Ciri-Ciri Pacar Belum Move On dari Mantanya Dulu

Pernah punya pengalaman berpacaran dengan seseorang yang belum sembuh dari kisah hubungan sebelumnya dan rasanya itu sakit sekali. Ketahui ciri-ciri pacar belum move on dari mantan pacarnya berikut ini! 

Ciri Pacar Belum Move On dari Mantan Pacarnya Dulu 

Kamu mungkin mencurigai pacar kamu belum ‘selesai’ dengan mantannya dari cara dia memperlakukan kamu. Saat kamu melihat tandanya dengan jelas, kamu mungkin merasa sulit menjalani hubungan karena merasa cemburu atau dikhianati. 

Berikut ini ciri pacar belum move on dari mantan: 

1. Masih Suka Bahas Mantannya Itu

Saat masa PDKT dan bahkan setelah pacaran beberapa waktu, pacar kamu selalu punya topik pembicaraan tentang mantannya. Bahkan saat kamu tidak mau membahasnya atau saat topik pembicaraan itu sebenarnya tidak ada hubungan apa-apa tentang mantan siapapun.

Seseorang yang belum move on cenderung akan berbicara hal negatif tentang mantannya.

“Siapa pun yang benar-benar sudah move dari mantan akan memandang mantan dengan cara yang netral secara emosional,” kata Jonathan Bennett, relationship and dating expert. 

“Jika pasangan kamu masih membenci mantan, kamu harus mempertanyakan mengapa pasangan kamu masih terikat sedemikian kuat. Dalam banyak kasus, kebencian ekstrem terhadap mantan menunjukkan bahwa orang tersebut belum move on sama sekali.”

Kamu juga harus waspada bila pacar kamu selalu membahas tentang mantan, secara positif atau negatif, setiap saat seperti tidak ada topik lain di kepalanya. 

2. Diam-Diam Stalking Mantan di Sosial Media

Ada orang yang segera unfollow atau block mantan, ada juga yang tetap ‘berteman’ dengan mantan di media sosial. Itu semua tidak masalah. 

Hal yang jadi masalah bila pacar kamu suka stalking mantan di media sosial, termasuk suka komentar, memberi like/love, cek story/statusnya setiap saat, memandang foto/videonya, serta aktivitas online lainnya yang membuat dia terpaku atau terikat pada mantan.

Itu mungkin tanda bahwa dia belum sembuh dan belum siap untuk menjalani hubungan selanjutnya sama kamu. Dia harus paham bahwa kamu berhak mengetahui itu sebelum ada yang semakin patah hati. 

3. Suka Nostalgia tentang Mantannya 

Pacar sering mengingat dan nostalgia tentang mantannya, itu tanda pacar belum move on dari mantannya.

Dia masih menyimpan memori atau kenangan serta berharap semua itu bisa kembali. Mungkin juga masih menyimpan dan menggunakan benda-benda romantis terkait dengan mantannya dulu. 

4. Punya Reaksi Berbeda 

“Jika pacar kamu sangat tertarik dengan detail kehidupan mantannya atau jika dia tampak marah, sedih, gugup, atau cemburu jika mereka mendengar bahwa mantannya sudah punya pacar baru, ini adalah tanda pacar belum move on dari mantannya. Tanda yang cukup jelas.” Kata terapis Kryss Shane. , MS, MSW, LSW, LMSW.

Mungkin wajar bila ada sedikit reaksi berbeda, tapi seharusnya tidak memiliki perasaan emosional yang tidak rasional bila memang sudah move on. 

5. Komparasi Kamu dengan Mantannya 

Ini ciri pacar belum move on dari mantannya, ketika dia terus membandingkan kamu dengan mantannya dan posisi kamu selalu terkesan lebih negatif. Misalnya, mengatakan bahwa mantannya lebih baik, lebih cantik, lebih jago sesuatu, dll. 

Memang orang-orang di masa lalu kita akan memengaruhi kita dengan berbagai cara. Bila pacar kamu suka membandingkan kamu dengan mantannya, tidak selalu berarti dia belum move on.

Sangat normal jika kamu merasa perilaku komparasi ini menjengkelkan. Kamu harus benar-benar mengungkapkan pikiran dan perasaan kamu tentang hal ini kepada pasangan kamu.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Mantan Cowok Sudah Punya Pacar Baru 

6. Berusaha Berinteraksi 

“Meskipun selalu merupakan tanda positif dari kedewasaan emosional ketika seseorang mampu mempertahankan hubungan persahabatan dengan mantan mereka dan hanya mengatakan hal-hal baik tentang mereka, keinginan untuk berkomunikasi secara regular atau menemui mantan secara langsung dapat melewati batas pada titik tertentu,” kata terapis psikologi Rachel Perlstein, LCSW.

Beda cerita bila pacar kamu tampaknya selalu menghubungi mantannya setiap saat untuk membahas berbagai topik yang cukup personal, hingga itu mengganggumu. Kondisi seperti ini mudah memicu hubungan toksik, jadi sebaiknya kamu bicarakan baik-baik bila merasa tidak nyaman.

