Kenapa Kucing Suka Gigit Tiba-Tiba?

Kucing kamu suka menggigit kamu saat bermain? Apakah itu tanda cinta atau kucing sedang marah sama kamu? Ketahui kenapa kucing suka menggigit dan apa artinya.  

Kenapa kucing suka gigit? 

Walaupun sangat imut dan menggemaskan, kucing terlahir sebagai predator yang artinya secara alami kucing suka menggigit, mencakar, menerkam, atau bahkan menyerang.

Ada banyak arti dari gigitan kucing kamu. Itu bisa jadi tanda komunikasi, ingin bermain, sayang sama kamu, namun bisa jadi tanda kemarahan kucing. 

Pahami penyebab kenapa kucing suka gigit jari tuannya, berikut ini: 

1. Mencoba komunikasi sama kamu 

Ada banyak arti kenapa kucing suka menggigit tiba-tiba, salah satu artinya mungkin si kucing sedang mencoba komunikasi atau memberi kamu sebuah pesan. Bila meow meow si kucing tidak kamu tanggapi, si kucing mungkin akan mulai menggigit untuk meminta perhatian kamu atau meminta kamu berhenti melakukan sesuatu untuk mengajaknya bermain. 

Saat kamu sedang elus-elus atau petting kucing lalu dia menggigit, itu mungkin tanda bahwa kamu tidak melakukan petting dengan benar. Jadi, bila kucing kamu tiba-tiba gigit kamu, coba ajak dia ngobrol dulu ya. Mungkin saja ada hal penting yang ingin kucing sampaikan. 

2. Sedang gemas bermain

Kamu mungkin sedang bermain bersama kucing, nah dia tiba-tiba gigit kamu. Si kucing gigit kamu mungkin karena gemas atau merasa permainannya seru banget. 

Si kucing tidak menyadari atau bahkan tidak punya naluri untuk memahami bahwa gigitannya itu menyakitkan. Ya, mau bagaimana lagi?

Coba latih kucing kamu untuk bermain dengan mainan yang bisa digigit dan dicakar. Beri kucing kasih sayang juga dan ajari bahwa dia tidak boleh menggigit kamu. 

Baca Juga: Mengapa Kucing Takut Mentimun? Ini Kata Pemerhati Binatang

3. Love bites 

Gigitan tanda sayang dari kucing kamu, benarkah begitu? Menurut  Dr. Stelow, belum banyak penelitian tentang gigitan cinta dari kucing, sebagian besar hanya berupa spekulasi. 

Saat kamu sedang mengelus-elus kucing lalu digigit, bisa jadi itu tanda bahwa kucing sudah merasa cukup dan sudah selesai. Mengingat setiap kucing juga memiliki sifat berbeda, tidak benar-benar bisa disimpulkan kenapa kucing suka menggigit pemiliknya. 

4. Kucing agresif 

Kucing kamu mungkin merasakan kemarahan, frustasi, atau tidak nyaman. Dia bisa mengekspresikannya dengan gigitan. 

Bila kucing memang sedang marah, dia bisa menggigit kamu sambil mengerang atau menunjukan ekspresi marah dan tidak suka. 

Nah, coba ajarkan si kucing untuk bisa mengekspresikan rasa frustasinya dengan cara yang lebih manis. Gendong atau elus-elus kucing peliharaan kamu, beri makan, dan buat si kucing jadi tenang lagi.

Baca Juga: 10 Tanda Kucing Tidak Menyukai Kamu

5. Bentuk perlawanan 

Alasan kenapa kucing suka menggigit kamu mungkin sebagai bentuk perlawanan. Bila kucing diganggu, tentu dia akan melawan dengan cara menggigit, menerkam, dan mencakar. 

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kucing suka menggigit tiba-tiba. Bila kucing kebiasaan suka gigit kamu sampai terluka, ya sebaiknya kamu ajari lagi kucing kamu dan berikan dia mainan lain yang bisa digigit.

Referensi: 

  1. PetMD Editorial. 2018. Cat Love Bites: What Do They Mean?. petmd.com/cat/behavior/cat-love-bites-what-do-they-mean. (Diakses pada 23 September 2021). 
  2. Purina. 2021. How to Stop Your Cat Biting. purina.co.uk/articles/cats/behaviour/training/stop-cats-biting. (Diakses pada 23 September 2021). 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s