Perbedaan Twin Flame dan Soulmate, Ciri Kamu Bertemu Twin Flame

Pernah mendengar ungkapan twin flame dalam lagu namun apa artinya? Yuk, simak apa itu twin flame dan perbedaannya dengan soulmate di sini! 

Apa Itu Twin Flame?

Twin flame adalah hubungan dengan seseorang yang sangat kamu banget. Rasanya seperti jiwa kembar, sangat mirip, dan melihatnya kamu seperti sedang bercermin. 

Hubungan kalian baik secara emosional, perasaan, personal, dan dari berbagai sisi terasa sangat terkoneksi. Ini seperti kamu menemukan diri kamu dalam diri orang itu tanpa berusaha. 

Ada semacam daya tarik alami yang membuat kalian bersama dan rasanya sudah ditakdirkan bersama. 

Dilansir dari Mind Body Green, twin flame adalah hubungan jiwa yang intens dengan seseorang yang dianggap sebagai belahan jiwa seseorang. Satu jiwa terbelah menjadi dua tubuh.

Hal yang terpenting adalah kedua orang tersebut itu masih memiliki jiwa yang “utuh” sendiri, kata psikoterapis berlisensi Babita Spinelli. “Ada istilah yang salah bahwa twin flame melengkapi kamu,” jelasnya. “Pada kenyataannya, hubungan twin flame berarti untuk mendorong kamu menjadi lebih lengkap dengan hak diri kamu sendiri.” 

Baca Juga: 5 Fase Jatuh Cinta, Kamu dan Dia di Tahap Mana?

Perbedaan Twin Flame dan Soulmate 

Twin flame adalah istilah untuk seseorang yang sangat cocok dengan kamu. Rasanya seperti dua (twin) kobaran api (flame) yang identik dan bergelora bersama.

Sementara soulmate artinya belahan jiwa. Ketika kamu bertemu pasangan soulmate, rasanya seperti kamu sudah mengenal dia sangat lama. Perasaan yang nyaman dan hangat, seperti pulang ke ‘rumah’. 

Perbedaan twin flame dan soulmate

  • Soulmate tidak selalu tentang hubungan romantis. Sahabat kamu atau anggota keluarga kamu bisa jadi soulmate kamu juga. Hubungan twin flame selalu tentang hubungan romansa.
  • Twin flame relationship bisa jadi rumit dan berat. Ini karena sifat pencerminan dari twin flame; pasangan kamu yang ‘persis’ itu juga  menunjukkan rasa tidak aman (insecurity), ketakutan, dan bayangan terdalam kamu.
  • Kamu akan bertemu banyak soulmate dalam hidup kamu saat ini. Itu bisa jadi adik, kakak, atau siapa saja yang memiliki koneksi dalam dengan kamu. Sementara kamu hanya akan punya satu twin flame. 
  • Twin flame relationship bisa membuatmu merasa insecure. “Semua rasa insecure kamu akan diperkuat sehingga kamu dapat mengatasinya dalam diri kamu sendiri,” kata Aycee Brown—seorang psikis dan panduan spiritual yang berspesialisasi dalam konseling intuitif.
  • Soulmate membuat kamu percaya diri.
  • Berkomunikasi dengan twin flame kamu mudah. Kadang tidak perlu kata-kata, hampir seperti telepati dan dia akan mengerti. 
  • Baik twin flame atau soulmate, keduanya sama-sama tentang koneksi yang dalam pada seseorang. Memang agak sulit melihat perbedaannya, dan kedua istilah ini memang sering dipakai bergantian untuk menjelaskan hal yang sama. 

Baca Juga: Memahami 5 Jenis Love Language (Bahasa Cinta)

Tanda Kamu Sudah Bertemu Twin Flame Kamu

Nah, berikut ini tanda kalau si dia adalah twin flame kamu: 

1. Saat bertemu, ada koneksi instan

Ketika kamu pertama kali menemukan nyala twin flame kamu, ada rasa ketertarikan, pengakuan, dan kerinduan yang intens dan terhubung cepat. 

Rasanya seperti telah menemukan “rumah”. Ada ikatan kuat dan keakraban yang tidak bisa ditolak, hadir secara alami. 

2. Kalian punya banyak kesamaan

Kamu dan dia punya banyak kemiripan, mulai dari perilaku, minat, cara pikir, hingga cerita masa lalu. Saat bercerita tentang pengalaman masa lalu, dia juga sama dan pernah merasakannya. 

“Kalian berdua akan menemukan bahwa kisah masa lalu kalian memiliki banyak kebetulan dan pengalaman serupa.”

3. Rasa insecure dan ketakutan kalian sama dan diperkuat 

Karena kalian sangat mirip, beberapa kelemahan seperti rasa tidak aman dan ketakutan juga sama. Tapi, di sini kalian bisa saling menguatkan dan saling membantu menyembuhkan. 

Twin flame kamu akan mencerminkan rasa tidak aman kamu yang terdalam, sehingga kamu kamu akan terus bertumbuh bersama untuk mengatasinya. 

4. Saling melengkapi 

Walaupun kalian sangat sehati dan sejiwa, tetap ada beberapa hal yang ternyata tidak sama juga. Kalian tetap akan menemukan perbedaan dan akhirnya berguna untuk saling melengkapi

5. Daya tarik magnetis

Sejak awal bertemu dan hingga sekarang, ada semacam magnet yang cocok hingga kalian mau ingin selalu lekat dan bersama. Energi dia selalu ada di dekat kamu dan begitu juga sebaliknya, bahkan saat kalian sedang berjauhan. 

Baca Juga: Apa Itu Fetish? Jenis, Ciri, dan Penyimpangan Seksual?

6. Hubungan sangat intens 

Ada koneksi emosional yang pasti dan konstan di antara kalian. Terkoneksi dalam level jiwa, selalu akrab, dan menghasilkan lebih banyak cinta, gairah, dan kebahagiaan. 

‘did the twin flame bruise paint you blue?’

– all too well, ts

Nah, itulah beberapa ciri-ciri kamu sudah bertemu dengan twin flame kamu. Sekarang kamu juga sudah paham perbedaan twin flame dan soulmate

Ya, semoga hubungan kalian manis terus dan langgeng selamanya. Selamat malam, lovers

Referensi: 

  • Brides. 2022. twin flame vs soulmate. brides.com/twin-flame-vs-soulmate-5194389#:~:text=When%20you%20hear%20the%20word,members%20are%20also%20your%20soulmates.
  • Regan, Sarah. 2021. What Is A Twin Flame? 11 Signs You’ve Found Your “Mirror Soul”. mindbodygreen.com/articles/twin-flames-signs-meaning-and-stages. 

Author: Terdevan

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s