Girls, Ini Cara Menghindari Cowok Psikopat!

Bersama orang yang toksik dan psikopat dalam hubungan bisa membuat kesehatan mental kamu hancur. Gunakan strategi menghadapi pacar psikopat berikut ini untuk menolong kamu dan mengurangi dampak kerusakan mental. 

Apa Itu Psikopat? 

Psikopat dalam film atau buku fiksi digambarkan sebagai seorang pembunuh yang kejam dan tak punya hati. Sebagian besar pembunuh mungkin seorang psikopat, namun kebanyakan psikopat belum tentu seorang pembunuh. 

Menurut kamus Oxford, psikopat adalah seseorang yang menderita gangguan mental kronis dengan perilaku sosial yang abnormal atau penuh kekerasan baik secara fisik atau emosional. 

Istilah “psikopat” digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak berperasaan, tidak emosional, tidak punya empati, dan rusak secara moral. Meskipun istilah ini bukan diagnosis kesehatan mental resmi, istilah ini sering digunakan dalam pengaturan klinis dan hukum.

Psikopat juga mengadopsi perilaku arogan, tidak jujur, dan tidak berperasaan. Tidak merasakan penyesalan, meminimalkan menyalahkan diri sendiri, suka mengeksploitasi orang, manipulatif, dan menunjukkan pengaruh yang dangkal.

Baca Juga: Putus Cinta saat Corona: Fakta, Penyebab, dan Cara Mencegah

Cara Menghindari Cowok Psikopat 

Sialnya, pacar kamu bisa saja memiliki perilaku psikopat tersebut. Awalnya sangat manis, namun lama-lama dia menunjukan warna aslinya yang ternyata cukup toksik, kejam, tidak masuk akal, dan tidak punya perasaan. 

Bila pacar kamu mulai menunjukan tanda-tanda tersebut, berikut ini cara menghindari pacar psikopat: 

1. Tetap Kontrol Emosi 

Tunjukan sikap yang tenang dan terkontrol. Ya, perilaku pasangan kamu membuat kamu kesal, marah, dan sedih namun jangan tunjukan itu di hadapannya. 

Menunjukan perasaan frustasi akan membuat seorang psikopat merasa hebat. Dia akan berpikir bahwa sangat mudah memanipulasi kamu dan mengontrol kamu lebih gila lagi. 

2. Jangan Menunjukan Rasa Takut atau Merasa Terintimidasi 

Seorang psikopat biasanya senang mengintimidasi orang-orang yang ingin dia peras atau kendalikan. Dia akan memberi ancaman halus, lagi-lagi manipulasi, dan bahasa agresif. 

Jangan tunjukan rasa takut atau terintimidasi. Tunjukan bahwa kamu tidak takut karena kamu benar, dan kamu bisa mencegah dia mengontrol kamu untuk melakukan apa yang dia perintahkan. 

3. Jangan Percaya Apalagi Terbujuk Akal Jahatnya 

Cara menghindari pacar psikopat dengan tidak membeli kata-katanya.  Dia akan berbohong dan mengarang cerita bahwa dia adalah korban dan orang lain yang salah. 

Seorang psikopat tidak mau disalahkan dan bertanggung jawab. Kamu hanya harus percaya pada fakta. Jangan berikan dia simpati, karena dia bisa menjebak kamu. 

4. Balikan Percakapan pada Dia 

Dia akan menyudutkan kamu, menyalahkan, ya membuat kamu merasa bersalah atas kesalahannya. Sebaliknya, kamu harus kembali bertanya padanya saat dia menyalahkan kamu. Bila bisa, tunjukan kesalahan dia juga. 

Kamu bisa bilang, “Wah, apa kamu sedang stres? Respon kamu sangat buruk dan aku khawatir kalau yang sedang banyak masalah”. 

Baca Juga: 15 Cara Putus dengan Pacar yang Tidak Mau Putus

5. Pilihan Komunikasi Online 

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menyampaikan bahwa psikopat unggul dalam bernegosiasi dan memanipulasi orang ketika mereka berkomunikasi tatap muka secara langsung.

Percakapan online biasanya mempersulit mereka untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik. Jadi saat kamu tahu hubungan kalian toksik dan dia mungkin seorang psikopat, batasi pertemuan dan percakapan langsung dan lebih pilih komunikasi online saja. 

6. Lari Sejauh dan Secepat Mungkin 

Cara menghindari pacar psikopat adalah dengan memutuskan hubungan dengan pasti. Jangan memberinya kesempatan lagi karena dia tidak mencintaimu, hanya memenuhi egonya sendiri. 

Terlebih lagi hubungan yang toksis hampir sulit diperbaiki. Kamu tidak bisa bekerja sendirian. 

Di sisi lain, kamu harus membiarkan dia mengobati dirinya sendiri. Kamu tidak bisa mengobati orang yang tidak mau dibantu. 

7. Putuskan Komunikasi

Mungkin ini sulit, tapi kamu harus tegas pada dirinya sendiri. Hapus nomor dan semua kontak dengannya. 

Biarkan dia pergi. Artian cowok psikopat, dia bisa saja membahayakan hidup kamu.  

Lebih baik kamu menghindar dan memutuskan hubungan dengan baik untuk selamanya. 

8. Bangun Mental yang Kuat 

Kamu mungkin butuh waktu untuk benar-benar lepas dari pacar psikopat. Sementara dia mungkin masih berada di sekitar kamu, ya kamu harus membuat mental yang kuat untuk menghadapinya. 

Bersikaplah proaktif dalam merawat diri sendiri dan mengelola stres. 

Jangan overthinking, jangan percaya padanya, jangan terbujuk rayuannya, dan kamu harus berani menetapkan batasan. 

Katakan dengan tegas saat kamu tidak bisa mengabulkan permintaannya. Jangan terpedaya dan jangan mudah dibodohi.

Baca Juga: 31 Ways to Move On from A Breakup (Do These Things!)

9. Terima Fakta Bahwa Dia Tidak Baik untuk Kamu 

Terima dengan baik fakta bahwa dia bukan pasangan yang tepat. Ya, kamu mungkin mencintai dia tapi itu berarti kamu juga harus belajar melepaskannya saat dia tidak baik untuk kamu. 

10. Minta Bantuan

Ya, minta bantuan tenaga kesehatan mental profesional untuk konsultasi. Mereka akan memberi saran terbaik.  

Selain itu, minta bantuan orang-orang terdekat kamu bila pacar psikopat itu punya tendensi untuk melukaimu lebih dalam.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi pacar psikopat. Langkah awal kamu harus menyadari bahwa dia tidak baik untuk kamu dan siap-siap untuk pergi sebelum kamu sakit hati lebih parah. 

Referensi:

bakadesuyo.com/2016/10/how-to-deal-with-psychopaths/
verywellmind.com/what-is-a-psychopath-5025217

Author: Augusta Adinda

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s