10 Cara Sopan Menolak Pacar Pinjam Uang 

Merasa tidak enak, khawatir dibilangin tidak sayang, atau tidak mau membantu pacar yang sedang kesulitan ekonomi. Bagaimana cara menolak pacar pinjam uang? 

Cara Menolak Pacar Pinjam Uang 

Uang bisa jadi topik yang sangat sensitif, apalagi bila konsepnya tentang meminjam uang. Satu sisi kamu merasa tidak enak bila tidak meminjamkan uang, satu sisi kamu khawatir bila orang itu tidak akan mengembalikan uang setelah dipinjami, di satu sisi lainnya kamu sangat ingin membantu orang itu. 

Terlebih lagi bila pacar sendiri yang ingin meminjam uang. Kamu merasa bahwa hubungan pacaran harus bisa bertahan dalam suka dan duka, termasuk masalah ekonomi pacar. Kamu juga ingin membantunya sebagai bentuk kasih sayang dan kepedulian. 

Bila dalam beberapa sirkumstansi kamu memang tidak bisa meminjamkan uang pada pacar, berikut ini cara baik menolak pacar pinjam uang: 

1. Katakan tidak bisa dengan alasan yang tidak menyinggungnya 

Kamu pasti khawatir bila pacar kamu menganggap kamu tidak mau membantunya, tidak peduli padanya, atau tidak mau hidup susah bersamanya karena kamu menolak memberi pinjaman uang. 

Padahal, kamu punya hak bilang ‘tidak’ untuk sesuatu yang memang tidak bisa kamu penuhi. Bukan berarti kamu tidak mencintainya, tapi memang kamu punya alasan masuk akal di baliknya. 

Jadi, katakan saja ‘maaf aku ga bisa pinjamkan kamu uang’ dan sebutkan alasannya, misal karena kamu tidak punya uang juga. Dia memang mencari bantuan pada kamu sebagai orang terdekat dia, tapi dia juga bisa memahami alasan kamu. 

2. Beri waktu untuk ambil keputusan

Bila kamu sangat bingung memutuskan untuk meminjamkan uang pada pacar atau tidak, ya bilang padanya kamu butuh waktu 24 jam untuk mempertimbangkannya. Ini agar kamu dapat memastikan diri untuk membuat keputusan yang tepat. 

Jangan biarkan seseorang mendesak kamu dalam waktu cepat hingga mau tidak mau kamu mengatakan ‘iya’ untuk sesuatu yang sebenarnya tidak kamu inginkan, hanya karena kamu merasa tidak enak padanya. 

Tapi, ini bisa jadi rumit. Untuk menghormati masalah keuangan pacar kamu, sebaiknya kamu segera beri respon agar tidak menimbulkan harapan palsu. 

Baca Juga: 7 Cara Menagih Hutang ke Pacar dan 5 Tips Keuangan saat Pacaran

3. Jangan berjanji akan meminjamkan uang nanti 

Ya, jangan membuat harapan palsu seperti, ‘nanti aku pinjami uang saat aku sudah gajian’. Padahal, kamu tidak dapat meminjamkan dia uang sama sekali. 

Bila kamu memberi pernyataan ambigu seperti kamu bisa meminjamkannya uang suatu hari nanti, maka pacar kamu akan mencoba meminjamkan uang lagi.

Ini juga bisa menyakiti hatinya dan kamu bisa semakin merasa bersalah. Jadi, sebaiknya katakan dengan jelas bila kamu tidak bisa meminjamkan dia uang. 

4. Jangan mengunci pandangan kamu tentang pacar kamu 

Saat pacar meminjam uang, kamu mungkin akan berpikir kalau ‘oh dia bokek nggak punya uang’. Itu pemikiran yang kurang baik karena terkesan merendahkan. 

Pacar kamu memang sedang memiliki masalah keuangan saat ini, namun bukan berarti dia orang kecil. Dia hanya sedang berjuang saat ini untuk sampai ke masa depan yang lebih cerah. 

