Kenapa tidak bisa berteman dengan mantan pacar?

Ada banyak alasan kenapa tidak bisa berteman dengan mantan, yaitu kalian mungkin masih saling cinta, atau sebenarnya saling membenci, jadi susah move on, dan sebagainya. 

Kenapa tidak bisa berteman dengan mantan pacar? 

Saat kamu baru putus dengan seseorang yang menurut kamu ‘baik’, kamu mungkin berpikir bisa berteman dengannya setelah putus. Mungkin juga sebelum pacaran kalian adalah sahabat, sehingga berpikir bisa tetap berteman setelah pacaran lalu putus. 

Berdasarkan survei di US, 70% dari responden menilai baiknya tidak berteman dengan mantan. Sementara 15% responden mengatakan mereka bisa berteman dengan mantan mereka, membuktikan masih ada kesempatan untuk berteman dengan mantan. 

Beberapa orang juga menyampaikan bahwa mereka mencoba berteman dengan mantan, namun gagal karena beberapa faktor. Mungkin memang butuh waktu dan kerja keras untuk bisa berteman dengan mantan atau untuk menjadi cukup dewasa untuk berteman biasa dengan orang lain yang pernah kamu cintai atau menyakiti kamu. 

Ini beberapa alasan kenapa tidak bisa berteman dengan mantan: 

1. Kamu masih terluka 

Kamu sama sekali tidak bisa berteman sama mantan saat kalian baru saja putus. Luka kamu masih baru, begitu juga dengannya. Bertemu dengan mantan lagi, berbicara dengannya, sambil pura-pura baik-baik saja akan membuat kamu malah semakin terluka. Perih. 

Bahkan, kamu disarankan untuk melakukan No Contact (tanpa kontak sama sekali) dengan mantan kamu setelah baru putus, minimal sekali 3 minggu hingga waktu tak terhingga. Kamu baru boleh menghubungi mantan lagi hanya saat kamu sudah merasa lebih baik. 

2. Kamu mungkin masih menyimpan perasaan diam-diam

Kamu yakin ingin berteman dengan mantan kamu atau itu hanya sebuah modus terselubung karena kamu diam-diam masih punya perasaan dengannya dan berharap bisa balikan? 

Jangan berteman sama mantan bila ternyata kamu masih mencintainya. Itu adalah hubungan pertemanan tidak sakit. Kamu akan terluka, dan dia juga. 

Kalian putus karena sebuah alasan atau mungkin kesalahan, sehingga lebih baik tidak bersama lagi. Bila kamu berteman dengannya lagi, ini hanya akan menambah konflik, terutama kalian belum berubah secara kedewasaan. 

3. Masih ada ketertarikan dan ikatan hubungan romantis 

Sepanjang kalian pacaran, kalian membina rasa saling terikat, kepedulian, kasih sayang, dan sebagainya. Itu semua tidak mungkin bisa hilang dalam sekejap. 

Walaupun kalian sama-sama sakit hati atau bahkan putus secara baik-baik, pasti masih ada jejak-jejak perasaan itu yang mungkin akan hidup lagi saat kamu melihat wajahnya atau berbicara dengannya. 

Pasti sangat sulit untuk melihat mantan tanpa memikirkan masa lalu kalian. Ada kebiasaan yang kalian lakukan yang tak mungkin hilang begitu saja, yang akan sangat aneh untuk dibawa dengan label pertemanan sekarang. 

You may also read: 12 Ciri Mantan Hanya Ingin Berteman Saja sama Kamu

4. Mungkin malah berharap akan balikan

Bisa saja salah satu dari kalian salah paham dan menganggap hubungan pertemanan itu sebagai tanda bahwa sama-sama mau balikan. Misalnya, kamu ngobrol sama mantan sebagai teman, memberi perhatian kecil, hangout bareng, namun mantan malah baper lagi sama kamu. 

Bila kedekatan seperti itu masih terjalin, salah satu dari kalian mungkin berharap akan balikan. Balikan sama mantan bisa jadi hal baik atau buruk. Namun, pastikan kalian sudah dalam kondisi yang lebih baik dan dewasa bila mau balikan lagi. 

5. Rentan putus nyambung

Karena kalian mantan kekasih yang masih saling orbit di dunia satu sama lain, kalian rentan tidak bisa move on, dan akhirnya malah balikan untuk putus lagi. 

Kalian mungkin jadi bingung dan tidak bisa membedakan apakah sebenarnya kalian saling mencintai atau hanya sudah terlanjur dan kebiasaan saling bersama. 

Modus pertemanan setelah putus hanya membuat kalian berputar-putar pada lingkaran yang sama. Ya, putus nyambung dan begitu seterusnya. Sebaiknya, sembuhkan dulu luka kamu dan pikirkan kembali tentang kriteria pasangan yang baik dan bagaimana hubungan sehat yang kamu bisa realisasikan untuk masa depan kamu. 

6. Tambah susah move on

Apakah bisa berteman dengan mantan? Tergantung kamu. Bila setelah putus dan jauh saja kamu masih sering kangen atau merasa benci dengan mantan pacar kamu, maka sebaiknya jangan berteman dengan mantan kamu. 

