8 Alasan Logis Kenapa Kamu Diblokir di Media Sosial

Tidak ada angin atau hujan, tiba-tiba teman kamu atau seseorang memblokir kamu di media sosial dan kamu bingung kenapa. Cek kenapa seseorang bisa blokir sosmed kamu tiba-tiba dalam pembahasan ini. 

Alasan Logis Kenapa Seseorang Blokir Kamu di Media Sosial 

Saat ini, interaksi via media sosial dianggap penting dan dijadikan sebagai indikator nilai pertemanan atau hubungan dengan orang lain. Interaksi seperti kamu harus memberi love atau komen baik ke akun teman baik menjadi tanda bahwa hubungan kalian baik. 

Sebaliknya, saat seseorang blokir kamu di media sosial, itu berarti juga ada masalah atau akan menimbulkan masalah di dunia nyata. Sebelum menyalahkan orang yang blokir kamu sebagai orang yang tidak dewasa, simak dulu beberapa alasan masuk akal kenapa dia memblokir kamu di media sosial: 

1. Kamu Menyebalkan

Kamu dianggap menyebalkan atau toksik sehingga dia blokir kamu di seluruh media sosial. Mungkin saja masalahnya hanya dia merasa tidak nyaman dengan konten kamu atau dirimu versi media sosial, namun sebenarnya dia baik-baik saja untuk berteman dengan kamu di dunia nyata. Jadi, dia blok kamu di media sosial karena dia lebih suka versi nyata dari diri kamu. 

Sebaliknya, bisa juga dia menilai kamu adalah orang yang menyebalkan baik di dunia maya dan dunia nyata, jadi dia merasa harus blok kamu dan mungkin sama sekali tidak mau berteman dengan kamu. 

Baca Juga: 9 Alasan Kenapa Mantan Blokir Kita

2. Dia Punya Masalah Personal sama Kamu 

Bila kamu kenal dekat dengan orang tersebut, lalu dia blokir kamu di media sosial, ya mungkin karena kalian sedang punya masalah personal. Ini biasanya terjadi pada pacar, teman, atau mantan kamu.

Karena satu dan lain hal, mantan kamu (misalnya) memang harus blokir kamu agar hidupnya tenang. Bila begitu, ya biarkan saja dia blokir kamu. 

Namun bila teman atau pacar kamu yang blokir kamu sementara kamu masih ingin memiliki hubungan baik sama mereka, yang coba selesai dulu masalah kalian dan jalin hubungan personal yang lebih dalam lagi kemudian. 

3. Konten Kamu Selalu Menyindir atau Menebar Kebencian

Sosial media adalah tempat untuk berekspresi, namun tetap ada aturannya juga. Bukan berarti kamu bisa selalu mengunggah konten yang menyindir orang lain dengan negatif, menyerang seseorang, atau bahkan menebar kebencian. 

Orang-orang yang tidak nyaman dengan konten seperti itu punya hak untuk unfollow kamu, blok kamu, atau bahkan me-report kamu ke pihak penyelenggara media sosial tersebut. Jadi, mohon tetap bijak menggunakan media sosial ya! 

4. Kamu Spamming Banget 

Apa setiap 5 menit sekali kamu update status tidak penting, membagikan Instastory dari bangun tidur hingga tidur lagi, unggah foto selfie, atau curhat di sosmed? Bila begitu, wajar saja seseorang punya alasan kenapa dia blokir kamu. 

Baca Juga: Kenapa Cowok Tidak Mau Pasang Foto Kita di Media Sosial?

5. Dia Tidak Mau Berurusan sama Kamu Lagi 

Entah apa alasannya, seseorang mungkin memang tidak mau berurusan sama kamu lagi baik secara langsung atau di media sosial. Dia tidak peduli kabar kamu dan sebagainya, jadi dia memilih untuk blokir kamu selamanya. 

Ya, dia punya hak untuk memblokir siapa saja. Hanya bila kamu merasa harus memperbaiki hubungan dengan orang itu, ya kamu bicarakan secara langsung dan cari solusi agar bisa berbaikan. 

Bila kamu merasa tidak masalah dan kamu juga tidak peduli dengan orang itu, ya biarkan saja. Tetap gunakan media sosial dengan baik untuk terkoneksi dengan orang-orang yang kamu pedulikan. 

6. Kamu Sering Menyebar Berita Hoaks 

Alasan kenapa dia blokir kamu mungkin karena kamu terlalu toksik selalu menebar konten atau link berita hoaks. Kamu membuat orang lain yang melihat konten itu menjadi resah dan sakit kepala. Bila begitu, wajar saja dia blokir kamu di medsos. 

7. Kamu Membagikan Konten Tidak Pantas 

Media sosial bisa menjadi wadah inspiratif untuk membagikan informasi, cerita, pekerjaan, dan hal-hal baik lainnya. Sebaliknya, bila kamu terlalu sering membagikan konten tidak pantas seperti pornografi, pelecehan, kekerasan, komentar negatif, dan hal-hal menjijikan lainnya maka wajar saja bila orang unfollow atau blokir kamu. 

8. Kamu Sering Tertangkap Stalking Seseorang

Kenapa dia blokir kamu? Mungkin karena dia tahu kamu terlalu sering stalking di akun dia secara agresif atau kamu mengirimkan komentar atau DM tidak pantas. Walaupun ini adalah media sosial, tetap harus sopan dan tidak mengganggu orang lain. 

Nah, itulah beberapa alasan kenapa dia blokir kamu di media sosial. Coba intropeksi malam ini apakah aktivitas kamu di media sosial mengganggu atau menyinggung orang lain. Jadi, gunakan media sosial untuk hal-hal baik saja, ya!

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s