5. Sebelumnya, tanyakan untuk apa

Kamu bisa bertanya untuk apa pacar meminjam uang. Ya, agar kamu bisa lebih memahami tujuannya. 

Bila kamu tahu dia sangat terdesak dan uangnya memang akan digunakan untuk sesuatu yang baik, kamu bisa mempertimbangkan untuk memberinya pinjaman. Bila uang itu bukan untuk membayar sesuatu yang urgent atau kebutuhan pokok, itu cerita lain. 

6. Kamu mungkin bisa membantu dia memeriksa pola konsumsi dan finansialnya 

Bukan menggurui, tapi kamu bisa membantunya memeriksa kondisi finansialnya. Termasuk memberikan saran mana kebutuhan yang bisa dipotong, perhitungan pendapatan dan pengeluaran, atau cara berhemat dengan efektif. 

Semoga kamu bisa membantunya berpikir dengan cara itu. Ini juga menunjukan rasa kepedulian dan perhatian kamu pada pasangan. 

7. Beri alternatif lain cara mencari uang 

Cara menolak pacar pinjam uang yang baik adalah dengan memberinya alternatif lain untuk mencari tambahan pendapatan. Misalnya, kamu tahu dia jago fotografi, maka bantu dia mencari pekerjaan paruh waktu dalam bidang fotografi atau menjual karya fotografinya secara online.

Bila dia menjual makanan, ya bantu dia mempromosikan dagangannya baik secara langsung atau melalui media sosial. Atau, kamu bisa memperkenalkan pacar kamu ke teman kamu lainnya yang dapat membeli jasa atau barang dagangan dari pacar kamu. 

Ya, ini juga cara yang baik untuk membuat pacar kamu tetap semangat. Di saat yang sama, kamu juga mendorongnya untuk mengembangkan bisnis, menemukan potensi baru, dan sama-sama berjuang melewati masalah ini. 

Baca Juga: Ini Artinya Saat Cowok Bilang Sayang tapi Bukan Pacar

8. Beri rekomendasi menjual preloved barang

Bila memang pacar kamu sangat terdesak membutuhkan uang dalam waktu cepat, alternatif lain adalah memberinya rekomendasi untuk menjual barang-barang preloved miliknya. 

Bila kamu tahu oh dia punya sepasang sepatu yang tidak pernah digunakan karena kekecilan, atau setelan baju yang kebesaran, atau kamera yang tidak digunakan lagi, ya beri saran untuk dijual saja di marketplace

Barang-barang preloved seperti itu pasti banyak peminatnya dan cenderung cepat laku. Hitung-hitung merapikan lemari atau ruangan juga. 

9. Traktir makan 

Walaupun kamu tidak bisa meminjamkan pacar kamu uang, kamu bisa sedikit menghiburnya dengan traktir dia makanan. Namun, bukan berarti harus traktir makanan mewah. Dia malah akan berpikir bahwa kamu tidak mau meminjamkan dia uang tapi kok malah menghabiskan uang itu untuk makanan.

Mungkin traktir makan biasa beberapa kali saja. Mungkin dia jadi bisa menghemat sejumlah uang untuk makan. Plus, kamu bisa duduk menemani dia curhat sambil makan. 

10. Tetap mendukung dia dengan cara lain

Bagaimana pun, tetap dukung pacar kamu. Kamu bisa memberi jalan atau solusi agar dia bisa mendapatkan uang tambahan atau tetap peduli padanya dengan bertahan bersamanya. 

Ini bukti bahwa kamu tetap setia bersama pacar dalam suka dan duka. Selain itu, kamu punya alasan kenapa tidak mau meminjamkan pacar uang karena khawatir hubungan bisa rusak karena masalah hutang.

Itulah beberapa cara menolak pacar pinjam uang. Semoga bisa membantu! 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s