15 Ciri Gebetan yang Harus Ditinggalkan

Jangan keras kepala saat mendekati gebetan. Pahami ciri gebetan yang harus ditinggalkan, misalnya bila gebetan selalu slow respond, membuat kamu bingung, tidak menunjukan ketertarikan sama kamu, hingga akhirnya hilang dalam debu. 

Ketahui kapan harus move on dari gebetan agar tidak semakin terluka atau buang-buang energi. 

Ciri gebetan yang harus ditinggalkan

Jadi, kamu sudah punya gebetan yang satu ini sejak lama. Kamu sudah berusaha mendekatinya (PDKT), berusaha, menunggu, lalu berusaha lagi, dan memberikan banyak perhatian. Namun, gebetan kamu itu tidak menunjukan respon yang baik? 

Nah, sadari ciri gebetan yang harus ditinggalkan berikut ini: 

1. Gebetan tidak pernah inisiatif menghubungi kamu lebih dulu

Ciri gebetan tidak tertarik sama kamu adalah saat dia tidak pernah memiliki inisiatif untuk menghubungi kamu lebih dulu, sama sekali tidak pernah. Ya, dia mungkin tipe orang yang tidak suka untuk ngobrol via chatting atau telepon, tapi apa mungkin seburuk itu?

Tanda kamu harus berhenti adalah saat gebetan sama sekali tidak pernah bertanya kabarmu setelah beberapa waktu. Kamu pun selalu mencoba untuk membuka obrolan, respon dia pun biasa-biasa saja atau terkesan cukup dingin, nah itu tanda dia tidak menyukai kamu. 

2. Kamu terlihat terlalu berusaha, tapi gebetan diam saja

Apakah kamu menemukan diri kamu selalu mengejar-ngejar gebetan kamu? Kamu mungkin selalu memulai pembicaraan, berusaha mengajaknya ngobrol, mengundangnya untuk bertemu, memuji dia melalui sosmed, dan selalu memikirkan dia. Namun, gebetan kamu tidak menunjukan respon apa-apa. 

Gebetan kamu mungkin hanya menjawab seadanya, memberi alasan untuk tidak berhubungan dengan kamu, dan pada akhirnya dia dam saja. Hanya kamu yang berusaha mendapatkan perhatian dia hingga suatu hari kamu akan lelah sendiri. 

Bila seseorang juga tertarik sama kamu, dia pasti akan meladeni kamu tanpa kamu harus mendorongnya. 

3. Dia tidak pernah mau diajak bertemu

Ciri gebetan yang harus ditinggalkan adalah gebetan yang tidak pernah mau diajak bertemu. Beberapa orang mungkin akan canggung bertemu secara langsung, namun tidak mungkin selalu menolak untuk bertemu setelah sekian lama bila dia juga tertarik sama kamu. 

Jangankan untuk bertemu, dia juga mungkin menghindari komunikasi sama kamu via telepon atau sosmed. Bila begitu seterusnya, itu adalah tanda kamu harus berhenti mendekati gebetan itu.

4. Dia membatalkan rencana sama kamu

Misalnya dia setuju untuk bertemu sama kamu, dia mungkin selalu punya alasan (tak masuk akal) untuk membatalkan rencana di menit-menit terakhir. 

Tanda gebetan tidak suka kamu, ketika dia juga sering membatalkan rencana untuk telepon kamu, nonton online bareng kamu, atau rencana lainnya. Dia mungkin juga tidak pernah membalas pesan kamu. 

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Gebetan Susah Diajak Ketemu

5. Gebetan mulai cerita tentang orang lain yang dia sukai 

It’s a red flag! Ciri gebetan yang harus ditinggalkan adalah gebetan yang mulai cerita kalau sekarang dia sedang mendekati orang lain atau lebih buruk lagi, dia sudah punya pacar baru. Ya, kamu pasti sedih setengah mati dan kamu harus berhenti. Bila kamu tetap keras kepala melanjutkan pendekatan sama dia, maka siap-siap merasakan patah hati lebih dahsyat lagi. 

6. Gebetan membuat kamu bingung

Setelah mendekati dia beberapa waktu, kamu pun merasa bingung dengan kelakuan gebetan kamu. Kamu bertanya-tanya apakah dia sebenarnya suka sama kamu juga, tidak suka sama kamu, atau apa kamu tidak tahu. Bila ada orang yang bertanya tentang hubungan kamu dengan gebetan, kamu menjelaskannya dengan, “it’s complicated!” atau rumit. 

Menurut Laurie Berzack, MSW, matchmaker dan dating coach, kamu merasa bingung dengan hubungan kalian karena kamu tidak mendapatkan apresiasi, komitmen, perhatian, atau level ketertarikan yang kamu inginkan. Atau singkatnya, dia tidak membalas perasaan kamu.  

7. Sahabat kamu menyarankan untuk berhenti

Kamu pasti memiliki setidaknya satu sahabat yang selalu jadi tempat curhat kamu. Kamu bisa cerita apapun padanya, termasuk bolak-balik curhat tentang gebetan ini. 

Nah, bila sahabat kamu itu sudah malas mendengarkan cerita kamu karena dia sudah sadar bahwa gebetan kamu tidak akan menjadi milik kamu karena satu dan dua hal, mohon dengarkan dia. 

Sahabat kamu bisa melihat apa yang tidak bisa kamu lihat. Kamu mungkin terlalu menggebu-gebu untuk bisa bersama gebetan kamu, namun kamu tidak realistis. Agar kamu kembali ke jalan yang benar, dengarkan dan lakukan saran sahabat terbaik kamu. 

