11 Alasan Pria Menatap Wanita Lama

Ada berbagai alasan kenapa cowok menatap wanita lama, salah satunya bisa jadi karena dia tertarik pada wanita tersebut. Pahami apa saja alasan pria menatap wanita pada pembahasan berikut ini. 

Alasan Pria Menatap Wanita Lama

Bahasa tubuh menyimpan banyak makna tersirat yang mungkin tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Salah satunya adalah tatapan, yang biasanya berarti ada ketertarikan atau memendam perasaan tertentu. 

Bila kamu mendapati seorang pria menatap kamu lama dan itu sering terjadi (secara diam-diam), berikut ini beberapa alasannya (mungkin): 

1. Kamu Menarik

Penampilan kamu cukup menarik hingga mengalihkan pandangannya. Bukan berarti dia tipe cowok yang hanya melihat fisik belaka, tapi mungkin kehadiran kamu saat itu memang cukup memukau dan membuat dia ingin menatap kamu. 

Ini seperti saat kamu melihat tiba-tiba melihat AgnezMo di jalan (misalnya), otomatis kamu pasti akan menatapnya karena penampilannya menarik dan dia membawa aura yang besar. 

2. Dia Ingin Kenal Kamu 

Alasan pria menatap wanita lama mungkin karena dia ingin mengenal kamu. Bisa jadi ingin mengenal kamu secara personal, ingin menjadi teman, atau tertarik untuk memiliki hubungan romantis sama kamu. 

3. Dia Tertarik sama Kamu 

Ada sesuatu di dalam diri kamu yang membuat dia tertarik sama kamu, entah penampilan kamu, citra diri kamu, gagasan kamu, atau apapun itu. 

Misalnya dia teman kampus kamu dan dia sering menatap kamu saat berpapasan di kantin, nah bisa jadi dia mendengar rumor kehebatan kamu dan ingin ngobrol sama kamu tentang suatu hal. Sebenarnya konteksnya bisa sangat luas, namun intinya dia mau kenalan sama kamu bila dia sering menatap kamu lama tanpa bicara. 

Baca Juga: Apa yang Ada di Pikiran Cowok saat Dipeluk Cewek?

4. Dia Ingin Mendekati Kamu Lebih dari Teman 

Mungkin kalian sudah berkenalan dan diam-diam cukup dekat. Bila dia selalu menatap kamu dengan tatapan dalam yang berbeda, mungkin saja itu berarti dia ingin memiliki hubungan lebih dari teman sama kamu. 

Lihat saja gesturnya, cara dia bicara sama kamu, dan cara dia memperlakukan kamu. Kamu pasti paham bila dia sedang PDKT sama kamu. 

5. Dia Ingin Memastikan Apakah Kamu Tertarik Juga sama Dia 

Dia tertarik sama kamu namun dia tidak yakin apakah kamu juga merasakan hal yang sama. Jadi, dia hanya bisa menatap kamu lama sambil menahan rasa gugup serta mencoba mengontrol dirinya sendiri saat kamu ada di sekitarnya. 

Bila begini, cek juga tanda-tanda cowok naksir kamu seperti dia mulai mengajak kamu ngobrol, tipikal PDKT, menunjukan kepedulian, atau bahkan mengajak kamu kencan. 

6. Kamu yang Menatap Dia Lebih Dulu 

Awalnya mungkin kamu tidak sengaja punya kontak mata sama dia, lalu menatap dia, sehingga dia juga mencuri pandang ke kamu. Kemudian dia tidak sengaja menatap kamu lama dan tidak jelas apa maksudnya.

Dia mungkin hanya mencoba mengikuti kamu. Misal kalian memang sering bertemu, ya dia cenderung akan tersenyum karena kamu senyum padanya, mengajak bicara karena kalian sedang bersama, dan ya melebur saja dengan suasana dan sesuai kondisinya.

7. Dia Menyayangi Kamu

Bila kalian memang sudah dekat atau berpacaran, tentu dia akan sering menatap kamu karena dia menyayangi kamu. Dia mendengarkan kamu, ingin menyampaikan sesuatu, atau sekadar mengagumi kamu. Bila konteksnya memang tentang hubungan personal yang romantis, sangat wajar dan bahkan pasangan kamu wajib menatap mata kamu lama sebagai ekspresi sayang. 

Baca Juga: 11 Cara Membuat Orang Tertarik pada Kita Tanpa Berusaha 

8. Dia Punya Masalah sama Kamu 

Kebalikan dari poin sebelumnya, alasan pria menatap wanita lama mungkin karena kamu sedang punya masalah sama dia. Ya, tatapan sinis penuh kemarahan mungkin.

Biasanya ini terjadi bila kalian sedang terlibat sebuah perdebatan atau masalah tertentu. Kamu tentu bisa membedakan mana tatapan jahat dan mana tatapan sayang. 

9. Dia Hanya Suka Melamun Saja

Mungkin tatapan itu tidak artinya karena dia memang sedang melamun. Sedang melamun biasa atau memikirkan kamu sambil melamun? Who knows? 

Biasanya orang melamun tatapannya kosong walaupun matanya mengarah fokus pada satu titik. Kamu amati saja kebiasaannya apakah dia suka melamun atau dia sedang memerhatikan kamu melalui tatapannya. 

10. Mungkin Dia Memang Terbiasa Menatap Mata Lawan Bicaranya 

Berbeda konteks, bila kalian memang sedang bicara serius atau mengobrol santai, sangat wajar bila dia menatap mata kamu. Ya, menatap mata lawan bicara adalah bagian dari ilmu komunikasi. 

Kamu bisa lihat bila dia juga menatap mata lawan bicaranya yang lain. Bila begitu, jangan GR ya karena dia memang anak baik yang suka menatap mata lawan bicaranya. 

11. Unpopular Opinion

Aku pernah membaca sebuah quotes tapi tidak ingat sumbernya, yang mengatakan: 

“Bila seseorang menatap kamu lebih dari 10 detik. Ada dua kemungkinan, dia ingin mencium kamu atau membunuh kamu. Dia sangat membencimu atau dia sangat mencintaimu”.

Itulah beberapa alasan pria menatap wanita lama. Bila pria itu sosok yang kamu kenal atau familiar karena dia berada di sekitar kamu, kemungkinannya dia tertarik sama kamu, ingin dekat, atau sekadar tidak suka saja. Bila orang asing yang menatap kamu lama, kamu harus cepat-cepat minta bantuan karena itu cukup mencurigakan.

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s