Adakah Perbedaan Bibir yang Sudah Ciuman yang Belum?

Seperti apa rasanya berciuman dan bagaimana contoh bibir yang pernah berciuman? Ayo berdiskusi tentang adakah perbedaan bibir yang sudah ciuman dan yang belum dalam pembahasan ini! 

Adakah Perbedaan Bibir yang Sudah Ciuman yang Belum? 

Bagi remaja yang belum pernah berciuman atau seseorang yang berniat akan mencium pasangannya untuk pertama kalinya, mungkin muncul pertanyaan apakah ciuman itu menimbulkan bekas atau ciri perbedaan pada bibir. Juga terkait rumor apakah garis bibir berubah setelah ciuman, menjadi bengkak, bibir jadi lebih besar, tidak merah lagi, dan sebagainya. 

Apakah itu semua fakta atau mitos belaka? 

Kami melakukan penelitian di internet namun sayangnya tidak ditemukan jurnal atau website luar negeri terpercaya yang membahas topik tersebut, mungkin karena hal-hal tersebut tidak menjadi masalah bagi kebudayaan mereka. 

Namun bila boleh menuliskan beberapa informasi dari orang yang memiliki pengalaman ciuman berkali-kali, kamu mungkin harus mendengar ini: 

  • Ciuman tidak membuat bibir bengkak, kecuali bila kamu berciuman dengan sangat kasar hingga ada benturan atau luka di antaranya. 
  • Tidak ada kaitan antara ciuman dan bibir jadi tebal atau besar. Kamu mungkin merasa ada sensasi bibir jadi lebih tebal namun itu hanya sementara saja. Ciuman tidak juga membuat bibir kamu jadi lebih tipis dari sebelumnya. 
  • Terlalu sering menghisap bibir dengan kuat bisa menyebabkan hiperpigmentasi atau warna bibir jadi gelap. Namun, warna bibir kamu bisa menjadi lebih gelap akibat faktor lain yaitu dehidrasi, efek merokok, paparan sinar matahari, reaksi alergi pada lipstik atau pasta gigi, kekurangan vitamin, atau efek dari kondisi medis tertentu. Jadi, ciuman sesekali tidak serta merta membuat bibir kamu tidak merah merona secara alami lagi. 

Semua hal tentang apa yang terjadi setelah ciuman bibir juga terganggu dengan ciuman jenis apa dan bagaimana pasangan kamu mencium kamu. Bila pasangan kamu seseorang yang ahli berciuman, tentu saja dia tahu caranya untuk membahagiakan dan tidak melukai bibir kamu selama ciuman. Rasanya pun pasti luar biasa. 

Baca Juga: 10 Cara Ciuman Agar Wanita Nyaman

Adakah Efek Samping Setelah Ciuman bagi Fisik? 

Masih membahas tentang adakah perbedaan bibir yang sudah ciuman dan yang belum, berikut ini risiko secara fisik yang mungkin terjadi setelah ciuman: 

Alergi Ciuman 

Presiden American College of Allergy, Asma dan Imunologi (ACAAI), ahli alergi Sami Bahna, MD, menyampaikan bahwa kamu bisa mengalami reaksi alergi bila kamu berciuman dengan seseorang yang baru saja makan atau konsumsi obat yang membuat kamu alergi. Walaupun mungkin pasangan kamu sudah sikat gigi dan menunggu beberapa jam, air liurnya bisa mentransfer alergen tersebut pada kamu melalui ciuman. 

Bibir Pecah-Pecah 

Bibir terdiri dari jaringan yang lembut dan hanya dilindungi oleh 3-5 lapisan pelindung kulit saja. Bila ciuman terlalu sering dan kasar, itu bisa membuat bibir pecah-pecah. 

Selain itu, air liur pasangan mengandung enzim pencernaan yang keras seperti amilase dan maltase, yang ditransfer ke bibir kamu lalu menguap dan mengambil kelembapan dan minyak alami bibir. Berisiko membuat bibir jadi kering dan pecah-pecah, namun itu hanya terjadi bila ciuman kalian terlalu brutal ya. 

Sementara itu, bila kalian berciuman dengan pasangan yang kamu sayang (juga menyayangiku) dan melakukannya dengan lembut serta penuh perasaan, ciuman itu tidak akan melukaimu. 

Baca Juga: 20 Cara Ciuman agar Membuat Dia Melayang 

Pada intinya, kita bisa menarik kesimpulan bahwa sepertinya tidak ada perbedaan bibir sudah ciuman yang belum. Konsepnya sama seperti kamu mencium pipi atau kulit seseorang, tidak ada yang berubah, kan? Ciuman bibir adalah bentuk ekspresi cinta yang manis yang bisa membuat kamu dan pasanganmu bahagia.

Referensi:

  • Frothingham, Scott. 2018. 16 Ways to Lighten Dark Lips. healthline.com/health/dark-lips. (25 September 2021). 
  • Nordqvist, Christian. 2020. Kissing Can Trigger Allergic Reactions In Susceptible People, As Can Sex. medicalnewstoday.com/articles/207934#1. (25 September 2021). 
  • WIDTH, NICOLE. 2020. What Happens To Your Lips When You Kiss Too Much. thelist.com/236794/what-happens-to-your-lips-when-you-kiss-too-much/. (25 September 2021). 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s