7 Cara Menghadapi Pacar yang Belum Move On dari Mantannya

Hah, rasanya sakit ketika mengetahui bahwa pacar yang kita cinta ternyata belum move on dari mantannya. 

Beberapa cara mengatasi pacar yang belum move on ini mungkin bisa membantu menghadapi kondisi kamu agar tidak terjebak pada hubungan toksik dan bertepuk sebelah tangan. 

Cara Menghadapi Pacar yang Belum Move On dari Mantannya

Setiap orang melewati dan menghadapi patah hati atau putus cinta dengan cara yang berbeda. Tetapi dalam jangka waktu 3-6 bulan (atau tak terbatas) setelah putus cinta, orang biasanya masih dalam perbaikan emosi dan bisa jadi move on

“Ketika kamu jatuh cinta, kamu melalui proses biologis yang menyatukan dirimu dengan orang yang kamu sayang. Itu sistem biologis dan neurologis yang sama yang terlibat dalam cinta juga terlibat dalam hal-hal seperti kecanduan heroin dan kokain.” Kata Lisa Marie Bobby, Ph.D., terapis pernikahan dan keluarga, pakar utama di Exaholics, dan penulis Exaholics: Breaking Your Addiction to an Ex-Love.

Mungkin karena itu, seseorang bisa sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan bersama mantan dan pada akhirnya tidak bisa move on, bahkan bila sudah memiliki pasangan baru. 

Bila itu terjadi pada pacar kamu, di mana kamu bisa mengonfirmasi dia belum move on dengan mantannya, berikut ini beberapa cara menghadapi pacar yang belum move on dari mantannya: 

1. Analisis Bagaimana Dia Berpikir tentang Mantannya Sekarang 

Sekali lagi amati bagaimana pacar kamu bereaksi dan berbicara tentang mantannya. Berikut ini beberapa ciri-ciri pacar kamu belum move on dari mantannya: 

  • Dia masih suka menyalahkan dirinya sendiri tentang perpisahan itu. 
  • Dia menahan rasa sedih yang tersirat dan mungkin berkaca-kaca saat berbicara tentang mantannya. 
  • Menurutnya, kriteria ideal pasangan adalah bersama mantannya atau kekasih ideal itu seperti mantannya. 
  • Memberi kesan bahwa dia akan jadi orang yang lebih baik dan lebih bahagia bila mantannya itu masih bersamanya. 

“Ketika orang kecanduan mantan, mereka masih merasa bahwa mantannya adalah dirinya sendiri. Bahkan jika mereka keluar, berbicara dengan orang lain, atau pergi berkencan, dia tetap tidak terbuka secara emosional dan perasaan.” 

Dengan memahami ini, kamu akan lebih mudah untuk memutuskan apakah harus mempertahankan atau mengakhiri hubungan.

Kamu dapat mempertimbangkan untuk lanjut bila dia masih punya tekad baik, menunjukkan minat yang tulus, menghabiskan waktu bersama, dan peka terhadap perasaan kamu. 

Terlebih lagi bila dia pelan-pelan telah dapat berbicara tentang mantannya dengan cara yang cukup objektif tanpa menyalahkan, sedih, galau, marah, atau terdengar menyesal. Perubahan yang baik bila dia dapat menyesuaikan diri dan siap untuk sesuatu yang serius bersama kamu. 

2. Ketahui Apakah Dulu Pacar Kamu Diputusin atau Yang Mutusin 

Ini bisa menjadi perkiraan berapa lama seseorang butuh waktu penyembuhan pasca putus. Bila dia yang memutuskan hubungan, dia bisa jadi butuh waktu move on yang lebih lama daripada orang lain yang dicampakan pacarnya beberapa waktu lalu. 

Bila ada tanda putus sebelumnya, seseorang bisa memproses kesedihan dan berdamai dengan diri sendiri bahkan sebelum hubungan itu benar-benar berakhir. Sehingga dia bisa jadi lebih siap untuk memulai hubungan baru tanpa bayang-bayang mantan. 

Coba pelajari kasusnya bagaimana hubungan pacar kamu berakhir dengan mantannya. Ini akan memberi kamu pengetahuan apakah kalian memulai hubungan di waktu dan dengan cara yang tepat, atau ini sekadar pelarian untuknya. 

3. Pahami Bagaimana Kalian Bisa ‘Bersama’ Sekarang

Apakah kamu dan dia memutuskan berhubungan dengan sangat cepat? Tiba-tiba kalian jadian, menghabiskan banyak waktu bersama, berbunga-bunga, semua terasa benar bersamanya, dan kalian terjebak dalam romansa cinta. 

