Benarkah Berteman dengan Mantan Tanda Psikopat? 

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Oakland, seseorang dengan “ciri kepribadian gelap” seperti narsisme, psikopati, sadisme, dan Machiavellianisme dapat tetap berteman dengan mantan mereka. 

Apakah itu bentar? Apakah kamu berteman dengan mantan? Cek tentang fakta benarkah berteman dengan mantan tanda kamu psikopat di sini! 

Apa Itu Psikopat? 

Psikopati adalah subkategori gangguan kepribadian antisosial. Istilah psikologis ini sering juga digunakan untuk merujuk pada mereka yang menunjukkan ciri-ciri gangguan kepribadian seperti narsisme, sadisme, keegoisan, kurangnya empati, dan/atau pesona yang dangkal.

Psikopat adalah gangguan mental dan antisosial yang ditandai dengan individu yang memanifestasikan perilaku amoral, kurang kemampuan mencintai, masalah pada hubungan pribadi, egosentrisme, dan masalah perilaku. 

Penelitian Tentang Berteman dengan Mantan Tanda Psikopat

Ada banyak opini tentang apakah kita bisa tetap berteman dengan mantan atau tidak. Kamu mungkin berpikir akan senang untuk berteman dengan mantan dan sebagai kedewasaan. 

Ada pula yang tidak bisa berteman dengan mantan sama sekali. Itu berarti selamat tinggal selamanya.

Tapi  menurut sebuah penelitian, kecenderungan untuk tetap berhubungan dengan mantan bisa menjadi pertanda sesuatu yang jahat.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, tetap berteman dengan mantan bukanlah tanda kedewasaan—seperti yang mungkin kamu pikirkan—tetapi kemungkinan pertanda sesuatu yang jauh lebih gelap.

Bukti dari penelitian menunjukkan bahwa perilaku ini sebenarnya bisa menjadi tanda kecenderungan psikopat dan telah menemukan bahwa bagaimana orang berhubungan dengan mantan mereka bisa menjadi tes baru untuk psikopati.

Baca Juga: Kenapa tidak bisa berteman dengan mantan pacar?

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Oakland University, melihat ciri-ciri kepribadian dari 861 subjek, serta sejarah hubungan mereka. 

Responder juga ditanya tentang pasangan mereka saat ini dan apakah mereka berteman dengan mantan. Kemudian diberikan kuesioner untuk menentukan kualitas narsistik dan psikopat.

Secara keseluruhan, mereka yang memiliki ciri kepribadian ‘dark’ lebih cenderung berhubungan dengan mantan kekasih. Ini sebenarnya tidak akan terlalu mengkhawatirkan dengan sendirinya, tetapi alasan yang mereka berikan untuk kontak berkepanjangan dengan mantan adalah poin yang paling mengkhawatirkan.

Berteman mantan di sekitar memberikan kesempatan bagi psikopat untuk tetap mendapatkan akses ke sumber daya tertentu, seperti informasi, uang, atau seks.

Baca Juga: 12 Ciri Mantan Hanya Ingin Berteman Saja sama Kamu

Studi tersebut menemukan para psikopat dilaporkan memilih teman dengan agenda serupa. Hal ini pada gilirannya membantu mereka dengan menjaga korban mereka di sekitar. 

Neo mengatakan kepada Business Insider bahwa teman-teman membantu psikopat memutarbalikkan kebohongan mereka, dan membuat pasangan mereka merasa bahwa perilaku itu normal.

Ini tidak berarti bahwa jika Anda berteman dengan satu atau dua mantan, kamu adalah seorang psikopat. Tetapi jika mantan kamu memang memiliki kebiasaan mengumpulkan mantan pasangan sebagai “teman”, kamu mungkin ingin memeriksa kembali motivasi mereka, dan menjauhkan diri jika ada yang membuat kamu merasa tidak nyaman dengan mantan.

Sumber: 

  • storypick.com/friends-with-ex-study/amp/
  • businessinsider.in/strategy/if-someone-is-friends-with-their-exes-it-could-be-a-warning-sign-theyre-a-psychopath-heres-why/articleshow/62180241.cms
  • sciencedirect.com/topics/neuroscience/psychopathy

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s