Siapa yang Harus Bayar saat Kencan Pertama?

Ini adalah pertanyaan klasik dalam dunia percintaan awal, “siapa yang harus bayar kencan pertama?” Haruskah selalu laki-laki yang bayar atau split bill atau patungan saja? Yuk, kita berdiskusi di bawah ini!

Penelitian tentang Siapa yang Harus Bayar saat Kencan Pertama? 

Dalam stereotipe hubungan PDKT atau kencan, laki-laki harus membayar kencan pertama atau bahkan setiap kali kencan. Biaya itu termasuk membayar makanan, menonton film, dinner di restaurant, jajan, popcorn, parkir, main di TimeZone, jalan-jalan ke puncak, dan sebagainya. 

Katanya, itu mencerminkan harga diri laki-laki dan bukti keseriusannya dalam berhubungan dengan sang wanita. Tapi, apakah laki-laki harus selalu yang bayar saat kencan dan wanita tidak perlu?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di laman Elite Single, 300.000 orang Amerika yang masih lajang ditanya tentang siapa yang harus membayar saat kencan pertama dan jawaban mereka: 

  • 63% pria mengatakan bahwa pria harus membayar saat kencan pertama. 
  • 46% wanita setuju bahwa pria harus membayar saat kencan pertama. 
  • Sementara ada 2% pria yang mengatakan bahwa wanita yang harus membayar saat kencan pertama. 
  • 5% wanita mengatakan bahwa wanita yang harus membayar saat kencan pertama. 

Masih dalam penelitian yang sama, sedikit sekali responden (terutama pria) yang setuju bahwa mereka harus bayar masing-masing saat kencan. Hanya 7% pria yang berpikir bahwa bayar masing-masing atau split bill itu ide yang bagus. 

Dari wanita, ada 18% responden yang merasa split bill itu lebih baik. Jadi, ada banyak versi dan opini tentang siapa yang harus bayar kencan pertama.

Menurut psikolog Zoe Coetzee, secara tradisional pria memang dikatakan harus membayar saat kencan pertama. Tapi di dunia dengan norma gender yang berkembang saat ini, kesetaraan antara pria dan laki-laki menjadi standar yang dianut dan itu juga berpengaruh pada keputusan siapa yang harus bayar kencan. 

Baca Juga: 10 Cara Sopan Menolak Pacar Pinjam Uang 

Jadi, Siapa yang Harus Bayar saat Kencan Pertama?

Ini adalah topik keuangan atau finansial pertama yang terjadi antara dua orang yang mungkin nanti resmi jadi pasangan. Ini kembali lagi pada pemikiran dan keputusan bersama antara dua orang tersebut.  

Bila tetap bingung dan canggung untuk memutuskan siapa yang harus bayar saat pacaran, ada beberapa pilihan yaitu: 

1. Laki-Laki yang Bayar 

Bila kamu memang ingin mengikuti norma bahwa laki-laki harus bayar saat kencan pertama, ya ikuti saja. Ini bisa mencerminkan kesungguhan pria dan menunjukan kesan pertama yang baik. 

2. Wanita yang Bayar 

Menganut konsep kesetaraan gender, bisa saja wanita yang mau traktir pria saat kencan pertama. Ini tidak membuat laki-laki jadi terlihat lemah dan wanitanya kuat. 

Ya, mungkin si wanita baru saja dapat bonus tambahan atau memang tidak mau merepotkan. Hehe

3. Split Bills 

Split bills atau patungan bisa jadi jalan tengah yang bijaksana. Jadi, kalian tidak merepotkan satu sama lain. Ini bukan berarti si pria pelit atau tidak sungguh-sungguh mendekati wanita. 

Ya, anggap saja ini semacam kerjasama dan realistis. 

Bila kamu memang tipe split bill, kamu bisa beritahu dulu (sebelum kencal atau sebelum bayar), “apa kamu keberatan kalau kita split bill?” 

4. Saling Berkontribusi 

Bila bingung siapa yang harus bayar bill di kencan pertama, lebih baik kalian saling bayar bersama-sama dan saling membantu. 

Misalnya, si cowo yang bayar makan dan si cewe bayar parkir dan main di mall. Si cowo bayar tiket menonton, nah si cewe yang beli popcorn

Jadi, kalian tidak canggung bila biaya pacaran terlalu mahal atau merasa tidak enak untuk menagih bill tersebut. Masing-masing dari kalian juga punya peran dan berkontribusi untuk mewujudkan kencan yang memorable

5. Bergantian 

Ya, misalnya minggu ini dia yang bayar lalu minggu depan kamu yang bayar. Itu bisa jadi bentuk kerjasama yang menyenangkan. 

Bagi sebagian wanita mungkin berpikir bahwa laki-laki sepenuhnya yang harus membayar dan sebagian laki-laki juga berpikir bahwa itu tugasnya (plus memberi impresi yang baik). 

Sebaliknya, ada juga orang-orang yang memilih untuk split bill atau bayar bergantian karena ya realistis saja dan ingin kerjasama.

Pada dasarnya, komunikasikan pada gebetan atau pasangan baru tentang siapa yang harus bayar. Atau, berikan pendapatmu tentang itu. 

Baca Juga: 7 Cara Menagih Hutang ke Pacar dan 5 Tips Keuangan saat Pacaran

Setelah kalian jalan bareng atau pacaran beberapa bulan, bisa terlihat aslinya bagaimana. Kalian juga seharusnya bisa mengatur nyamannya bagaimana setiap kencan.  

Jadi, kamu tipe yang mana? Pacaran siapa yang bayar?

Referensi:

  1. Taylor, Kiara. 2021. Who Should Pay on a First Date?. hbr.org/amp/2021/04/who-should-pay-on-a-first-date. (Accessed on 4 November 2021).
  2. Watson, Sophie. 2019. New Study: Who Should Pay on a First Date?. elitesingles.com/mag/relationship-advice/who-should-pay-for-date. (Accessed on 4 November 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s