Lakukan 12 Hal Ini Bila Pacar Menjauh Tiba-Tiba

Sering kali kita tidak tahu apa yang harus dilakukan bila pasangan menjauh tiba-tiba. Terlebih lagi saat kita berpikir dan merasa semuanya baik-baik saja. Kenapa pacar menjauh tanpa sebab dan tiba-tiba menghilang?

Bila kamu sedang merasa situasi galau seperti itu, tetap tenang dan baca semua tips yang harus kamu lakukan bila pasangan menjauh. 

Penyebab Pasangan Menjauh 

Sebelum mencari tahu cara mengatasi pasangan yang menghindar, pahami dulu kemungkinan dan penyebab dan tanda pacar menjauh tiba-tiba berikut ini: 

1. Tidak Siap dengan Hubungan Sejak Awal

Mungkin pasangan kamu memang tidak siap dengan komitmen sejak awal kalian bertemu. Dia tetap menjalani sama kamu mungkin hanya untuk mengisi waktu luang, main-main, atau dia tidak mengira hubungan kalian bisa kamu anggap sedalam ini. 

Ada banyak faktor kenapa seseorang tidak siap untuk komitmen dalam hubungan, seperti merasa masih terlalu muda untuk pacaran serius, memiliki luka masa lalu yang belum sembuh, atau mungkin belum memiliki kepribadian yang dewasa. Bila pasangan kamu memiliki masalah ini, tidak heran dia menjauh dari kamu pelan-pelan. 

2. Dia Tidak Secinta Itu sama Kamu

Penyebab pacar menghindar dari kamu, oh hell, mungkin dia memang tidak secinta itu sama kamu. Dia tidak mencintai kamu sebesar kamu mencintai dia. Rasa cinta dan kepedulian itu tidak seimbang. 

Akibatnya, dia bisa pergi kapan saja setelah dia bosan atau setelah dia menemukan orang lain. Saat tidak ada cinta yang cukup dalam hubungan, maka tidak ada alasan untuk tetap tinggal. 

3. Sedang Stres dalam Kehidupan 

Alasan kenapa pacar menjauh selanjutnya mungkin karena dia sedang sibuk dan stres dengan masalah hidup lainnya. Bisa jadi sedang banyak kerjaan, mengurus keluarga, sedang banyak tugas, atau hal-hal lain yang menyita perhatiannya. Bila kamu menyadari kondisi pasangan kamu memang sedang agak kacau, sebaiknya maklumi dan tetap mendukung dia. 

Baca Juga: 19 Alasan Kenapa Dia Hilang Tiba-Tiba Seperti Hantu (Ghosting)

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Pacar Menjauh?

Cara mengatasi pasangan yang menjauh tiba-tiba harus disesuaikan dengan penyebab dan kondisi masing-masing. Namun bila boleh memberi saran dari pengalaman pribadi, ini beberapa hal yang harus kamu lakukan bila pasangan menjauh tanpa sebab: 

1. Jangan Langsung Bereaksi 

Kamu mungkin menyadari adanya keanehan dalam komunikasi kalian yang ditandai dengan dia tidak membalas pesan atau chat kamu seperti biasanya. Mungkin dia mengabaikan kamu seharian atau lebih. 

Bila begitu, jangan langsung bereaksi apalagi panik. Tahan dulu, ya. Pikirkan saja bahwa semua orang itu sibuk termasuk dia, mungkin sedang mengerjakan sesuatu. 

2. Jangan Langsung Bertanya Apa yang Salah 

Bila pasangan menjauh, kamu pasti ingin segera bertanya apa yang salah. Kamu juga khawatir, takut, penasaran, dan segala emosi bercampur aduk. 

Sesungguhnya itu wajar, namun usahakan untuk tidak berlebihan. Bila kamu bawel bertanya kenapa pacar menjauh, besar kemungkinannya dia malah tambah lari dari kamu. 

3. Tetap Tenang dan Kalem 

Walaupun kamu tahu dia sedang online atau dia ada di sana, kamu harus tetap tenang, kalem, dan emosi terkontrol. Bila kamu memaksa dia untuk terbuka, bercerita kenapa mulai menjauh, atau sampai marah padanya, kemungkinan besar dia akan semakin menjauhi kamu. 

Jadi, kamu santai saja. Bisa mungkin sambil berdoa agar tidak ada hal buruk yang terjadi padanya dan semuanya semoga tetap baik-baik saja. 

4. Berikan Dia Waktu

Apa yang harus dilakukan ketika pacar menjauh? Berikan dia waktu yang dia butuhkan untuk sendirian. Dia mungkin butuh istirahat, ingin menyegarkan pikiran, atau apapun itu untuk membuatnya lebih tenang. 

Kamu juga harus menggunakan seluruh waktu itu untuk berpikir dan intropeksi diri. Ya, mungkin-mungkin saja ada perkataan atau tindakan kamu yang salah dan membuat pasangan menjauh? Namun, jangan overthinking, ya! 

Selain itu, memberikan ruang dan jarak dapat membuat hati semakin dekat. Biarkan dia menjauh dari kamu agar punya alasan untuk merindukan kamu kemudian.  

5. Bertanya dengan Baik 

Bila kamu sudah cukup tenang, sudah memberinya waktu, kamu juga sudah tahu kata-kata yang tepat dan siap untuk menghadapinya, silakan bertanya kenapa pacar menjauh. Bila pacar memberi alasan, pikirkan lagi secara logika (jangan bucin). Bila dia tidak memberi jawaban, nah itulah jawabannya: dia ingin berhenti berhubungan sama kamu. 

