Dari Perceraian Arnold Schwarzenegger Kita Belajar tentang Penyebab Perselingkuhan

Selasa (28/10) Arnold Schwarzenegger telah resmi berpisah dengan mantan istrinya. Proses perjalanan perceraian Arnold Schwarzenegger telah menemui titik temu setelah 10 tahun terdaftar di pengadilan Amerika Serikat.

Kasus ini disinyalir bermula saat Arnold mengakui sebagai bapak biologis dari anak stafnya sendiri. 

Adanya perselingkuhan antara Arnold dan stafnya disinyalir sebagai pemicu dari perceraian pernikahan dengan mantan istrinya, Maria Shiver. Apa yang bisa kita ambil hikmahnya dari perselingkuhan Arnold? Yuk simak penjelasanya di artikel ini. 

Faktor Terjadinya Selingkuh

Seseorang tidak akan mungkin melakukan perselingkuhan tanpa adanya dorongan, hasrat maupun kebutuhan dari dirinya sendiri. Selain itu, ada banyak faktor mengapa seseorang melakukan perselingkuhan. Berikut beberapa faktor terjadinya perselingkuhan. 

1. Kebutuhan Untuk Dihargai 

Semua orang membutuhkan atensi maupun penghargaan dari orang lain. Hal tersebut memang sudah kodratnya sebagai manusia yang tergolong makhluk sosial. Saat terdapat ruang-ruang kebutuhan penghargaan tidak terpenuhi oleh pasangan, disitulah kemungkinan ruan perselingkuhan masuk. 

Umumnya seseorang akan mencari medium lain untuk mendapatkan kebutuhan atensinya. Bisa didapatkan oleh teman dekat, sahabat, keluarga ataupun dengan selingkuhannya di luar sana. 

2. Penurunan Investasi Perasaan dan Tindakan ke Pasangan

Biasanya hal ini terjadi pada pasangan yang telah melewati fase honeymoon dalam sebuah hubungan. Pada fase ini mungkin mulai terlihat adanya perbedaan antar satu sama lain yang mungkin sudah tidak dapat ditolerir lagi. 

Lucunya, saat fase honeymoon perbedaan tersebut tidak terlihat atau bahkan dipendam karena masih terbuai oleh lonjakan dopamine dari hubungan yang baru.

Pentingnya untuk saling mengingatkan dan berusaha investasi antar satu sama lain agar pasangan merasa aman dalam hubungan yang sehat. 

3. Kurangnya Kedekatan atau Chemistry pada Pasangan

Faktor jarak ataupun intensitas dapat menjadi permasalahan tersendiri. Terkadang seseorang akan merasa ada bersama orang yang dekat atau mungkin yang jauh. Kasusnya Arnold kemarin disebabkan oleh interaksi intens bersama dengan stafnya. 

Kedekatan bukan hanya soal jarak fisik tapi juga berkaitan dengan emosional maupun dorongan untuk dihargai, disayang, dimanja atau apapun yang meningkatkan ikatan sebuah hubungan. Kenali love language dari pasangan kamu untuk meningkatkan ikatan hubungan yang lebih intim.

Baca Juga: Bunda, Ini Ciri-Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi 

Mekanisme Terjadinya Perselingkuhan

Saat ini mulai terkenal istilah-istilah baru seperti Pebinor (Perebut bini orang) maupun Pelakor (Perebut laki orang) yang mulai dikenalkan di media TV/sosial media saat ini. Tapi tahukah kamu? Perselingkuhan hanya dapat terjadi bila kedua orang menyepakati hal tersebut. 

Menjadi salah kaprah bila terjadi perselingkuhan hanya menyalahkan satu pihak saja. Terkadang pihak yang tersakiti terburu-buru untuk menghakimi pebinor/pelakor saja tanpa tahu apa yang menjadi faktor permasalahan mengapa pasangannya berselingkuh. 

Biasanya pihak penyelingkuh akan melakukan selingkuh lagi baik dengan orang yang sama maupun orang yang baru, bila dia tidak diberikan hukuman yang pantas. Sungguh sangat menyebalkan bila itu terjadi. 

Baca Juga: Bun, Ini Cara Membuat Mantan Suami Menyesal

Bagaimana Cara Mencegah Perselingkuhan?

Sebuah hubungan pasti dilandasi oleh sebuah nilai luhur atas ketertarikan/percaya antara satu sama lain. Hubungan yang sehat merupakan sebuah ruang untuk masing-masing individu dapat bertumbuh dan berkembang menghadapi segala problematika di kehidupan.

Ada kalanya mengalami fase naik turun dalam sebuah hubungan. Lebih sering berinteraksi dan mendengar atas kebutuhan masing-masing. 

Tumbuhkan rasa sayang dengan berbagai kegiatan bersama yang positif. Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan ikatan hubungan antara kamu dan pasangan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mengantisipasi sebuah perselingkuhan. Terima kasih.

Author: Rudeus Greyrat

"Magic power grows the more you use it, and magic works without incantations"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s