15 Tanda Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Tanda-tanda cinta bertepuk sebelah tangan adalah ketika kamu yang lebih usaha dari pada dia, dia sering abai atau cuekin kamu, dan seperti hanya kamu yang cinta dia namun dia tidak cinta. Pahami apa saja ciri-ciri cinta bertepuk sebelah tangan dan cara move on yang efektif. 

Tanda cinta bertepuk sebelah tangan

Cinta bertepuk sebelah tangan adalah kondisi saat si A cinta sama si B, namun si B tidak membalas cinta si A. Sementara satu pihak akan semakin mengejar-ngejar namun pihak lainnya semakin lari jauh atau cuek. 

Kita semua pasti pernah merasakan cinta bertepuk sebelah tangan setidaknya satu kali dalam hidup ini. Rasanya sungguh tidak enak, patah hati, sedih, terluka, dan oh menyebalkan. 

Cinta bertepuk sebelah tangan bisa terjadi di masa PDKT atau bahkan saat sudah di masa pacaran. Ketahui tanda-tanda cinta bertepuk sebelah tangan berikut ini: 

1. Hanya kamu yang berusaha, dia nggak 

Ciri cinta bertepuk sebelah tangan yang pertama adalah ketika hanya kamu yang berusaha agar hubungan tersebut bisa berjalan baik. Ya, kamu selalu lebih berkorban daripada dia. 

Misalnya, kamu yang selalu berusaha untuk lebih dekat sama dia, kamu suka memberikan dia hadiah agar dia melihat kamu, kamu yang selalu perhatian sama dia, kamu mungkin rela anter-jemput dia dalam jarak jauh, namun dia tidak membalas pengorbanan kamu. Kamu berikan segalanya namun dia tidak memberikan apa-apa. 

2. Kamu selalu memulai komunikasi, dia bahkan nggak terlalu menanggapi kamu

Bahkan untuk hal-hal sederhana seperti obrolan ringan, kamu harus memulainya duluan. Dia bahkan tidak mau memulai komunikasi dengan baik sama kamu. 

Saat kamu sudah bertanya, mencoba ngobrol, memberi kepedulian, dia tidak membalas percakapan itu dengan baik. Dia mungkin menanggapi kamu seadanya atau bahkan sama sekali tidak balas chat kamu. 

3. Kamu ada di sisinya namun dia jauh dari kamu 

Kamu adalah orang yang paling sayang dan peduli sama dia, namun dia sama sekali tidak melihat keberadaan kamu di sisinya. Kamu selalu ingin menjaga dia, memberi saran atas masalahnya, menawarkan bantuan, dan mengorbankan banyak hal. 

Sementara dia tidak pernah peduli sama kamu. Bila kamu ada masalah, keluhan, sedang merasa jatuh, kamu sendirian. Dia tidak akan memberi kamu perasaan, perhatian, dan kepedulian yang harusnya kamu dapatkan. 

4. Kamu merasa insecure, merasa kamu yang selalu salah

Tanda cinta bertepuk sebelah tangan adalah saat kamu merasa insecure dan selalu salah dalam hubungan tersebut. Saat dia abai dan cuek sama kamu, malah kamu yang menyalahkan diri sendiri. “Ah, apa gw terlalu menuntut ya sama dia sehingga dia menjauh?” “Ah apa gw kurang ganteng ya jadinya dia nggak suka sama gw…” 

Dan akhirnya kamu akan semakin memberikan dia segalanya dan berusaha lebih keras untuk bisa mendapatkan cintanya. Kamu mungkin melampaui batasan kamu, mengesampingkan kebutuhan diri sendiri, dan hanya memikirkan dia seorang. Kamu akan bertanya-tanya, marah, bingung, dan sedih pada dirimu sendiri. 

5. Kamu selalu minta maaf

Apapun yang dia lakukan, kamu terima. Kamu bahkan rela minta maaf atas kesalahan dia atau kesalahan yang tidak kamu buat. 

Empati kamu padanya sangat tinggi, namun dia sangat apatis pada kamu. Misalnya dia tidak balas chat kamu 2 bulan, malah kamu yang minta maaf padanya berpikir kamu melakukan kesalahan sehingga kamu berhak diperlakukan seperti itu. 

6. Dia selalu cuek sama kamu

Ciri cinta bertepuk sebelah tangan yang sudah jelas adalah saat dia selalu cuek sama kamu. Apapun yang kamu lakukan, bahkan semua hal sudah kamu berikan, dia tetap saja cuek dan bahkan tidak melihat kamu.  

Bila di masa PDKT, dia cuek sama kamu dengan cara tidak balas chat kamu atau menolak komunikasi lebih dalam sama kamu. Bila di masa pacaran, dia cuek sama kamu dengan cara tidak perhatian atau tidak memberimu kasih sayang yang seharusnya. 

7. Kamu mencari alasan untuk memaklumi perlakuannya padamu

Dan kamu sudah bucin jadi apapun yang dia lakukan adalah benar dan kamu yang salah. Kamu tidak berpikir bahwa dia salah dan memperlakukanmu dengan buruk. Sebaliknya, kamu memaklumi itu semua. 

