12 Penyebab Wanita Tidak Bisa Orgasme

Salah satu masalah dalam hubungan adalah pertanyaan tentang Penyebab tidak bisa klimaks saat berhubungan pada wanita. Tidak dapat orgasme dianggap bukan seks yang menyenangkan, sementara performa seksual menjadi salah satu indikator penting dalam hubungan rumah tangga. 

Ketahui apa penyebab wanita tidak bisa orgasme dalam pembahasan ini. 

Apa Itu Orgasme? 

Orgasme adalah puncak sensasi seksual dan kenikmatan intens saat hubungan penetrasi mencapai klimaks. Pria dan wanita bisa mengalami orgasme. 

Pada pria, orgasme klimaks ditandai dengan keluarnya sperma. Sementara pada wanita, definisi dan bentuk klimaks tidak dapat dijelaskan, mungkin berbeda pada setiap wanita namun umumnya orgasme wanita diikuti dengan perubahan kesadaran, kontraksi ritmik tak disengaja dari otot-otot sirkumvaginal lurik panggul, mungkin juga kontraksi anal dan uterus. 

Orgasme wanita bisa didapat dari rangsangan seksual erotis pada bagian tubuh genital atau non-genital, namun peneliti juga belum dapat memastikan apa yang memicu wanita mencapai orgasme saat berhubungan intim.  

Penyebab Wanita Tidak Bisa Orgasme

Banyak wanita yang tidak tahu bagaimana rasanya orgasme. Dilansir dari CleaveLand Clinic, hanya 10% wanita yang bisa orgasme dengan mudah. Sementara 80-90% wanita tidak bisa atau tidak tahu bagaimana orgasme, sehingga membuat mereka merasa tidak baik sebagai wanita di ranjang. 

Berikut ini beberapa penyebab wanita tidak dapat orgasme atau klimaks: 

1. Kurang Stimulasi Seksual Sebelum Seks

Dilansir dari media Independent UK, kurangnya stimulasi seksual sebelum seks membuat wanita menjadi sulit untuk mencapai orgasme. Ya, kebanyakan wanita juga butuh stimulasi vagina dan klitoris sebelum seks agar bisa orgasme saat penetrasi. 

Dr Shree Datta, seorang ginekolog dari Intima menyampaikan bahwa foreplay (persiapan seks) itu sangat penting bagi wanita untuk membangun gairah agar dapat mencapai puncak seksual. Foreplay tidak hanya pada bagian genital saja, namun pasangan harus merangsang seluruh tubuh wanita untuk merangsang sensasi seksual. 

2. Masalah Komunikasi Bersama Pasangan

Moyle, seorang terapis psikoseksual untuk Lelo, menyampaikan bahwa harus ada komunikasi dalam berhubungan seksual. Beri tahu pasangan kamu tentang apa yang kamu dan apa yang kamu ingin coba dalam berhubungan. Begitu juga sebaliknya, sehingga keduanya dapat saling memuaskan dengan sempurna. 

Baca Juga: Cara Pijat Petik Mangga untuk Tambah Gairah Seksual

3. Tidak PD dengan Tubuh Sendiri

Penyebab wanita tidak bisa orgasme adalah karena dia tidak merasa percaya diri pada tubuh dan dirinya di hadapan pasangan. Mungkin merasa malu, insecure, tidak seksi, atau pikiran buruk lainnya yang mencegah diri untuk berekspresi dan lepas selama hubungan seksual. 

Bagi wanita, harus percaya bahwa dirimu berharga dan pasanganmu mencintaimu luar biasa. Bagi pasangan pria, beri tahu wanitamu bahwa dia cantik dan kamu merasa beruntung memilikinya. 

4. Sedang Banyak Masalah

Baik pria dan wanita, salah satu penyebab tidak bisa klimaks saat berhubungan adalah karena sedang banyak masalah atau pikiran buruk. Entah sedang memikirkan masalah pekerjaan, keuangan, atau pasangan sedang memiliki konflik internal yang membuat hubungan seks menjadi dingin. 

Padahal, bila pasangan bisa sedikit bersantai lalu membicarakan masalah masing-masing, hubungan seks bisa membuat kalian bahagia dan lebih tenang. Jadi, silakan coba saling mendengarkan satu sama lain, bantu cari solusi, saling mendukung, berpelukan, dan bercinta dengan hangat. 

