Duh, Cek 15 Tanda Pacar Kamu Masih Kekanak-kanakan 

Jika kamu punya pacar yang emosian, mau mau menang sendiri, tidak suka kompromi, dan defensif, itu bisa jadi tanda dia belum dewasa secara emosional. Pahami tanda-tanda pacar masih kekanak-kanakan berikut ini! 

Tanda Pacar Masih Kekanak-kanakan 

Seseorang yang belum dewasa secara emosional akan memiliki masalah hubungan dengan pasangannya karena belum punya pemahaman yang dalam pada diri sendiri, yang berarti dia akan sulit memahami orang lain. 

Pacar yang kekanak-kanakan cenderung memiliki ketidakmampuan untuk berkomunikasi dan memproses hal-hal yang berkaitan dengan hubungan. Dia juga kurang bisa berempati dan memahami pengalaman emosional pasangan. 

Itu adalah masalah yang cukup besar. Bagaimana kamu bisa membangun hubungan yang sehat dan seimbang bila pasanganmu pun belum dewasa atau tidak mampu mengurus dirinya sendiri? 

Ketahui tanda-tanda pacar masih kekanak-kanakan berikut! 

1. Tidak Bisa Mengurus Diri Sendiri

Ciri yang pertama adalah dia tidak bisa mengurus diri sendiri, bahkan untuk menyelesaikan hal-hal kecil atau masalah personal yang logikanya seharusnya dia sudah bisa mengontrolnya sendiri. 

Misalnya, masih bergantung pada orang tua, masih suka merengek, tidak bisa bertanggung jawab atas benda miliknya atau tugas sehari-hari.

Kamu sebagai pasangan malah jadi seperti orang tua yang mengurusnya. 

2. Tidak Mau Membicarakan tentang Masa Depan

Orang yang masih kekanak-kanakan padahal usianya sudah dewasa cenderung tidak mau berbicara tentang masa depan.

“Pasangan yang belum matang secara emosional kemungkinan besar tidak berpikir ke depan dan merencanakan masa depan bersama pasangannya. Dia lebih memilih untuk hidup di saat ini atau menjalaninya saja,” kata Samantha Burns, seorang konselor pasangan dan dating coach. 

Dia mungkin mengklaim bahwa mereka “menjalani hidup sesuai arus” padahal pada kenyataannya dia menghindari komitmen sambil juga mencuci diri dari tanggung jawab. 

Jangankan rencana pernikahan, pacar yang tidak dewasa bahkan tidak bisa berkomitmen akan hal-hal kecil, misalnya sepakat untuk kencan minggu ini. 

Baca Juga: Hey! Waspada Tanda Pacar Matre, Nih!

3. Dia Sangat Impulsif

“Otak anak-anak belum sepenuhnya berkembang, sehingga mereka tidak memiliki kapasitas untuk memikirkan atau menghargai konsekuensi dari tindakan mereka. Itu sebabnya kita melakukan hal-hal bodoh saat masih remaja,” kata psikolog dan pembawa acara radio Dr. Cooper Lawrence.

Jika pacar kamu impulsif, mudah marah, dan bertindak lebih dulu dan meminta maaf kemudian, itu menunjukkan tingkat ketidakdewasaan yang jelas. 

4. Mau Menang Sendiri 

Tanda pacar kekanak-kanakan adalah dia selalu mau menang sendiri alias egois. Dia tidak berpikir tentang perasaan kamu, hanya apa yang dia anggap benar dan penting untuk dirinya sendiri. 

Dia juga cenderung suka merengek agar kamu mengalah dan bisa memenuhi kebutuhan dia, tanpa berpikir bagaimana dampaknya bagimu. 

5. Mau Dilayani 

Ya, ciri pacar yang tidak dewasa adalah dia hanya mau menerima dan dilayani. Dia tidak berpikir tentang tanggung jawab, kewajiban, atau bagaimana hubungan yang seimbang.

Dia bahkan tidak berpikir tentang bagaimana menjadi pasangan yang ideal dalam hubungan sehat. Dia hanya bertindak seperti bumi hanya berputar untuknya. 

6. Menghindari Percakapan Serius 

Tanda pacar masih kekanak-kanakan adalah dia tidak pernah bisa bicara serius. Pacar yang belum dewasa cenderung akan mengalihkan topik atau bercanda saat kamu mulai pembicaraan atau pertanyaan yang serius. 

Dia juga belum siap untuk berbicara tentang komitmen atau harapan serta tujuan di masa depan.

Baca Juga: 5 Fase Jatuh Cinta, Kamu dan Dia di Tahap Mana?

7. Dia Hanya Berbicara tentang Hal-Hal di Permukaan, Tidak Dalam

Dia tidak bisa serius dan tidak pernah membawa topik yang dalam hubungan. Ya, dia mungkin pacar yang asik diajak bergaul dan bersemangat, namun tidak bisa diajak ngobrol dalam level yang lebih deep. 