“Dia kan lagi capek makanya nggak bisa ngobrol sama aku panjang lebar, ya udah sebulan sih kaya gini. Baru sebulan aja kok kita nggak komunikasi, nanti juga dia baik lagi sama gw…” Yaaa, hal-hal kecil seperti. Kamu bahkan bisa memaklumi perlakuan dia yang sangat buruk ke kamu. 

8. Kamu tetap mau sama dia walaupun kamu nggak yakin dia punya perasaan dalam ke kamu

Dan sekarang entah kamu sayang, cinta, atau obsesi sama dia. Kamu tidak yakin kalau dia sayang sama kamu atau kamu mulai menyadari bahwa dia tidak sayang sama kamu, namun kamu tetap duduk manis di sisi dia berharap dia melihat kamu dan memperlakukanmu dengan baik suatu hari nanti. 

Walaupun kamu sudah diabaikan, dimanfaatkan dengan buruk, diperas, tidak diberi kasih sayang, mungkin juga harga diri kamu diinjak-injak, namun kamu tetap mau sama dia atau menunggu dia. 

9. Kamu lebih sering sharing masalah kamu ke orang lain daripada sama dia

Karena dia tidak peduli sama kamu, kamu pun harus mencari orang lain untuk sekadar curhat tentang masalah sehari-hari kamu. Dia tidak ada buat kamu saat kamu sedang sedih, kecewa, atau terluka. 

Akhirnya kamu selalu curhat ke teman, keluarga, atau bahkan orang asing. Padahal, seharusnya kamu curhat sama dia sebagai orang terdekat kamu. 

10. Kalian nggak ada pada halaman yang sama 

Bila cerita cinta ini adalah sebuah buku, kamu dan dia tidak ada di halaman yang sama. Kalian tidak punya motif, visi, misi, atau tujuan yang sama. 

Ya, itu berarti kamunya ingin seperti ini, dianya mau hal yang lain, kamu cinta dia, tapi dia tidak cinta kamu. Kalian juga tidak berada di perahu yang sama jadi kamu mendayung sendirian di tengah badai laut. 

11. Kamu buta sendiri

Kamu cinta buta. Kamu tidak bisa melihat red flags atau tanda peringatan itu. 

Dia sudah abai sama kamu atau bersikap buruk sama kamu, tapi kamu tetap kejar-kejar dia. Kamu tidak bisa melihat dan terima kenyataan sehingga kamu tetap berkorban untuk dia. 

12. Dia bilang kamu menuntut atau berlebihan

Karena dia tidak cinta sama kamu, sekecil apapun permintaanmu, dia akan bilang bahwa kamu menuntut hal-hal berlebihan. Misalnya kamu hanya ingin telepon dia sebentar saja, namun dia bilang kalau kamu sangat mengganggu atau sebagainya. 

13. Dia sibuk sendiri

Tanda cinta bertepuk sebelah tangan khusus wanita adalah ketika dia sibuk sendiri dengan dunianya. Dia tidak mau berbagai, cerita, atau bahkan membiarkan kamu masuk ke dalam hidupnya lebih dalam lagi. 

14. Hanya kamu yang punya inisiatif

Yaa, kamu yang inisiatif untuk apapun itu agar kalian punya hubungan baik. Kamu menyarankan sebuah kencan, menghubungi dia lebih dulu, memastikan dia baik-baik saja, dan lainnya. Namun, dia diam saja di situ dengan dirinya sendiri. 

15. Kamu melupakan diri sendiri

Tanda cinta bertepuk sebelah tangan yang terakhir adalah saat kamu kehilangan diri kamu sendiri untuk bisa mencintai dia. Kamu melupakan kebutuhan kamu, tanggung jawab kamu, hak kamu, dan nilai diri kamu. Yang ada di pikiran kamu hanya tentang bagaimana dia bisa cinta sama kamu. 

Cara Mengatasi Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

  • Let it go. Biarkan dia pergi. Bila kamu sudah berusaha dan dia malah semakin menjauh, ya biarkan dia pergi.
  • Ikhlas. Mungkin dia memang nggak berjodoh buat kamu. Tolong ikhlaskan orang-orang yang memang tidak diciptakan untuk kamu. 
  • Move on. Benahi hidupmu lagi dari awal. Cintai dirimu sebelum kamu mencintai orang lain. 
  • Jangan patah hati berlebihan. Cinta bertepuk sebelah tangan memang menyedihkan. Kita semua pernah merasakan itu. Namun, tolong patah hati secukupnya saja, jangan banyak-banyak. 
  • Cari Lagi. Bila kamu sudah membenahi hati kamu, ya buka mata dan usaha untuk orang lain yang mungkin diam-diam cinta sama kamu.

Itulah beberapa informasi tentang tanda-tanda cinta bertepuk sebelah tangan. Semoga hati kamu kuat dan segera mendapat cinta terbaik kamu. 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s