Mantan adalah seseorang yang pernah kamu sayangi (atau masih) dan setelah putus dari dia kamu harus move on. Kamu harus melepaskan segala aspek tentang dirimu jauh dari dia. 

Ya, kamu harus terbiasa hidup tanpa dia. Kamu harus mengunci memori indah atau pengalaman pahit itu agar kamu bisa tenang. 

Bila kamu masih berteman dengan mantan saat baru putus, maka proses move on kamu akan semakin berat dan sulit. Maksudnya, kamu masih bertemu dengannya atau masih mengobrol, maka itu semua akan membangkitkan lagi kenangan lama kalian. Hasilnya, kamu mungkin tidak pernah bisa move on dari dia, sementara hubungan kalian juga tidak bisa sehat lagi. 

7. Memberi harapan palsu

Semua tentang konsep pertemanan dengan mantan hanya memberikan kamu harapan palsu (bila kamu masih sayang), itulah alasan kenapa tidak bisa berteman dengan mantan pacar. 

Saat dia memanggil namamu, tersenyum padamu, atau bertanya tentang harimu, kamu mungkin akan baper jadinya. Dia mungkin juga berjanji dia akan tetap baik sama kamu dan berteman sama kamu, tapi itu hanya harapan palsu semata. 

8. Mungkin mantan kamu juga masih cinta, terluka, atau memiliki motif lain

Jangan berhubungan dengan mantan bila masih ada ‘sesuatu’ yang belum selesai di antara kalian, entah masih ada yang sayang atau ternyata sangat membenci. 

Alasan kenapa tidak bisa berteman dengan mantan adalah siapa tahu mantan kamu itu ternyata masih sayang sama kamu, dan dia hanya modus ingin berteman sama kamu karena sebenarnya dia lagi PDKT sama kamu seperti awal. 

Atau, mantan kamu mungkin sangat terluka dengan perpisahan kalian, sehingga dia akan merasa sakit setiap kali melihat kamu atau mendengar kabar kamu. Jadi, baiknya kalian benar-benar tidak berhubungan lagi setelah putus, sama sekali jangan kontak, setidaknya untuk sekarang dan beberapa bulan setelah putus.

Ya, jaga jarak masing-masing. Buat batasan yang sehat. Sembuhkan diri masing-masing dan move on dulu ya setelah putus. 

Baca Juga: 15 Cara Membuat Mantan Kangen pada Kita

9. Mencegah kamu punya pasangan baru

Bila kamu masih beredar di sekitar hidup mantan kamu, kamu mungkin akan terus terjebak di sana. Entah untuk berharap, karena kamu belum move on, balas dendam, atau motif lainnya. 

Bila begitu, itu akan mencegah kamu untuk punya pasangan baru. Orang yang naksir kamu mungkin berpikir kalian masih bersama. Atau, kamu pun tidak mau mencari pasangan baru karena kamu sedang menunggu mantan/teman jadi pacar kamu lagi. 

10. Sangat canggung

Alasan kenapa kamu tidak bisa berteman dengan mantan kamu adalah karena itu semua akan membuat kalian jadi canggung. Kalian biasa memanggil sayang, namun sekarang harus membiasakan diri panggil nama asli mantan. Kalian biasa pelukan, bercerita banyak hal, mungkin memiliki physical intimacy juga, namun sekarang tidak ada lagi. 

Namun, karena kalian masih berteman, maka akan sangat canggung untuk membiasakan diri berlagak normal seperti kalian tidak pernah memiliki hubungan romansa atau bonding level dalam. Itu juga alasan pria tidak mau berteman dengan mantan.

11. Kenapa juga mau berteman dengan mantan?

Ya, pertanyaannya adalah kenapa kamu mau berteman dengan mantan? Apa motifnya? Kamu berpikir dia adalah orang baik? Atau, ini hanya ide kamu tentang dia sebagai orang baik dan menyenangkan sehingga kamu tetap ingin punya hubungan baik sama dia walaupun sudah putus? 

12. Bisa berteman dengan mantan hanya dalam kondisi tertentu

Bukan berarti kamu tidak dapat berteman dengan mantan sama sekali. Kamu bisa berteman dengan mantan hanya bila kamu sudah 100% move on dan dia juga begitu. Saat kalian sudah jauh lebih dewasa, silakan berteman sama mantan. 

Nah, itulah pembahasan tentang alasan kenapa tidak bisa berteman dengan mantan pacar. Berteman dengan mantan adalah bukti kedewasaan, namun pastikan kamu sudah move on dulu, sudah lebih dewasa, mungkin juga sudah punya pasangan atau menikah, tidak ada motif terselubung, tidak benci tidak juga cinta namun murni berteman, nah baru bisa berteman dengan mantan. 

Referensi: 

  1. Kim, Jen. 2012. Sorry, But This Is Why You Can’t Be Friends With Your Ex. psychologytoday.com/us/blog/valley-girl-brain/201211/sorry-is-why-you-can-t-be-friends-your-ex?amp. (Accessed on 13 August 2021). 
  2. The Asian Age. 2019. 3 reasons why you can’t stay friends with your ex. asianage.com/amp/life/relationship/240919/3-reasons-why-you-cant-stay-friends-with-your-ex.html. (Accessed on 13 August 2021). 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s