12 Alasan Kenapa Mantan Tidak Membalas Chat

Ada banyak kemungkinan kenapa mantan tidak membalas chat kamu, seperti dia mungkin bingung, sibuk, tidak tahu harus balas apa, merasa sudah harus move on dari kamu, atau mungkin kamunya yang banyak drama?

Pelajari apa saja alasan kenapa mantan menghindar dari kita dan cara mengatasinya di sini. 

Kenapa Mantan Tidak Membalas Chat 

Entah apa tujuan kamu mengirim pesan ke mantan dan kapan kamu menghubunginya, kemungkinan besar mantan menghindar dari kamu adalah karena ya hubungan kalian sudah selesai. Itu memang terdengar kejam, namun ya kamu harus terima itu. Apapun masalahnya atau kebutuhan kamu menghubungi dia, mungkin kamu harus menyembuhkan diri kamu sendiri karena putus dari dia atau setelah hubungan kalian berakhir. 

Berikut ini beberapa kemungkinan masuk akal kenapa mantan tidak membalas pesan kamu: 

1. Kamu kirim chat yang mengganggu?

Bila kamu baru saja putus, kamu pasti sangat sedih, marah, emosional, dan akhirnya mengirim chat yang tidak masuk akal. Bahkan walaupun mungkin dia yang salah, dia tidak akan balas chat kamu karena dia menganggap itu sangat mengganggu. 

2. Dia bingung harus balas apa

Alasan kenapa mantan tidak membalas chat adalah karena dia bingung harus berkata apalagi sama kamu atau dia mungkin bingung pada dirinya sendiri. Bila begitu, semoga dia bisa berpikir dengan lebih jernih dan bisa membalas chat kamu dalam kondisi yang sama-sama tenang dan terkontrol. 

3. Dia sedang marah sama kamu

Apa sebelum putus ada pertengkaran? Atau isi chat kamu penuh kata-kata negatif yang bisa membuat dia marah atau terluka?

Bisa saja dia merasa sangat marah dan gila atas sesuatu yang kamu lakukan sehingga dia tidak bisa balas lagi chat kamu. Tanda dia marah juga dia mungkin akan blokir nomor kamu bila dia tidak kuat lagi dengan apapun itu yang terjadi di antara kalian. 

4. Dia berpikir kamu penuh drama 

Tentu saja ada banyak drama yang mungkin terjadi setelah pasangan putus. Paling mudah memang memulai drama dengan mengirim chat ke dia, karena dia pasti tidak mau angkat telepon kamu.

Mungkin maksud kamu baik untuk bertanya, menagih janji, diskusi, atau sekadar memberi salam perpisahan setelah putus. Namun, dia menganggap itu terlalu drama dan akhirnya dia membiarkan pesan kamu dibaca saja tanpa dibalas sama sekali. 

Baca Juga: 13 Bahaya Stalking Mantan (Jangan Stalking Mantan!)

5. Dia curiga kamu menuntut sesuatu

Entah pertengkaran atau perdebatan apa yang terjadi hingga membuat hubungan kalian putus. Bila salah satu pihak tidak terima, biasanya dia akan semakin mengejar-ngejar sementara satu pihak lainnya akan terus berlari jauh. 

Misalnya kamu memang menuntut sesuatu setelah kalian putus, sebenarnya dia bisa bilang tidak, daripada harus mengabaikan kamu. Ah, masalah percintaan memang berat namun setidaknya kamu jadi tahu siapa dia sebenarnya sekarang. 

6. Dia pecundang 

Mungkin alasan kenapa mantan menghindar dari kita adalah karena dia sedang menunjukan jati dirinya yang sebenarnya, yaitu seorang pecundang yang tidak bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Bila dia memutuskan kamu secara sepihak tanpa penjelasan, tanpa memberi kamu closure dan alasan, mengabaikan kamu begitu saja, dan bahkan tidak punya nyali untuk balas pesan kamu, fiks dia adalah pecundang sejati. Dia mungkin tidak balas chat kamu karena dia ghosting kamu. 

7. Dia ingin move on 

Alasan masuk akal lainnya kenapa mantan tidak membalas chat kamu adalah karena dia ingin move dari kamu dengan cepat. Dia khawatir bila dia menanggapi kamu lagi, dia akan semakin sedih dan ingat kamu lagi. Mungkin hatinya sangat hancur hingga dia berharap tidak pernah mengenal kamu sama sekali. 

