8 Cara Menghadapi Pacar yang Insecure Berlebihan

Setiap orang punya rasa insecure (tidak aman) yang berbeda. Menjadi sedikit menyebalkan bila rasa insecure itu mendominasi perilaku pasangan kamu dalam hubungan.

Pahami apa itu insecurity dalam hubungan dan cara menghadapi pacar insecure dalam pembahasan ini! 

Apa Itu Insecure?

Dilansir dari Very Well Mind, “Insecurity adalah perasaan tidak mampu dan tidak aman yang lahir dari kurangnya rasa percaya diri”. 

Hal ini dapat menyebabkan seseorang meragukan kemampuan diri sendiri, naluri, dan hubungan, sehingga sulit untuk percaya pada diri sendiri dan mempercayai orang lain. 

Rasa insecure yang pasangan kamu tunjukan bisa berbeda. Misalnya, pacar kamu tidak percaya bahwa kamu bisa setia dalam hubungan sehingga dia selalu merasa khawatir dan tidak aman. Atau, pacar kamu merasa wanita lain lebih cantik dari dirinya dan dia khawatir kamu akan selingkuh. 

Ya, itu adalah rasa tidak aman atau ragu yang mungkin wajar. Jadi sangat mengganggu kesehatan mental bila seseorang terus merasa insecure tanpa melihat fakta bahwa semuanya sebenarnya baik-baik saja. 

Rasa insecure yang mendominasi seseorang bisa mengacaukan hubungan percintaan. Ini adalah bentuk emosi yang membingungkan dan menyakitkan untuk dialami. 

Cara Menghadapi Pacar Insecure

Apakah pacar kamu menunjukan tanda-tanda insecure dalam hubungan? Tanda-tanda insecure seperti tidak bisa percaya, selalu cemburu, mencari perhatian dan validasi, atau terus-menerus mengecek kabar kamu karena dia khawatir pada dirinya sendiri. 

Perilaku pasangan kamu yang seperti itu bisa membuat kamu pusing sendiri. Berikut ini beberapa cara menghadapi pacar yang insecure

1. Dengarkan Pasangan 

Berusahalah untuk mendengarkan pasangan kamu dengan pikiran terbuka, sehingga kamu dapat memahami perspektif dia juga.

Cobalah jadi pendengar yang aktif. Sebagian besar orang juga merasa lebih percaya dan tenang bila didengarkan dengan baik.

Mendengar dengan baik adalah cara kita untuk mengenal seseorang lebih dalam dan menghargai dia. 

2. Ungkapan Perasaan Kamu Sejujurnya 

Mungkin pacar semakin insecure karena dia menebak-nebak perasaan kamu dan apa yang kamu pikirkan tentang dia. 

Ketika pacar menunjukan rasa insecure berlebihan, berusahalah untuk memberi tahu pasangan kamu yang tidak percaya diri itu bahwa kamu sangat menghargainya. 

Dia membutuhkan itu lebih dari yang kamu pikirkan, dia butuh mendengar itu dengan jelas. 

Buat pasangan kamu mengerti bahwa dia tidak tergantikan dalam hidup kamu dan bahwa kamu mengasihinya dengan cara yang sama seperti yang kamu lakukan selama ini. 

Ini akan meyakinkannya dan pasangan kamu mungkin akhirnya menyadari rasa insecure dan overthinking di dalam dirinya tidak berdasar atau bahwa dia mungkin hanya terlalu panik sendiri.

Baca Juga: 12 Tips Menghadapi Pacar Posesif 

3. Tunjukan Kepedulian

Kebanyakan orang yang insecure dalam hubungan merasa tidak percaya atau meragukan cinta dan kesetiaan pasangan. Salah satu penyebabnya karena dia tidak melihat cukup kepedulian dari kamu sehingga pikirannya semakin aneh membuat skenario buruk tentang hubungan kalian. 

Cara menghadapi pacar insecure dengan menunjukan kepedulian yang jelas. Mungkin kamu bisa membuatnya tenang dan buat dia mengerti bahwa kamu benar-benar peduli padanya. 

