluan, Bila Mungkin 

Bila kamu melihat mantan kamu dari jauh, kamu tidak perlu menyapanya. 

Bila kalian berpapasan dan dia juga melihat kamu, ya silakan sapa saja bila kamu mau dan kondisinya memungkinkan. Dalam konteks seperti menyapa teman lama yang tidak akrab-akrab amat. 

Senyum, ucapkan halo, dan hanya buat percakapan seadanya yang singkat tapi padat. 

5. Tanya Kabar 

“Halo, apa kabar?” adalah kalimat pembuka yang umum. Maknanya hampir sekadar basa-basi. Itu cukup untuk menyapa mantan, lalu kamu bisa pergi melewatinya. 

Selain, itu kamu harus tetap sopan. Walaupun dulu mantan kamu menyakiti kamu, kamu harus tetap baik dan menghargai saat kalian bertemu lagi. Bila kamu menunjukan etika yang baik plus penampilan yang baik, mantan kamu akan malu sendiri di dalam hatinya. 

6. Jangan Terlalu Banyak Basa-basi 

Tidak masalah untuk mengobrol sama mantan bila bertemu di publik. Namun, buat percakapan itu singkat saja (bahkan bila kalian putus baik-baik). 

Kamu tidak perlu membahas tentang apa yang dia unggah di media sosial, bertanya tentang keluarga atau pacar barunya, juga sangat tidak boleh untuk nostalgia.

Cara menyapa mantan saat bertemu cukup dengan senyum, sapa, tanyakan kabar, bilang kamu harus segera pergi, dan ya jalan jangan menoleh ke belakang.

Buat seolah-olah kamu sedang sibuk. Itu hanya pertemuan kecil dan bukan topik utama paling besar di hari kamu. 

7. Jangan Bertingkah Kasar 

Apa yang harus dilakukan ketika bertemu mantan? Kamu hanya perlu menjaga etika, jangan kasar, tetap sopan, dan bertindak biasa saja. 

Kalian mungkin putus dengan penuh drama menyakitkan, tapi itu bukan alasan tepat untuk balas dendam saat kamu kebetulan bertemu dengannya lagi pada suatu hari. 

Tidak perlu marah, memaki, berteriak, atau semacamnya. Itu semua tidak akan membuat kamu terlihat benar. 

8. Jangan Caper

Jangan cari perhatian sama mantan, bahkan bila kamu masih menyimpan perasaan untuknya. Tidak perlu membuatnya cemburu, pura-pura ini atau itu, atau melakukan hal konyol lainnya hanya agar mantan melihat kamu lagi. 

Mohon jangan pura-pura tersandung, koprol, kesurupan, atau drama lainnya. 

Itu semua membuat kamu terlihat putus ada dan tidak berkelas. Cara menyapa mantan saat bertemu hanya dengan bersikap santai dan sopan. 

9. Tunjukan Kedewasaan dan Personaliti yang Baik

Bila kamu sudah move on, rasanya akan lebih mudah bertindak terkontrol saat bertemu dengan mantan di depan umum. 

Walaupun kamu belum move on dan masih merasa terluka, kamu harus tetap bersikap dewasa. Jangan merengek atau mengeluh seperti anak-anak. 

Tunjukan bahwa apa (luka) yang dia pernah lakukan ke kamu tidak menghancurkan kamu. Kamu juga tetap bertanggung jawab dan mengurus dirimu dengan baik. 

10. Jangan Menunjukan Rasa Kesal atau Sedih 

Tidak perlu menunjukan ke mantan kamu bagaimana kamu merasa marah, sedih, dan terluka dengan apa yang dia perbuat. 

Seburuk apapun kamu ingin menangis saat melihat mantan kamu, tahan itu. Mantan kamu juga tidak akan peduli saat kamu menangis. 

Terlebih lagi, kamu akan merasa malu di kemudian hari karena bertindak seperti itu. Makanya, pertemuan dan percakapan kalian harus sangat singkat. 

11. Jangan Pamer 

Cara menyapa mantan saat bertemu di muka umum selanjutnya, dengan tidak pamer tentang apapun itu. Tidak perlu mengatakannya bila kamu sudah move on, sudah punya pasangan baru, akan segera menikah, punya karir baru, dan sebagainya. 

Pamer pada mantan tidak akan membuat mantan kamu jadi perhatian atau membuat mantan menghormati kamu. 

Biasa saja, semua pencapaian itu akan terlihat dengan sendirinya tanpa kamu harus sombong. 

12. Bersikap Kasual dan Santai

Tidak ada apa-apa dengan mantan. Pertemuan dengan mantan tidak berarti apa-apa. 

Pikirkan bahwa kalian putus karena banyak alasan. Tidak bisa tiba-tiba jadi jadi kepikiran lagi atau cinta lama bersemi lagi hanya karena satu pertemuan singkat. 

13. Jangan Buka Topik tentang Masa Lalu 

Tidak perlu cerita lagi tentang masa lalu. Kalian hanya bisa bicara lagi ketika keduanya sudah sama-sama 100% move on, sudah punya kehidupan baru, dan kejadian saat kalian pacaran dulu sudah berlalu lama sekali. 

14. Kendalikan Diri 

Yaa, wajar bila agak sedikit canggung. Kamu bisa mengatasinya dengan gesture sederhana, misalnya memasukan tangan ke kantong celana, sambil minum, sambil cek HP (tapi jangan terlalu obvious), atau alihkan untuk ngobrol dengan orang lain yang kamu kenal. 

14. Lupakan

Bertemu dengan mantan? Oke. Tidak perlu bahas lebih dalam tentang itu. 

Itu tidak berarti apa-apa. Bukan hari terbaik atau hari terburuk. 

Lanjutkan hari kamu dengan berbagai kegiatan bermanfaat lainnya. Begitu cara menyapa mantan saat bertemu. Ya, semoga tips ini bermanfaat! Salam move on!

Referensi:

Seiter, Chris. 2021. How To Act Around Your Ex. exboyfriendrecovery.com/how-to-act-around-your-ex/?amp. (Diakses pada 13 Maret 2022).
Thomson, Dagmar. 2018. 15 Dos And Dont’s When You See Your Ex In Public. pandagossips.com/posts/2475. (Diakses pada 13 Maret 2022).

Author: Terdevan

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s