Baca Juga: 31 Ways to Move On from A Breakup (Do These Things!)

8. Dia menyatakan sudah selesai urusan sama kamu 

Tidak balas pesan adalah sebuah pesan. Mungkin itu tandanya bahwa dia menyatakan hubungan kalian sudah selesai dan sebaiknya tidak ada komunikasi sama sekali. 

Dia memilih tidak balas chat kamu sebagai sebuah pernyataan, maka sebaiknya kamu hargai itu. Kamu bisa tinggalkan pesan terakhir seperti untuk ucapkan terima kasih, minta maaf, bayar hutang, dan lainnya. Tidak apa bila dia tidak balas, tapi dia pasti akan membacanya. 

9. Dia takut sakit hati lagi

Kenapa mantan menghindar dari kita? Mungkin karena dia takut sakit hati lagi atau mengingat pengalaman buruk dalam hubungan tersebut. 

Mungkin saat kalian putus, dia sedang sayang-sayangnya sama kamu. Dan sekarang saat dia sudah mulai move on, dia pasti akan menghindar bila kamu mencoba datang lagi ke hidupnya. 

10. Kamu chat terlalu banyak dan sering

Kamu chat apa dan berapa kali? Bila kamu meneror dia seperti itu, dia pasti tidak akan balas pesan kamu dan beruntung kalau kamu tidak diblokir. Itu juga alasan kenapa mantan tidak mau berkomunikasi lagi. 

11. Dia tidak mau kamu kembali lagi 

Mantan tidak berharap kamu kembali lagi, karena buat apa? Dia sudah mengikhlaskan semuanya. Dia juga tidak mau berurusan lagi sama kamu demi kebaikan masing-masing.

12. Dia sudah punya pasangan baru

Dia sudah menapaki kehidupan baru dengan orang lain, itulah kenapa mantan tidak mau berkomunikasi lagi. 

Mantan kamu mungkin sudah punya gebetan atau bahkan pasangan baru, atau sudah menikah, sehingga dia tidak mau balas chat kamu lagi. Dia mungkin juga merasa tidak punya kepentingan lagi sama kamu dan memilih tidak berteman juga sama kamu. Dan itu tidak masalah, kita pasti bisa menghargainya. 

Baca Juga: 10 Cara Membuat Pacar Menyesal karena Cuek

Tips menghadapi mantan yang menghindar dari kamu

  • Tidak apa-apa. 
  • Sebaiknya memang jangan menghubungi mantan lagi. 
  • Bila dia tidak bisa kasih kamu closure atau meninggalkan kamu patah hati sendirian, I felt that, namun berusahalah untuk menyembuhkan diri sendiri dan move on. Kamu pasti kuat. 
  • Ikhlaskan dia dengan segala kelembutan hati kamu. 
  • Jangan juga berharap mantan akan balik sama kamu. 
  • Hargai juga keputusan mantan bila dia ingin putus selamanya dan memilih tidak komunikasi lagi sama kamu. 

Memang ini menyakitkan, dulu kalian sangat dekat, namun sekarang hanyalah dua orang asing dengan banyak memori. Semoga proses penyembuhan kamu dari putus dengannya bisa cepat dan maksimal. Bila di suatu hari nanti kamu bisa berteman dengan mantan, itu hal bagus. Namun sekarang kamu sudah tahu alasan kenapa mantan tidak membalas chat kamu, jadi jangan menghubungi dia lagi.

Referensi: 

ANDREWS, CLAY. WHY YOUR EX WON’T RESPOND WHEN YOU TEXT THEM. attracttheone.com/breakups/ex-doesnt-respond-text. (Accessed on 16 August 2021).

JESSICA Boss. 2021. WHY YOUR EX WON’T TEXT YOU BACK (AND HOW TO MAKE THEM!). jessicaboss.com/why-your-ex-wont-text-back/. (Accessed on 16 August 2021).

Seiter, Chris. 2021. My Ex Reads My Texts But Doesn’t Reply To Them. xboyfriendrecovery.com/my-ex-reads-my-texts-but-doesnt-reply-to-them/?amp. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s