Baca Juga: 11 Cara Menghadapi Cowok yang Tiba-Tiba Menghilang

6. Jangan Merespon dengan Rasa Takut atau Panik 

Bila pacar menjauh, dunia seperti runtuh pelan-pelan. Emosi pasti naik dan terkontrol, mungkin juga ditambah dengan rasa insecure dan overthinking. Semua itu bisa menghancurkan dirimu dan hubungan kamu.

Sebaiknya, kontrol diri untuk tidak respon pacar yang mulai pergi dengan rasa takut, panik, atau kecewa berlebihan. Sebaliknya, gunakan logika kamu. Bila dia memang mau pergi, biarkan dia pergi. Bila dia ingin tetap bersama kamu, ya sama belajar cara menjalani hubungan sehat. 

7. Temukan Penyebabnya

Sebelumnya kita sudah membahas penyebab pasangan menjauh. Nah, apa penyebab pacar kamu menghindar dari kamu? 

Bila alasannya karena dia tidak mau komitmen lebih dalam atau dia tidak secinta itu sama kamu, maka sebaiknya biarkan saja dia pergi sekarang daripada akan lebih menyakiti kamu dan toxic nantinya. 

Bila dia sedang jauh dari kamu karena masalah hidup atau masalah internal hubungan kalian yang rasanya masih bisa diperbaiki, maka tetap lanjutkan hubungan sambil saling berjuang bersama. Eh, pastikan dulu apakah dia orang yang tepat untuk kamu perjuangkan ya! 

 8. Berpikir Baik dan Sehat 

Cara mengatasi pasangan yang menjauh adalah dengan memiliki mindset yang sehat dan baik, alias tidak bucin. Pahami tanda-tanda toxic relationship dan ketahui lebih dalam karakter pasangan kamu. 

Pelajari juga pola dia dalam berhubungan, cara dia memperlakukan kamu, cara dia marah, apakah dia mampu mengelola emosi dan sebagainya. Bila dia memang suka menggunakan silent treatment, menjauh, menghindar, dan mengancam untuk pergi saat kalian sedang ada masalah, itu red flags yang harus kamu waspadai. 

9. Siap untuk Kemungkinan Apapun 

Pacar menjauh apa yang harus dilakukan? Ya sebaiknya kamu sudah siap dengan kemungkinan yang bisa terjadi. Bukan berarti hubungan kalian akan berakhir, namun maksudnya bersiap-siap untuk lebih mengenali karakter masing-masing, mengambil keputusan, bertindak, memberi solusi, menenangkan masing-masing diri, dan hal-hal di antaranya. 

Setiap ada masalah dalam hubungan, hanya ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, bisa membuat hubungan kalian semakin kuat dan mantap untuk melangkah ke masa depan. Kemungkinan kedua, masalah saat pacaran dapat menunjukan sisi jelek satu sama lain dan akhirnya kamu akan tahu bahwa kalian lebih baik meninggalkan satu sama lain. 

10. Evaluasi Hubungan Kalian

Bila pacar menjauh, kamu juga harus mengevaluasi hubungan dengan pikiran jernih dan bijaksana. Apakah dia sering membuat kamu merasa bersalah? Apakah dia selalu menghukum kamu dengan menjauhi kamu? Apakah dia tidak memiliki konflik manajemen yang baik, atau itu kamu? 

Ya, evaluasi semua hal yang kamu pikir berarti dan penting untuk hubungan. Bila pacar selalu menjauh tiba-tiba tanpa alasan, oh itu pertanda buruk. 

Baca Juga: 10 Alasan Wanita Menghilang Tanpa Kabar

11. Beri Dirimu Sendiri Waktu

Okay, pacar tiba-tiba hilang, lalu datang lagi, atau sekarang menjauh dan kamu tidak tahu kenapa, sementara dia juga tidak bisa memberimu penjelasan, dan sebagainya. Semua hal itu pasti membuat kepala dan hati kamu meledak. 

Dengarkan pesan kaka kamu ini ya, sebaiknya berikan dirimu waktu istirahat juga. Jangan terlalu memaksakan hal-hal yang tidak bisa kamu kontrol. Sebaiknya kamu tenang, hibur diri, dan alihkan pikiran dengan hal-hal seru yang positif bila pasangan menjauh tanpa sebab. 

12. Buat Perubahan Positif

And yeah, kamu tidak bisa merubah pikiran pasangan kamu untuk tidak menjauh dari kamu, tapi kamu bisa membuat perubahan positif untuk diri sendiri yang nantinya dapat mendekatkan yang jauh. Jadi, bila pasangan menjauh sekarang, ya mungkin biarkan saja, apalagi bila hubungan itu hanya membuat kamu lelah saja.

Hal terpenting adalah kamu bisa move on, mencintai diri sendiri, menjadi orang yang lebih baik, dan bisa selalu bahagia. Pasangan yang baik untuk kamu akan datang sama baiknya seperti kamu.

Referensi:

EHARMONY EDITORIAL TEAM. 2021. WHAT TO DO WHEN HE PULLS AWAY? POSITIVE STRATEGIES TO RESPOND. eharmony.com/dating-advice/relationship-issues/3-steps-to-stop-a-man-from-withdrawing/. (Diakses pada 24 Agustus 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s