8 Alasan Kenapa Anjing Makan Kotorannya Sendiri

Bagi pecinta anjing, mungkin kamu bertanya-tanya kenapa anjing kamu tiba-tiba memakan kotorannya sendiri dan bahkan tetap mengulanginya berkali-kali walaupun sudah kamu larang.

Yuk, sama-sama pelajari alasan kenapa anjing makan pupnya sendiri dan bagaimana cara mengatasinya dalam pembahasan ini. 

Kenapa anjing makan kotorannya sendiri? 

Anjing yang cenderung suka makan kotorannya sendiri disebut sebagai kondisi canine conspecific coprophagy atau coprophagia dalam istilah ilmiah. 

Jangan Langsung memarahi anjing kamu saat mendapatinya makan kotorannya sendiri. Pahami dulu kondisi dan penyebab yang mungkin terjadi sebagai berikut: 

1. Mengurus bayi anjing 

Anjing betina yang baru melahirkan akan cenderung memakan kotoran anaknya agar tempat tersebut tetap bersih. Ini adalah bentuk tanggung jawab dan kasih sayang ibu anjing pada anak anjing. 

Bila begitu, sebaiknya kamu bantu membersihkan feses puppy itu sebelum mama anjing memakannya. 

2. Anjing rakus 

Tipe anjing yang doyan makan atau rakus memiliki kecenderungan untuk makan kotorannya sendiri saat dia lapar namun tidak ada makanan lagi. Nah, jadi pastikan anjing kesayangan kamu cukup makan ya agar dia tidak makan kotorannya sendiri. 

3. Mencari perhatian kamu 

Alasan lain yang mungkin benar tentang kenapa anjing makan kotorannya sendiri adalah karena anjing mencari perhatian atau ingin bermain sama kamu. Terutama untuk anjing kecil atau puppy yang baru belajar, bisa jadi dia menganggap kotorannya seperti bola atau benda lainnya. 

Anjing kamu bisa merasa bahwa dia mendapat perhatian hanya saat menyimpan kotoran di mulut atau memakannya, dan dia bisa melakukannya lagi. Itu salah satu alasan kenapa anjing makan tainya sendiri.

Baca Juga: Mengapa Kucing Takut Mentimun? Ini Kata Pemerhati Binatang

4. Anjing mungkin sedang sakit 

Kondisi coprophagia sering dikaitkan sebagai tanda penyakit seperti masalah usus, perut, liver, dan bahkan otak. Bila anjing kamu tiba-tiba suka memakan makanan sendiri, mohon amati kesehatannya juga secara keseluruhan. 

Segera bawa anjing ke dokter hewan bila kondisi coprophagia juga diikuti dengan gejala tidak nafsu makan, penurunan berat badan, mual dan muntah, perubahan perilaku, lesu, atau tanda aneh lainnya baik dari fisik dan emosional anjing. 

5. Mengalami gangguan kecemasan 

Sama seperti manusia, anjing mungkin mengalami gangguan kecemasan juga. Salah satu tandanya adalah anjing memakan kotorannya sendiri. 

Ada beberapa faktor kecemasan pada anjing, seperti saat jauh dari pemiliknya, merasa stres, sering dimarahi, tidak bisa beraktivitas bebas, bosan, dan sebagainya. Nah, coba cek kondisi kesehatan mental anjing kesayangan kamu sekarang! 

6. Takut dihukum 

Bila kamu sering memarahi anjing misal karena anjing suka membuat rumah jadi kotor, maka anjing cenderung akan memakan kotorannya sendiri sebagai cara untuk menghilangkan bukti agar tidak kamu hukum lagi karena rumah kotor. Nah, jangan suka marahi si guguk ya! Ajari saja pelan-pelan. 

7. Mencontoh kebiasaan anjing lain 

Penyebab kenapa anjing makan kotorannya sendiri karena mencontoh temannya yang nakal. 

Mungkin teman anjing kamu ada yang suka makan kotorannya, sehingga anjing kamu juga ikut-ikutan. Mungkin biar tetap dianggap keren di circle pergaulan anjing, ya.

Sebagai ibunya, kamu harus mengawasi pergaulan anjing kamu ya! Jangan sampai terjerumus kenakalan anjing-anjing lain di komplek itu. 

Baca Juga: 13 Alasan Kenapa Hamster Makan Anak Sendiri dan Cara Mencegahnya

8. Terlihat enak 

Entah apa yang ada di pikiran si guguk. Anjing mungkin memakan kotorannya, kotoran temannya, atau bahkan kotoran hewan lain karena menurutnya terlihat enak. Kondisi ini patut diwaspadai ya bun karena ada banyak bakteri dan sumber penyakit di dalam kotoran atau feses itu. 

Nah, itu beberapa alasan kenapa anjing makan kotorannya sendiri. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera bersihkan poop anjing, beri perhatian, dan konsultasi dengan dokter hewan untuk solusi dan perawatan terbaik.

Referensi:

  • Sung, Wailani, MS, PhD, DVM, DACVB. 2020. Why Do Dogs Eat Poop?. petmd.com/dog/behavior/why-do-dogs-eat-poop. (Diakses pada 16 September 2021). 
  • Web MD. 2020. Why Does My Dog Eat Poop?. pets.webmd.com/dogs/why-does-my-dog-eat-poop#1. (Diakses pada 16 September 2021). 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s