Itu semua memang mendebarkan, masa honeymoon phase di awal yang oh indahnya. Namun, hubungan yang mulai sangat cepat cenderung akan berakhir dengan cepat juga. 

 “Orang yang merasa lebih vulnerable (rentan) memang cenderung terburu-buru dengan sangat cepat,” kata Bobby. Pacar kamu mungkin juga hanya ingin mengulangi memori dengan mantannya karena masih ada keterikatan. 

Semua skenario itu akan berhenti saat kamu mulai membutuhkan perasaan yang lebih atau lebih realistis dalam hubungan, juga saat dia akhirnya tidak bisa menolak untuk tetap merindukan mantannya sebagai kriteria pasangan ideal di kepalanya. 

4. Diskusi dengan Baik

Selanjutnya, cara menghadapi pacar yang belum bisa move on dari mantannya dengan ajak dia berdiskusi dengan baik dan tenang. Ini bisa tentang apa saja yang akhirnya bisa membuat kamu lebih mengenalnya. 

Bisa saja kamu tanyakan langsung, “apa kamu masih ada perasaan dengan mantan?” Namun, hampir mungkin dia tidak akan mau menjawabnya. 

Lebih baik utarakan perasaan kamu dan apa yang mengganggumu. Misalnya, “akhir-akhir ini aku merasa agak sedikit terganggu dan menjadi sedih karena lebih sering berbicara tentang orang lain daripada memberi perhatian pada hubungan kita”. 

Sangat bagus bila dia terbuka dan mau mendengar keluh-kesah kamu, juga bercerita tentang perasaanya, dan mencari solusi bersama. 

5. Beri Kesempatan Bila Pacar Kamu Sedang Belajar untuk Move On 

Beberapa orang bisa memberi kesempatan pada pacarnya atau orang yang dia sayangi untuk move on, sehingga mereka bisa menjalani kisah cinta dengan sehat nantinya.

Seperti teman saya yang belum move on karena mantan kekasihnya meninggal dunia, tapi seseorang rela terus menemaninya hingga dia move on dan ikhlas. 

Dengan catatan, tidak ada paksaan, harus sabar, dan terus belajar untuk mengikhlaskan orang-orang yang sudah pergi dari hidup kita. 

6. Berikan Dia Waktu 

Ya, kalian mungkin sudah menjalani honeymoon phase tadi yang sangat membahagiakan. Selanjutnya, akan ada banyak tuntutan dan kenyataan yang tidak sesuai dengan yang kamu bayangkan. 

Cara menghadapi pacar yang belum bisa move on dengan memberi dia waktu untuk berpikir tentang apa yang dia rasakan dan inginkan. Kamu juga begitu. Bila pada akhirnya kalian sepakat untuk mencoba lagi, ya lanjutkan. 

7. Bila Tidak Ada Perubahan Baik, Putuskan

Mungkin memang tidak ada cara menghadapi pacar yang belum move on dari mantannya, kecuali dia mau move on dengan sendirinya dan bekerja keras untuk itu. 

Pegang ini, “kamu tidak bisa mengobati orang yang tidak ingin sembuh”. 

Dan tujukan ini padanya, “get your shit together, so I can love you”. 

Penulis pernah ada di posisi pacaran dengan orang yang belum move on dari mantannya. Rasanya cukup tergores hingga menangis di jalan pulang. 

Mendapati dia masih mencoba menghubungi mantannya, masih menyimpan sejuta kenangan bersama, masih menuliskan puisi untuknya, and ignored me like I wasn’t there 🙂 

Setelah banyak waktu dan kesempatan yang diberikan dan dia memutuskan untuk menari bersama masa lalunya, ya it’s time to go. Itulah semua cara mengatasi pacar yang belum move on!

Love can’t be perfect, but it should be mutual. 

Referensi: 

BARNES, ZAHRA. 2015. 4 Questions to Ask Yourself if Your New Boyfriend Doesn’t Seem Over His Ex. womenshealthmag.com/relationships/a19966582/not-over-ex/. (Diakses pada 10 Maret 2022). 

Em & Lo, Contributor. 2017. Help, My Boyfriend Won’t Sever All Ties With His Ex! huffpost.com/entry/help-my-boyfriend-wont-se_b_10282970. (Diakses pada 10 Maret 2022).

Author: Terdevan

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s