Pengecualian bila pacar kamu memang punya pekerjaan bersama atau harus mengurus anak bersama, komunikasi mereka harus tetap berjalan secara profesional. 

7. Jiwanya Tidak Bersama Kamu

Kamu sedang bersamanya, tapi jiwa dan pikiran dia seperti tidak di situ, fokusnya tersebar kemana-mana. Meskipun itu tidak selalu berarti bahwa pacar kamu tidak melupakan mantannya, itu mungkin saja terjadi. 

Misalnya, pacar kamu tidak terbuka, seperti ada jarak di antara kalian, dia tidak menjadi dirinya sendiri saat bersama kamu, atau kalian seperti tidak terkoneksi secara emosional. 

8. Dia Fokus pada Masa Lalu 

Kamu bisa melihat bila pacar kamu masih terjebak di masa lalu dengan kenangan bersama mantannya. 

Mungkin belum bisa merelakan kepergian mantannya, berharap bisa kembali, ingin memutar waktu, atau memperbaiki keadaan. 

9. Dia Terlihat Sedih 

Kamu pasti paham kan bagaimana kondisi orang yang belum move on? Dia terlihat sedih, galau, bahkan saat kalian sedang bersama atau pergi ke tempat yang indah.

Walaupun kamu sudah menemaninya dan membuka diri untuk bisa tumbuh bersama, dia sepertinya menolak itu. 

Ya, kalian punya waktu berharga dan bahagia beberapa saat–mungkin di honeymoon phase–tapi pada akhirnya kamu tidak bisa memilikinya seutuhnya karena pikiran dan perasaan dia ada pada si mantan itu. 

10. Tidak Bisa Komitmen 

Tanda pacar belum move on dari mantan adalah dia tidak bisa komitmen untuk hubungan yang lebih dalam dan serius. Baiklah, banyak hal yang membuat kita belum bisa komitmen, misalnya urusan pekerjaan, masalah ekonomi, keluarga, dll. 

Namun, jika pasangan kamu mengatakan bahwa sulitnya komitmen karena merasa “belum sembuh” dengan  urusan di masa lalu, maka kamu dapat menebak bahwa itu ada hubungannya dengan mantan. Dan, jelas, dia belum sembuh. 

“Seseorang yang telah mampu pulih dari putus cinta dapat terhubung/berkomitmen dengan pasangan barunya. Jika seseorang tidak mau atau tidak mampu melakukannya, itu berarti dia tidak ingin sembuh, tidak tahu caranya, atau dia berpikir masih ada kesempatan dengan mantannya.” Kata Tara Vossenkemper, MA, LPC, ACS.

Baca Juga: Waspada Mantan Psikopat, Ini Ciri-cirinya!

11. Ingin Kamu Seperti Mantannya 

Selain membandingkan, dia juga cenderung ingin kamu menjadi seperti mantannya dulu. Seperti dia ingin merasakan kehadiran mantannya pada diri orang lain. 

12. Dia Tidak Bisa Berdamai dengan Diri Sendiri 

Pacar kamu ini mungkin menjalani hubungan sama kamu sebagai pelarian, karena kesepian, atau tujuan lainnya yang bukan mencintai dengan tulus. Dia punya masalah pada dirinya, mentalnya, dan rasanya sulit untuk sembuh karena dia tidak mau sembuh. 

13. Dia Tidak Ada untuk Kamu 

Dia akan sulit menunjukan dan memberikan kasih sayang karena bukan kamu sosok yang dia tuju, bila dia belum move on dari mantannya. 

Ya, dia mungkin ada di sekitar kamu namun seperti tidak ada untuk kamu saat kamu butuh dia, secara emosional dan level hubungan romantis yang sehat. 

Baiklah, move on setelah putus cinta itu memang sulit. Ada yang bisa cepat tapi ada juga yang butuh waktu bertahun-tahun untuk akhirnya bisa move on.

Bila pacar kamu ternyata belum move on dari mantannya, sebenarnya tidak bisa disalahkan juga karena siapa tahu dia memang sedang berusaha untuk move on. 

Bicarakan baik-baik apa dia memang sedang belajar untuk move on dan bila iya, apa yang bisa kamu bantu. Bila tidak, kamu harus pahami bahwa kamu tidak bisa membantu orang untuk sembuh bila dia sendiri tidak mau berusaha.

Referensi:

  1. Steber, Carolyn. 2018. 9 Things Your Partner Might Do If They Haven’t Moved On From Their Last Relationship. bustle.com/p/9-things-your-partner-might-do-if-they-havent-moved-on-from-their-last-relationship-12982435. (Diakses pada 2 Maret 2022). 
  2. Schumacker, Lauren. 2018. 8 signs the person you’re dating is still hung up on their ex. insider.com/signs-someone-not-over-ex-2018-8?amp. (Diakses pada 2 Maret 2022). 

Author: Augusta Adinda

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s