5. Gangguan Kesehatan Mental

Saat seseorang sedang stres, cemas, dan depresi, itu memengaruhi performa seksual mereka dan jadi sulit orgasme. Kondisi mental yang tidak seimbang juga akan memicu konflik dan masalah dalam hubungan. 

Jika menurut kamu itu masalahnya, coba konsultasi pada seksologi yang juga dapat meresepkan terapi dan konseling perilaku kognitif atau psikologi sesuai kebutuhan kamu dan pasangan. 

Baca Juga: Kamus Istilah Seks A-Z dan Artinya Lengkap

6. Efek Konsumsi Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan dapat berpengaruh buruk pada kesehatan wanita. Ini memicu penyumbatan pembuluh darah pada area sekitar vagina, jadi mencegah stimulasi seksual yang lancar. Begitu juga dengan efek dari merokok.

Bila kamu memiliki masalah tidak bisa orgasme, coba perhatikan lagi pola makan dan pola hidup kamu. Sebaiknya kurangi konsumsi alkohol dan rokok dari waktu ke waktu. 

7. Penetrasi Tidak Mencapai Zona Sensitif Seksual

Wanita memiliki beberapa zona seksual, yaitu 

  • Klitoris
  • “G-spot,” bagian anterior vagina bagian bawah
  • Payudara 
  • “ClitGVa,” klitoris, G-spot dan vagina

Nah, tugas pasangan pria untuk menstimulasi dan merangsang semua bagian tubuh yang paling sensitif itu. Bila dilakukan dengan benar, itu sangat membantu wanita untuk mencapai klimaks. 

8. Memiliki Trauma secara Seksual

Berdasarkan laporan dari National Health Service (NHS), seseorang yang memiliki trauma secara seksual akan sulit mencapai puncak klimaks seksual dengan pasangan. Sebaiknya, konsultasi dengan psikolog untuk membantu mencari solusi dan menyembuhkan diri dari jenis trauma apapun. 

9. Adanya Ketidakseimbangan Hormon

Kekurangan hormon estrogen akan membuat wanita tidak dapat mecapai orgasme. Hal ini umum terutama bagi wanita yang memasuki masa menopause. 

10. Memaksakan Orgasme

Ada wanita yang tidak tahu bagaimana rasanya orgasme. Bila wanita memaksakan harus orgasme tanpa tahu caranya, maka akan semakin sulit orgasme. 

Orgasme harusnya terjadi secara natural yang didukung dengan stimulasi erotis dari pasangan. Tidak apa-apa bila tidak orgasm juga. Pasangan harus belajar lagi juga untuk meningkatkan kualitas hubungan rumah tangga. 

Baca Juga: 16 Manfaat Hubungan Seksual Setiap Hari bagi Kamu dan Pasangan

11. Efek Samping Obat-Obatan Tertentu 

Konsumsi jenis obat, seperti jenis antidepresan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) dapat memengaruhi kemampuan orgasme. Tanyakan pada dokter efek samping apa yang mungkin terjadi dan cara mengatasinya. 

12. Masalah Medis yang Mendasarinya

Anorgasmia adalah istilah medis untuk wanita yang kesulitan mencapai orgasme walaupun sudah menerima banyak rangsangan seksual. Kurangnya orgasme dapat membuat seseorang tertekan dan mengganggu hubungan dengan pasangan. 

Itulah beberapa penyebab wanita tidak bisa orgasme. Bila menyadari dan mengkhawatirkan adanya masalah seksual seperti ini, silakan konsultasi ke dokter. Namun bila kamu dan pasangan merasa baik-baik saja dengan aktivitas seksual di mana orgasme tidak intens, maka tidak perlu pertolongan medis karena kondisi ini juga dinilai tidak berbahaya.

Referensi: 

  • nhs.uk/common-health-questions/sexual-health/what-can-cause-orgasm-problems-in-women/
  • health.clevelandclinic.org/theres-help-for-women-who-cant-achieve-orgasm/amp/
  • independent.co.uk/life-style/women/female-orgasm-women-sex-b1822877.html?amp
  • mayoclinic.org/diseases-conditions/anorgasmia/symptoms-causes/syc-20369422
  • pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16913280/

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s