Kenapa Dia Selalu Hadir dalam Mimpiku? 10 Arti Mimpi

Kamu baru bangun di lagi hari bertanya kenapa dia selalu hadir dalam mimpiku, dia mungkin seseorang yang kamu kenal, pernah dekat, atau orang spesial di masa lalu. Ketahui apa saja kemungkinan kenapa dia selalu hadir di mimpiku dalam pembahasan ini. 

Kenapa dia selalu hadir dalam mimpiku? 

Manusia bisa mimpi 3-5 kali saat tidur malam, namun jarang sekali bisa mengingat mimpinya karena tidak bangun dalam waktu yang sama. Mimpi yang bisa kamu ingat terjadi dalam tahap tidur REM (rapid eye movement/gerakan mata yang cepat).

Pada tahap REM, mata bergerak cepat ke berbagai arah, tidak mengirimkan informasi visual apapun ke otak, namun itulah mimpi yang paling jelas, halusinogen, naratif, dan sarat memori, menurut Matthew Walker, seorang ahli saraf dan penulis Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams.

Nah, mungkin kamu berada pada tahap tidur REM saat memimpikan dia, sehingga kamu bisa mengingatnya walaupun samar-samar. Namun, apa arti mimpi-mimpi itu? 

Para ahli menawarkan tebakan terbaik mereka tentang makna di balik mimpi tertentu. Inilah arti bawah sadar kenapa dia selalu hadir dalam mimpi kamu: 

1. Kamu memikirkan dia

Bermimpi tentang dia mungkin terjadi karena kamu sedang memikirkan dia akhir-akhir ini atau sepanjang hari, hingga pada tahap ide tentang dia terbawa sampai mimpi. 

Menurut seorang psikolog klinis bernama John Mayer yang  dilansir dari laman The List, gambar-gambar, bayangan, dan informasi tentang sesuatu atau seseorang yang kamu pikiran di otak kamu sebelum kamu tidur akan terus berputar pada pikiranmu selama kamu tidur. Itu mungkin bisa membuatnya hadir di mimpi kamu juga. 

2. Kamu merasa hidupmu akan lebih baik bila bersamanya

Ini bisa jadi salah satu bentuk imajinasi atau bahkan kekhawatiran kamu. Kamu mungkin sedang bertanya-tanya apakah kamu membuat keputusan yang tepat, juga mulai berimajinasi bagaimana hidup mungkin lebih baik bila bersama orang itu. 

Karena memang, di dalam mimpi kamu pasti merasa lebih bahagia bersamanya. Semua yang ada dalam mimpi-mimpi itu memang kamu rancang melebihi kenyataan dan semuanya akan terlihat lebih indah. 

3. Merasa sakit hati pada orang tersebut

Kenapa dia selalu hadir di mimpiku? Orang yang kamu mimpikan itu mungkin pernah menyakiti kamu dan kamu juga belum sembuh dari kejadian itu atau masih menaruh dendam.

Alam bawah sadar kamu pun merekam itu, sehingga terbawa mimpi. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu merasa tidak tenang. 

4. Ditinggalkan oleh orang dalam mimpi itu

Saat seseorang yang kamu sayangi meninggalkan kamu entah apapun alasannya, kamu akan merasa sedih, marah, terluka, kesepian, dan jenis kehancuran lainnya. Rasa rindu atau rasa benci pada orang itu bisa berputar-putar di hati dan otak kamu, sehingga kamu mimpi seseorang berulang kali dan hampir setiap waktu. 

Memimpikan seseorang dalam psikologi, mimpi-mimpi itu adalah bentuk dari kesedihan dan kesepian kamu. Kamu terperangkap pada memori masa lalu bersamanya. 

5. Kamu menginginkan dan mencintai orang itu

Kenapa dia selalu hadir dalam mimpiku? Ini bisa terjadi saat kamu menginginkan atau mencintai seseorang. Kamu menyukai dia atau berharap dia bisa menyukai kamu juga. 

