Cara Mengatasi Pacar yang Sedang Marah dan Kecewa

Pacar sedang marah dan bingung harus apa? Ikuti beberapa tips meluluhkan pacar yang sedang ngambek berikut ini. 

Cara Mengatasi Pacar yang Sedang Marah dan Kecewa

Dalam hubungan, kamu dan kekasih kesayangan pasti memiliki masalah dan pertengkaran sesekali. Entah akibat salah persepsi, kurang komunikasi, atau hal-hal lainnya. 

Saat pacar marah, wah rasanya pasti kacau sekali. Agar kamu bisa mengontrol kondisinya dengan baik dan meredakan emosi pacar, yuk cek cara meluluhkan hati pacar yang sedang marah dan kecewa berikut ini: 

1. Jangan ikutan marah

Bila pacar sedang ngambek atau marah, kamu harus tenang. Jangan ikutan marah juga karena itu hanya akan menjadi dobel-dobel kemarahan dalam hubungan.

Bila dia sedang jadi api, kamu jangan jadi bensin karena kalian akan meledak bersama. Kamu harus tenang, sabar, jangan ambil keputusan sepihak, dan sebaiknya coba tenangkan dia juga ya. 

2. Coba minta maaf 

Bila pacar perempuan sedang marah, cara terbaik untuk membuatnya tenang adalah dengan minta maaf bila memang kamu yang salah. Setelah pacar kamu tentang, nah ajak dia berdiskusi untuk membahas apa masalahnya dan bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikan masalah. 

Ini adalah cara klasik yang memang bisa tricky, tapi ya itu berhasil membuat pacar kamu tidak meledak lagi. Pasalnya, akan menjadi toxic bila kamu selalu minta maaf saat pacar marah tanpa tahu apa masalahnya sebenarnya. 

Di sisi lain, bila kamu memang salah kamu harus minta maaf, tunjukan padanya bahwa kamu menyesal, tidak akan mengulangi kesalahan lagi, dan belajar untuk memperbaiki kualitas hubungan.  

3. Kemarahannya itu mungkin tanda kesedihan 

Coba pahami apa yang mungkin dia rasakan hingga menjadi marah atau ngambek seperti itu. Kemarahannya bisa jadi tanda kesedihan, kekecewaan, atau mungkin tanda insecure

Kemarahan pacar kamu bisa juga jadi tanda tekanan psikologis dan dia butuh bantuan. Coba tanyakan bagaimana perasaannya, apa dia ada masalah lain yang dilimpahkan pada kamu, atau dia memang sedang tidak baik-baik saja. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Pacar Tidak Marah Lagi Lewat Chat?

4. Bicara padanya 

Tanyakan padanya kenapa dan apa yang salah. Walaupun komunikasi dengan orang yang sedang marah akan sulit, tapi tetap cobalah. Setidaknya, kamu harus tahu apa masalahnya agar sama-sama bisa mencari solusi terbaik. 

Bila dia melakukan silent treatment? Oh, ini bisa sulit. Kirimkan dia pesan singkat atau pesan suara untuk memberitahu bahwa kamu menyadari dia sedang marah dan kamu ingin tahu apa masalahnya, kamu juga berniat untuk memperbaiki keadaan.

Bila dia tetap melakukan silent treatment? Oh, ada red flags di sana!

5. Dengarkan keluh-kesahnya 

Cara meluluhkan hati pacar yang sedang marah besar tentu saja dengan mendengar keluh-kesah pacar kamu. Ini akan melatih rasa pengertian, empati, kepedulian, pengelolaan emosi, dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah bersama. 

6. Jangan berasumsi

Asumsi kamu bisa memperburuk masalah kalian. Jangan overthinking bila pacar kamu sedang marah sama kamu.  

Pikiran buruk yang kamu pikirkan tentang pacar kamu belum tentu hal yang sebenarnya. Ini hanya akan membuat kamu kalut sendiri tanpa solusi yang baik.  

7. Tanyakan bila dia butuh waktu untuk menenangkan diri 

Mungkin saat ini dia sedang sangat kesal sama kamu hingga dia menolak berbicara sama kamu. Bila kamu sudah mencoba membujuk untuk bicara tapi dia tidak bisa, ya tanyakan saja berapa lama dia mau menenangkan diri dari masalah tersebut. 

Sementara itu, kalian bisa sama-sama intropeksi diri, datang dengan solusi, dan akan bicara lagi dengan pikiran lebih jernih setelahnya. 

8. Rangkul dia secara emosional

Cara mengatasi pacar yang sedang marah adalah dengan merangkulnya secara emosional. Tunjukan kepedulian kamu padanya. 

Silakan berikan pacar pelukan, misalnya, agar pacar tenang dan dapat merasakan kehadiran kamu di hidupnya. Kamu juga bisa serius mengucapkan kalimat yang menenangkan untuknya. 

Baca Juga: 12 Tanda Introvert Marah sama Kamu (Diam-Diam Seram) 

9. Tunjukan kasih sayang 

Saat pacar marah, kemungkinan besar dia juga merasa bahwa kamu tidak menyayangi dia. Jadi, cara meluluhkan pacar yang sedang marah adalah dengan menunjukan ekspresi kasih sayang.

Misalnya, bujuk dia untuk tersenyum lagi dengan makanan favoritnya, memberinya sanjungan kecil, mengirim lagu yang menggambarkan kesedihan kamu saat hubungan kalian sedang tidak baik, atau bahasa cinta lainnya yang mudah dikenali. 

10. Tunjukan kesungguhan untuk perbaiki keadaan

Pada dasarnya, cara meluluhkan hati pacar yang sedang marah adalah dengan menunjukan kesungguhan hati kamu untuk menyelesaikan masalah itu sama kamu, plus memperbaiki hubungan dari waktu ke waktu. 

Beri dia pengertian bahwa kamu ingin bekerja sama membina hubungan yang sehat dan langgeng bersama dia. Bagaimana, masalah pasti ada namun jangan sampai itu menghancurkan hubungan. Jadikan masalah-masalah itu sebagai ujian agar hubungan kalian makin lekat dan bonding semakin kuat.

Baca Juga: Kenapa Pacar Sering Marah dan Cuek? 9 Alasan dan Cara Menghadapinya

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi pacar yang sedang marah dan kecewa. Pahami apa penyebabnya dan gunakan pendekatan yang pas untuk berbaikan lagi. Intinya, jangan melakukan kesalah yang sama dan meminimalisir kesalahan fatal di masa depan. 

Have a good love, lover! 

Referensi: 

  • Rawat, Apeksha. 2019. Tips to Calm Your Girlfriend Down When She is Mad or Hurt. (Accessed on 10 November 2021). 
  • Times of India. 2021. 7 Ways To Calm Down A Man When He Is Angry And Defensive. (Accessed on 10 November 2021). 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s