Nama Panggilan untuk Pacar dalam Bahasa Jawa

Panggilan untuk pacar bahasa Jawa seperti mas dan dek ayu terdengar sangat manis dan menambah romansa.

Apa lagi ya nama panggilan untuk pacar dalam bahasa Jawa? Simak di sini! 

Nama Panggilan untuk Pacar dalam Bahasa Jawa 

Panggilan sayang adalah salah satu cara mengungkapkan cinta. Ini juga jadi lambang keakraban, perasaan yang dalam, dan bukti bahwa kalian mengenal satu sama lain secara hubungan emosional.

Ini seperti bahasa rahasia yang hanya kalian tahu. Berikut ini rekomendasi panggilan untuk pacar bahasa Jawa: 

Dek

Sapa pacar wanita kamu dengan sebutan ‘dek’. Ini memberi kesan yang lembut dan manis. 

Walaupun dia lebih tua daripada kamu, tetap boleh memanggil ‘dek’ sebagai tanda sayang. Artinya, kamu ingin mengayomi dan menjaga dia selalu. 

Dek Ayu

Menambahkan sapaan ‘ayu’ yang artinya cantik. Menunjukan betapa kamu mengapresiasi dan mengagumi dia baik secara fisik, hati, dan segalanya tentang dia. 

Ndhuk atau Gendhuk

Ini adalah panggilan sayang dari orang tua ke anak perempuan. Kamu juga boleh memanggil pacar (wanita) kamu dengan sebutan ini. 

Mbak

Mbak adalah sapaan untuk wanita yang umum. Tidak hanya penduduk di Jawa, namun hampir semua wilayah menggunakan sapaan ‘mbak’ untuk memanggil wanita yang belum dikenal atau yang lebih tua sebagai simbol kesopanan. 

Bagi kekasih laki-laki, bisa juga menggunakan sapaan ‘mba’ sebagai panggilan untuk pacar bahasa Jawa. Akan terdengar manis dan lembut dengan aksen dan logat khas Jawa. 

Mas

Mas adalah sapaan untuk laki-laki yang umum digunakan. Ini juga bisa dipakai sebagai nama panggilan untuk pacar dalam bahasa Jawa. 

“Mas Brian, kamu sudah sholat?” Sapaan ‘mas’ dari wanita yang disayang akan terdengar sangat manis dan meluluhkan hati. Lembut, bermakna, dan memberi kesan penuh perhatian. 

Kangmas atau Kakangmas

Sapaan untuk saudara laki-laki yang biasanya digunakan di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sebagian wilayah bagian barat Jawa Timur. Bisa juga digunakan untuk memanggil pasangan laki-laki. 

Memang terdengar cukup formal, tapi juga membawa kesan laki-laki yang gagah, tampan, bijaksana, dan penyayang. 

Dhiajeng atau Ajeng 

Kata dari bahasa Jawa Mataraman untuk memanggil saudara perempuan. Ada juga orang yang memanggil kekasih (wanita) dengan sapaan dhiajeng atau ajeng. 

Memberikan kesan wanita Jawa yang lembut, manis, dan penyayang. 

Raka dan Nimas

Raka (untuk laki-laki) dan Nimas (untuk perempuan). Keduanya memberi kesan seperti pasangan raja dan ratu Jawa klasik yang anggun dan sempurna. 

Baca juga tentang 5 Fase Jatuh Cinta, Kamu dan Dia di Tahap Mana?

Cak dan Ning

Cak (untuk laki-laki) dan Ning (untuk perempuan) adalah panggilan khas wilayah bagian timur Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, Pasuruan, dan sekitarnya.

Sapaan ini bisa digunakan untuk menyapa saudara atau siapa pun agar lebih sopan dan akrab. Namun, bisa juga diadopsi sebagai nama panggilan untuk pacar dalam bahasa Jawa. 

Bukne dan Pakne 

Bukne (untuk perempuan) dan Pakne (untuk laki-laki) adalah sapaan untuk suami istri. Kebanyakan penduduk wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya menggunakan panggilan tersebut setelah menikah. 

Nah, itulah beberapa panggilan untuk pacar bahasa Jawa. Nama panggilan mana yang paling manis menurut kamu?

Referensi: My Javanese best friend.

Author: Terdevan

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s