6 Ciri Gebetan Belum Move On dari Mantannya

Kamu sedang mendekati seseorang namun sepertinya hatinya masih terjebak dengan cerita masalah dengan si mantan. Pahami ciri gebetan belum move on dari mantannya pada pembahasan ini agar kamu tidak patah hati banget! 

Ciri Gebetan Belum Move On dari Mantannya

Sebelum kamu melangkah lebih jauh untuk mendekatinya, cek dulu gimana keadaan hatinya. Siapa tahu dia belum move on dari mantan atau stuck sama seseorang di masa lalunya?

Berikut ini beberapa ciri-ciri orang yang belum move on dari matan: 

1. Pikirannya kemana-mana 

Kamu ada bersamanya, mengobrol dengannya, atau secara fisik dekat dengan dia, namun pikirannya seperti kemana-mana terutama saat mulai membicarakan hal-hal personal atau emosional. Dia juga cenderung tidak mau terbuka atau berbagi atau berusaha untuk dekat sama kamu dari hati ke hati. 

Dia selalu terlihat sedang memikirkan orang lain atau dia tidak sepenuhnya hadir dalam obrolan atau kebersamaan kalian. 

Jadi itu mungkin saja karena gebetan kamu masih belum move on. Walaupun mereka sudah putus, namun secara mental dan emosional dia masih bersama sang mantan itu. 

2. Masih suka curhat tentang mantannya

Bila gebetan kamu masih suka curhat tentang mantannya, itu bisa jadi karena dia belum bisa merelakannya. Entah curhatan itu berupa kesedihan, kemarahan, kebingungan, penyesalan, atau cerita kebahagiaan bersama mantannya dulu. 

Dia selalu punya cara untuk memasukan obrolan tentang mantannya dalam pembicaraan kalian, walaupun kamu tidak mau dengar itu. Misalnya, gebetan kamu cerita tentang tempat makan mie ayam paling enak menurutnya namun ujung-ujungnya dia akan cerita bahwa itu tepat makan mie ayam favorit mantannya dan mereka senang ke sana dulu. 

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Gebetan PHP yang Baiknya Harus Kamu Tinggalkan Saja

3. Ingin mengulang kebiasaan sama mantannya dengan kamu

Bila gebetan kamu belum move on dari mantannya, biasanya dia akan mau jalan atau ngobrol sama kamu karena dia berpikir kamu sama seperti mantannya. Dia akan mencoba mengulangi aktivitas sama mantannya bersama kamu. 

Dia memiliki kebersamaan dan rutinitas bersama mantannya yang belum bisa dia lupakan, hingga dia ingin menciptakan kembali kenagan lama bersama mantannya sam kamu, namun tidak mau membangun kenangan baru bersama kamu. 

Biasanya orang yang belum move on akan mengatakan ini, ‘iya, dulu aku sama mantan juga suka ke sini. bagus kan?’ atau hal-hal repetisi seperti itu. 

4. Masih berusaha menghubungi mantannya

Ciri gebetan belum move on dari mantannya adalah dia mencoba menghubungi mantannya baik secara langsung atau tidak langsung. Mungkin dia masih chat mantannya, DM di sosmed, atau bertanya kabar mantannya dari temannya. 

Bila kamu mengetahuinya dan itu benar, sudah jelas bahwa itu tandanya gebetan belum move on dari mantannya, apalagi kalau mereka baru putus 1-2 bulan lalu. 

5. Dia terlihat sedih 

‘I’ve been looking sad in all the nicest places

I see you around in all these empty faces’

TS

Seseorang selalu terlihat sedih karena masalah percintaan, kamu bisa melihat dari wajah dan gerak-geriknya. Padahal hidupnya baik-baik saja secara umum dan sekarang dia dekat sama kamu untuk teman ngobrol dan sebagainya, namun dia selalu terlihat dan terasa sedih. 

Dia mungkin cerita tentang pengalaman masa lalunya dengan si mantan, mungkin juga tidak, namun dia hanya terlihat tidak bisa mencintai orang lain. Walaupun demikian, dia bisa berkenalan sama kamu dan mungkin gebetan lainnya, namun hatinya masih terkunci dan belum sembuh. 

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Gebetan Susah Diajak Ketemu

6. Tidak bisa komitmen sama kamu

Ciri-ciri orang yang belum move on dari matannya yang paling jelas adalah saat dia tidak bisa memiliki komitmen sama kamu padahal hubungan kalian sudah sangat dekat lebih dari sekadar teman. 

Ya, seseorang tidak bisa komitmen pada hubungan bisa memiliki ribuan alasan lain seperti mungkin dia sedang ada masalah keluarga, finansial, urusan karir, dan sebagainya. 

Tapi kamu bisa melihat perbedaannya dengan jelas (semoga) saat seseorang tidak mau komitmen hanya karena dia belum sembuh atau tidak mau sembuh dari cerita masa lalu bersama mantannya. Dia dan perasaannya belum selesai walaupun si mantan sudah pergi jauh. 

Baca Juga: Kenapa Masih Memikirkan Mantan? 10 Alasan Masuk Akal

Bila begini, sebenarnya kamu juga tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Bila dia tidak bisa move on, hingga stres, atau depresi, maka sebaiknya hubungi profesional ya. 

Sementara itu, kamu juga tidak bisa memaksa gebetan kamu untuk cinta dan sayang sama kamu saat hatinya juga berantakan. 

Ya, keputusannya ada di kamu apa mau lanjut atau memberikan waktu dan dukungan agar dia move on dulu. Kamu juga punya pilihan untuk membantunya move on bila dia benar-benar ingin move on.

Referensi: 

  1. Schumacker, Lauren. 2018. 8 signs the person you’re dating is still hung up on their ex. insider.com/signs-someone-not-over-ex-2018-8?amp. (Diakses pada 30 September 2021).
  2. Relationship Coaching Site. 2021. 10 Signs You Haven’t Moved On From Your Ex. relationshiphero.com/amp/blog/10-signs-you-haven-t-moved-on-from-your-ex. (Diakses pada 30 September 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s