Mimpi-mimpi itu juga bisa jadi tanda bahwa orang itu mengabaikan kamu, sehingga kamu merasa tidak aman dan mempertanyakan banyak hal. Semua pikiran kamu tentang orang tersebut pun terbawa hingga ke mimpi. 

Baca Juga: 13 Cara Bikin Baper Gebetan Lewat Chat 

6. Tanda ada yang ingin memanfaatkan kamu

Arti memimpikan seseorang bisa menjadi tanda bahwa orang itu punya kecenderungan untuk memanfaatkan kamu. Misalnya kamu bermimpi tentang mantan kamu, mungkin itu adalah tanda buruk bahwa dia memiliki motif lain untuk menyakiti kamu. 

Bila kamu memimpikan orang yang kamu kenal, itu bisa jadi refleksi tentang kecurigaan kamu pada orang tersebut. 

7. Refleksi dari siapa yang kamu lihat sebelum kamu tidur 

Ini sering terjadi, kamu akan bermimpi tentang sesuatu atau seseorang yang baru saja kamu lihat, kamu dengar, atau kamu pikirkan. Entah apa itu suatu kebetulan, atau alam bawah sadar kamu masih memproses informasi tentang orang yang terakhir kamu pikiran, atau ada cara kerja mimpi lainnya yang tak bisa diprediksi. 

Bila mimpi seseorang berulang kali tidak mengganggu kamu, sepertinya tidak apa-apa. Anggap saja kalian sedang bertegur sapa dalam mimpi yang indah. 

8. Orang dalam mimpi itu juga memikirkan kamu 

Kenapa kita memimpikan seseorang padahal kita tidak memikirkannya? Mungkin karena dia yang memikirkan kamu. 

Bila kamu terus memimpikan dia, mungkin itu adalah hasil manifestasi pikiran orang itu yang sedang memikirkan kamu. Terutama bila sebenarnya kamu sudah tidak lama bertemu atau sama sekali tidak memikirkan dia selama ini. 

Bisa jadi, ini adalah tanda bahwa dia memikirkan kamu dan dia harap kamu tahu. Mungkin, kamu harus menunggu sampai orang itu menghubungi kamu secara nyata atau biarkan saja kalian bertemu dalam mimpi.  

Baca Juga: 14 Manfaat Pacaran Menurut Para Ahli untuk Jiwa dan Mental 

9. Manifestasi dari pikiran kamu

Bila kamu sedang memikirkan bola, alam bawah sadar kamu akan mengumpulkan lagi semua informasi dan memori kamu tentang bola. 

Kemudian, kamu bisa saja memimpikan seseorang yang dulu kamu kenal yang sangat suka bola. Informasi tentang bola sangat lekat di otak kamu tentang orang tersebut. 

Alam bawah sadar kamu akan mencari memori yang paling dekat dengan hal-hal yang sedang kamu pikirkan. 

10. Tidak berarti apa-apa

Bisa jadi, kenapa dia selalu hadir dalam mimpiku tidak berarti apa-apa. Tidak ada alasan atau jawaban yang tepat kenapa kamu bisa bermimpi tentang sesuatu.

Anggaplah itu bunga tidur. Atau, kamu membahas tentang apa kata para filosofer tentang mimpi? Mungkin di bab selanjutnya ya.

Sekarang selamat malam sampai jumpa, mimpi indah ya! 🖤

Referensi: 

BROLLEY, BRITTANY. 2019. What It Really Means When You Dream About Someone. thelist.com/158559/what-it-really-means-when-you-dream-about-someone/?utm_campaign=clip. (Accessed on 16 August 2021).

Hart, Ryan. 2021. What Does it Mean When You Dream About Someone?. ryanhart.org/dreaming-about-someone/. (Accessed on 16 August 2021).

WebMD. 2020. What Are REM and Non-REM Sleep?. webmd.com/sleep-disorders/sleep-101. (Accessed on 16 August 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s