Cinta bisa ditunjukkan dari gesture dan hal-hal kecil, misalnya membelikan dia makanan kesukaannya saat harinya buruk, memeluknya, memberi semangat di pagi hari, dan sebagainya. 

4. Deep Talk

Mungkin bentuk insecurity dari pacar kamu sudah melalui batas dan kadang kamu jadi kesal padanya. 

Pahami bahwa kondisi mental seseorang ada penyebabnya, itu mungkin efek dari hubungan buruk di masa lalu atau trauma masa kecil. 

Secara berkala kamu bisa mulai komunikasi mendalam untuk memahami permasalahan dia dan mencari solusi terbaik. Mungkin kamu tidak bisa menemukan solusi karena memang bukan tugas kamu untuk menyembuhkan seseorang, tapi setidaknya kamu sudah berusaha mencoba untuk menemani dan memahaminya. 

5. Beri Tahu Dia Apa yang Kamu Lihat Darinya  

You’re insecure, don’t know what for
You’re turning heads when you walk through the do-o-or
Don’t need make-up to cover up
Being the way that you are is enou-ou-ough

One Direction – What Makes You Beautiful

Seseorang yang merasa insecure terlalu parah biasanya tidak percaya diri. Dia selalu merasa rendah, tidak berbakat, orang lain lebih sempurna, dan overthinking yang tidak berguna. 

Sebagai pasangan, ada baiknya kamu memberi tahu pasangan kamu bahwa kamu melihatnya sebagai sosok yang menarik, kuat, dan memikat. Ya, seseorang tidak mungkin sempurna tapi kamu percaya bahwa hubungan bersamanya patut diperjuangkan dan kamu bahagia bersamanya. 

Plus, beri tahu dia betapa bersyukurnya kamu memiliki dia dan punya kesempatan untuk tumbuh bersama. 

Baca Juga: 16 Cara Menghadapi Pacar Manipulatif 

6. Beri Tahu Dia Batasannya Apa 

Cara menghadapi pacar insecure adalah dengan menentukan dan menjelaskan batasan dalam hubungan. Ya, dia insecure dan kamu mencintainya, terkadang itu bisa memusingkan kepala. 

Dia bisa saja terus curiga, cemburu tanpa alasan, atau terus-menerus meneror kamu menanyakan kabar.  

Beri tahu dia boundaries atau batasannya. Misalnya, kamu tidak bisa angkat telepon di jam kerja maka dia tidak boleh telepon kamu di jam kerja dan harus percaya bahwa kamu memang sedang sibuk kerja. 

Sepakati bersama untuk tetap menjaga privasi satu sama lain. Di sisi lain, kamu juga harus menjaga kepercayaan itu dan menciptakan hubungan yang seimbang dan sehat. 

7. Evaluasi Bersama

Kalian harus evaluasi bersama dengan tenang dan solutif. Apakah itu perilaku kamu yang tidak jujur dan mencurigakan yang menambah rasa insecure dia?

Atau, dia yang memang harus belajar dan selalu mencari cara untuk menyembuhkan diri sendiri. Cari jalan tengah yang adil dan sehat. 

Baca Juga: 24 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Harus Kamu Waspadai 

8. Temani Dia Konsultasi ke Profesional

Pasangan tidak punya kewajiban untuk menyembuhkan pasangannya (apalagi kalau dia tidak mau sembuh). Setiap orang mungkin punya masalah mental atau satu dua hal yang memicu rasa insecure

Bila itu berlebihan, mohon saling mengingatkan dan baiknya mendukung pasangan untuk konsultasi ke profesional. 

Itulah beberapa cara menghadapi pacar yang insecure berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat and may you and your lover find a happy story 🖤

References: 

Gupta, Sanjana. 2021. Coping With Insecurity in a Relationship. (Diakses pada 22 Januari 2022).

Sarah. 2022. Dealing With An Insecure Boyfriend? Here Are 15 Coping Tips. (Diakses pada 22 Januari 2022).

Author: Terdevan

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s