8. Saat kamu mulai mempertanyakan harga diri kamu 

Ciri gebetan yang harus ditinggalkan adalah gebetan yang terus-menerus membuat kamu merasa sedih hingga kamu bertanya tentang apa kurangnya dirimu sampai bisa ditolak mentah-mentah seperti ini. 

Ya, kamu pasti merasa sedih saat cinta kamu diabaikan. Kondisi itu akan menjadi tidak sehat bagi dirimu sendiri bila kamu tetap memperjuangkan dan menunggu untuk orang lain bisa melihat betapa berharganya kamu. 

Bila gebetan kamu tidak bisa melihat sisi baik dari dirimu kamu, maka dia tidak pantas untuk kamu. Apalagi bila gebetan kamu malah merasa bahwa kamu tidak pantas dicintai, sebaiknya kamu segera move on dari dia. 

9. Gebetan tidak menunjukan sinyal baik

Tanda gebetan tidak suka kamu: 

  • Dia tidak merespon kamu. 
  • Dia malas komunikasi sama kamu. 
  • Dia tidak peduli sama kamu. 
  • Dia membuat kamu merasa tidak berharga. 
  • Dia menyukai orang lain. 
  • Dan sebagainya. 

Itu adalah sinyal buruk, tanda peringatan, dan bendera merah yang artinya kamu harus pergi jauh dan move on dari gebetan. 

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Gebetan Sudah Punya Pacar dan Tips PDKT

10. Dia tidak menghargai kamu

Tidak masalah bila seseorang tidak suka sama kamu seperti kamu suka padanya. Namun setidaknya, dia bisa tetap menghargai kamu sedikit saja. 

Misalnya, dia mengucapkan terima kasih atau maaf karena tidak bisa melanjutkan hubungan sama kamu di tahap PDKT ini. Bila dia malah menghina kamu, memperlakukanmu dengan buruk, atau malah memanfaatkan kamu yang sedang suka-sukanya sama dia, maka itu adalah tanda bahwa gebetan itu juga tidak pantas diperjuangkan. 

11. Saat kamu obsesi dengan gebetan

Bedakan mana rasa suka, rasa sayang, rasa cinta, dan obsesi. Pahami dirimu sendiri, apakah kamu mencintai gebetan kamu atau kamu malah terobsesi sama dia?

Sering kali, kita terobsesi dengan gebetan karena dia tampan, cantik, penampilannya menarik, pintar, kaya, dan hal-hal cemerlang lainnya. Itu adalah obsesi kita sendiri, namun sebenarnya kita tidak pernah tahu bagaimana kepribadiannya atau chemistry-nya dengan kita nanti. 

12. Kamu sudah lama menunggu dan berharap

Kamu mungkin pejuang hebat. Kamu sudah rela menunggu dan berkorban untuk satu gebetan selama bertahun-tahun. Bila setelah semua energi dan waktu yang kamu berikan tidak membuat dia dekat padamu, maka itu tanda gebetan tidak suka kamu. 

Bila kamu menggunakan semua energi itu untuk mencintai diri kamu sendiri dan meningkatkan kualitas diri, kamu pasti bisa mendapatkan cinta sejati dengan cara yang baik dan waktu yang tepat. 

13. Diam-diam gebetan sudah punya gandengan

Tanda kamu harus move on dari gebetan adalah saat kamu sudah tahu dia sudah punya gandengan, entah sedang dekat sama orang lain atau sudah punya pacar. Sebaiknya kamu mundur saja. Bukan karena kamu tidak berkualitas, namun karena kamu menghargai pilihan orang lain. 

Kamu tidak perlu repot-repot merebut kekasih orang. Itu seperti merebut semangkuk Indomie soto yang sedang dimakan orang lain. Jangan begitu. Kamu pasti babak belur dihajar masa. 

14. Gebetan menyakiti kamu 

Sudah berapa kali kamu menangis karena gebetan? Kamu sedih, marah, kecewa, berkorban, dan segala macam namun gebetan tetap saja asyik sendiri. 

Mohon beri batasan diri kamu. Menyerahlah untuk seseorang yang tidak pantas kamu perjuangkan. Kamu tidak akan kalah. Kamu pasti akan dapat pasangan yang tepat. 

15. Gebetan hilang dalam debu

Nah, ini dia ciri gebetan yang harus ditinggalkan. Gebetan yang suka ghosting tidak jelas. Hari ini merespon kamu, besok ketemu kamu, peluk kamu di akhir pekan, namun menghilang selama 2 minggu kemudian, lalu balik lagi setelah sebulan 😪

Menyebalkan sekali. Sebaiknya kamu move on saja daripada berharap setiap hari. Dia juga belum tentu orang yang baik buat kamu. 

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kamu harus move on dari gebetan. Ikhlaskan dia, sembuhkan diri, bersedih secukupnya, dan berdoa untuk dapat pasangan terbaik. 

Quote of The Day 

Hidup itu singkat. Hanya ada dua pilihan: dia suka kamu atau dia tidak suka kamu. Tidak perlu buang-buang waktu hanya untuk mengetahui jawabannya.

Referensi: 

  1. Fellizar, Kristine. 2019. 7 Signs It’s Time To Get Over Your Crush — And Exactly How To Do That. bustle.com/p/moving-on-from-a-crush-is-a-good-call-if-you-notice-these-7-things-18807910. (Diakses pada 18 Agustus 2021). 
  2. Jones, M’Leigh. 2019. 6 Signs it’s Time to Give Up on Your Crush. psych2go.net/6-signs-that-its-time-to-give-up-on-your-crush/. (Diakses pada 18 Agustus 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s