Bukan Nggak Sayang, Ini Alasan Pasangan Tidak Cemburu

Katanya cemburuan tanda sayang, namun bagaimana bila pasangan kamu seperti tidak pernah menunjukan kecemburuan saat kamu sedang bersama lawan jenis? Bukan berarti dia tidak sayang kamu, ketahui kenapa dia tidak pernah cemburu dalam pembahasan ini. 

Kenapa pasangan tidak pernah cemburu? 

Kecemburuan adalah bentuk dari rasa takut, khawatir, tidak aman, dan kehilangan atas kepemilikan atas seseorang atau sesuatu. Rasa cemburu juga menggambarkan emosi kemarahan, ketidakmampuan, tidak berdaya, kesedihan, dan campuran dendam. 

Banyak pasangan yang menganggap cemburu adalah tanda cinta. Beberapa orang (pacar) bahkan mungkin merasa tersanjung dan berbunga-bunga saat pacarnya cemburu, merasa itu sangat imut dan tandanya dia peduli sama kamu. Awalnya mungkin begitu, namun cemburu berlebihan bukanlah bahasa cinta yang baik. 

Jadi kalau dia tidak cemburu, itu bukan masalah. Pahami alasan kenapa pacar tidak cemburu: 

1. Dia percaya kamu

Dia percaya kamu dan dia percaya kamu bisa memegang kepercayaan yang dia beri pada kamu. Jadi, dia memberi kamu kebebasan yang seharusnya di mana kamu bisa tetap bergaul, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan banyak orang termasuk hal lawan jenis. Dan itu adalah hal yang wajar. 

Mungkin di luar sana memang banyak orang yang sangat cemburuan dan posesif pada pacarnya dengan alasan itu tanda sayang. Namun, sering kali perilaku posesif, mengekang, cemburuan, atau menganggap pasangan sebagai miliknya sepenuhnya adalah hal buruk. Kamu tentu tidak mau bersama orang seperti itu.

2. Dia mengenal kamu sangat dalam

Alasan kenapa pacar tidak cemburuan adalah karena dia sudah mengenal kamu sangat dalam. Dia tahu dan mengenal semua teman dan lingkungan kamu, sehingga tidak ada ruang untuk cemburu. 

Dia juga paham bahwa lawan jenis yang ada di lingkungan kamu bukan tipe kamu, walaupun kamu bersikap baik dengan mereka bukan berarti kamu ingin memiliki hubungan emosional dengan mereka. Intinya, dia sangat mengerti sifat, karakter, dan kehidupan kamu. Dia juga yakin kamu tidak akan mengkhianati dia, sehingga tidak perlu cemburu atau mengikat kamu dengan cara yang salah. 

Baca Juga: 19 Tanda-Tanda Pacar Sudah Tidak Sayang Lagi

3. Dia memang bukan tipe orang cemburuan 

Sederhana saja, pacar kamu memang bukan tipe pencemburu. Dia tidak suka dengan drama semacam itu. Pacar kamu juga bukan tipe pasangan posesif, emosional, suka menuduh, kepoan, atau suka mengekang. 

Pasangan kamu tahu bahwa kamu harus memiliki teman-teman, pergaulan, lingkungan, dan kesibukan lain di luar hubungan kalian. Dia menghargai kamu dan kebebasan kamu, sementara kalian juga memiliki rasa tanggung jawab dan kepercayaan sehingga buat apa lagi harus cemburu. 

4. Dia memiliki emosi yang stabil

Tidak cemburu bisa menjadi tanda bahwa dia memiliki emosi yang stabil dan seimbang. Sebelum dia cemburu atau menuduh kamu, dia mungkin sedang berpikir dan menganalisis apa yang sebenarnya terjadi. Dia juga akan mengontrol emosi agar tidak meledak, panik, overthinking, dan sedih berlebihan saat melihat kamu bersama orang lain. 

5. Dia lebih suka bertanya dan mencari solusi bila merasa cemburu

Bila dia merasa curiga dengan hubungan kamu bersama lawan jenis yang rasanya sudah kelewat batas, dia tidak suka menunjukan kecemburuan namun lebih memilih untuk bicara langsung dan mencari solusi bersama. 

Daripada ngambek, berulah, marah, atau bertingkah tidak jelas karena kecemburuan, pacar kamu lebih memilih untuk kalem dan duduk berdua membicarakannya. 

6. Dia tahu kamu tidak akan berpaling 

Alasan kenapa dia tidak cemburu sama sekali adalah karena dia paham dan yakin kamu tidak akan berpaling dari dia. Kalian memiliki hubungan yang luar biasa, dewasa, kasih sayang, kepedulian, dan cinta yang tulus. Kalian juga terus bekerja sama untuk menjalani hubungan sehat dan langgeng. 

Dengan begitu, kepercayaan dan cinta kalian terus terjaga. Satu sama lain percaya bahwa tidak akan ada yang mampu untuk berpaling atau selingkuh. 

Baca Juga: 6 Cara Membuat Pacar Menghubungi Duluan

7. Dia tidak mau membuat kamu malah jadi menjauh 

Katanya cemburu tanda sayang, namun cemburu berlebihan dan sering malah akan membuat pasangan menjauh. Sebagian orang juga menganggap rasa cemburu tak beralasan itu konyol. 

8. Dia fokus meningkatkan kualitas hubungan 

Seperti yang sudah disebutkan, cemburu bukanlah bahasa cinta yang bijaksana. Agar hubungan sehat, sebaiknya kedua belah pihak fokus untuk meningkatkan hubungan dan bonding satu sama lain. 

Saling mengenal satu sama lain lebih dalam lagi, meningkatkan chemistry, menjaga kepercayaan, menunjukan kasih sayang, dan sebagainya. Bila begitu, hubungan sangat berkualitas dan tidak perlu kecemburuan. 

9. Dia ingin mencintai kamu dengan cara seimbang

Dia tidak perlu menghabiskan energi untuk cemburu sama kamu dan lawan jenis di sekitar kamu, namun dia akan menggunakan energi itu untuk mencintai kamu dengan seimbang serta terus menginvestasikan bagian darinya untuk mencintai kamu.

Referensi: 

Pococh, Courtney. 2017. Is It Normal If Your Boyfriend Never Gets Jealous?. everydayknow.com/is-it-normal-if-your-boyfriend-never-gets-jealous/. (Diakses pada 28 Agustus 2021). 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s