Misalnya, dia hanya tertawa atau mengabaikan saat kamu mulai bicara tentang harapan dan rasa sakit masa lalu.

Sebaliknya, dia juga tidak terbuka, menahan diri, tidak dekat sama kamu dalam level emotional, dan tidak menunjukan kasih sayang yang serius. Atau, dia mungkin tidak memilikinya karena belum berpikir secara dewasa. 

8. Kamu Merasa Sendirian 

Ciri-Ciri pacar yang belum dewasa secara emosional adalah pada akhirnya kamu merasa sendirian. Dia tidak mampu memahami dan memenuhi kebutuhan kamu. 

Kamu tidak mendapat dukungan dan kasih sayang. Dia mungkin menemani kamu secara fisik, namun tidak dapat berpartisipasi dalam keintiman emosional karena pikirannya belum sampai sana. 

9. Kamu yang Mengurus Semuanya 

Tanda pacar masih kekanak-kanakan adalah kamu yang mengurus semuanya, dalam konsep yang menyebalkan. Dia tidak bisa mengurus dirinya sendiri atau membenahi masalah yang dia buat. 

Harus kamu yang turun tangan agar masalahnya beres. Dia bisa jadi terus-menerus membuat masalah dan kepalamu jadi pusing. 

10. Tidak Suka Berkompromi

Pacar yang kekanak-kanakan cenderung tidak suka kompromi. Dia mau menang sendiri bagaimana pun konteksnya. 

Akhirnya, kamu selalu akan mengalah karena dia tidak mau cari solusi yang baik bagi kedua belah pihak. 

Baca Juga: Adakah Cara Membuat Pacar Nurut dan Tunduk? 

11. Tidak Punya Tujuan

Tanda pacar masih kekanak-kanakan adalah dia tidak punya tujuan hidup untuk dirinya sendiri. Dia bahkan tidak tahu apa yang dia mau. 

Sementara beberapa orang yang belum dewasa secara emosional akan membuat keputusan sendiri, yang lain membutuhkan pasangan mereka untuk memutuskan segalanya untuk mereka.

Pikirannya juga selalu berubah-ubah dan membingungkan. 

12. Hidup Semaunya 

Dia hidup semaunya sendiri seperti anak-anak yang tidak kenal akan kewajiban dan tanggung jawab. Mungkin dia bertindak seenaknya seperti anak SMA atau anak kuliahan semester awal. Dia tidak paham bahwa ada konsekuensi atas semua hal menyebalkan yang dia lakukan. 

13. Tidak Mampu Mengatasi Masalahnya Sendiri

Yup, seperti anak-anak yang terus membuat masalah dan lepas tangan atau meminta orang lain menyelesaikan kerusakan yang dia buat. 

Pacar yang tidak dewasa secara emosional cenderung tidak paham cara mengatakan maaf saat dia bersalah. Dia mungkin juga tidak mau disalahkan. 

14. Tidak Mandiri 

Bisa jadi pacar yang kekanak-kanakan selalu butuh bantuan untuk banyak hal dalam hidupnya, bahkan mungkin untuk pekerjaan sederhana yang logikanya bisa dia selasaikan sendiri. Bisa dikatakan bahwa dia cenderung mudah menyerah dan emosian juga. 

15. Tidak Bisa Diandalkan

Tanda pacar masih kekanak-kanakan adalah dia tidak bisa diandalkan sama sekali. 

“[Seorang pasangan yang belum dewasa secara emosional] mengharapkan kamu melakukan segalanya untuk dia,” kata pembicara dan konselor spiritual Davida Rappaport memberi tahu Bustle.

“Kamu mungkin harus meminta mereka beberapa kali untuk melakukan sesuatu; mereka mungkin melakukannya dengan enggan dan mungkin membuat kamu merasa bersalah dalam prosesnya.”

Nah, itulah beberapa tanda pacar masih kekanak-kanakan. Kamu bisa lihat dari gesture dan kesehariannya. Dia mengabaikan kamu dan sibuk dengan dirinya sendiri yang juga hidupnya cukup gaduh dan tidak teratur.

Referensi:

Bolde. 2021. 15 Signs He’s Too Immature For A Relationship. bolde.com/signs-hes-too-immature-for-relationship/. (Diakses pada 21 Januari 2022).

Howard, Laken and Carolyn Steber. 2017. How To Tell If Your Partner Is Emotionally Immature. bustle.com/wellness/signs-your-partner-is-emotionally-immature. (Diakses pada 21 Januari 2022).

Papa, Ashley. 2021. 10 Signs Your Boyfriend Is An Immature Man-Child. yourtango.com/2017302971/10-harsh-signs-your-boyfriend-immature-and-should-grow-up?amp. (Diakses pada 21 Januari 2022).

Author: Augusta Adinda

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s