40 Istilah Cinta dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Ada banyak istilah Bahasa Inggris seperti I fancy you, you belong with me, lovesick, dan banyak lagi yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk, belajar tentang idiom Bahasa Inggris tentang cinta bersama-sama!

Istilah Cinta dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Kamu mungkin mendengar lagu-lagu barat di radio atau menonton film Hollywood dan tertarik untuk belajar tentang Idiom Bahasa Inggris tentang cinta. Atau, kamu mungkin ingin mengobrol tentang cinta dalam Bahasa Inggris dengan lebih baik. Nah, berikut ini kata-kata cinta Bahasa Inggris dan artinya  yang mungkin belum kamu pahami:

1. Crush 

‘I have a crush on you” artinya aku ngegebet kamu atau aku suka kamu, gitu. 

Crush artinya gebetan. Secara harfiah, crush artinya hancur. Lalu, kenapa crush disebut sebagai gebetan?

Saat kamu punya gebetan, kamu kadang menyukai orang itu terlalu dalam tanpa bisa memilikinya hingga memiliki potensi untuk menghancurkan hatimu sendiri. Maka dari itu gebetan disebut crush dalam Bahasa Inggris. Istilah crush juga bisa dipakai saat kamu suka banget sama selebriti atau siapapun yang tampaknya sulit digapai. “Chanyeol is my celebrity crush” 

2. Butterfly in my stomach

Butterfly in my stomach artinya secara harfiah adalah ada kupu-kupu di perutku. Maksudnya, kondisi saat kamu jatuh cinta dan kamu merasa sangat berbunga-bunga seperti ada kupu-kupu di perut kamu. 

Butterfly in my stomach adalah kondisi saat kamu sedang jatuh cinta dan kasmaran, di mana kamu merasa sangat gugpu, gelisah, sekaligus bahagia saat bertemu orang yang kamu sayang.

3. You belong with me 

You belong with me adalah istilah ungkapan cinta Bahasa Inggris yang artinya kamu milikku, kamu di sisiku, tempatmu di sisiku, atau sama juga dengan kamu cocok sama aku.

Contoh kalimat: “But you belong with me, why would you leave me? Artinya, tapi kamu milikku, kenapa kamu mau meninggalkan aku?” 

4. Break up

“Break up with your girlfriend

Yeah, yeah, ’cause I’m bored”

Putuslah dengan pacarmu

Yeah, yeah, karena aku bosan

Break up artinya putus. “We break up!” artinya kita putus! 

Sementara bila kamu bilang “break” saja, itu lebih tentang kamu mau “istirahat” dulu dari hubungan tersebut. Entah mau berpikir, liburan, evaluasi, dan lainnya sampai kamu siap bertemu lagi dengannya. 

5. Head over heels

Something happens and I’m head over heels

I never find out until I’m head over heels

Something happens and I’m head over heels

Head Over Heels – Tears for Fears

Head over heels artinya saat kamu merasa tergila-gila banget sama orang tersebut. Ibarat kepala kamu ada berlutut di tumitnya dia, cinta yang sangat gila. 

6. Get along with you

Get along with you adalah slang Bahasa Inggris tentang cinta  yang artinya seperti “sudah akrab sama kamu” atau sudah nyambung, sudah dekat, sudah cocok, dan sudah bergaul dengan nyaman. 

Biasanya kalimat get along with you kamu katakan pada gebetan, saat kamu mulai merasa cocok dengannya. 

I think I get a lot with you. I enjoy the time I spent with you

Rasanya aku cocok dengan kamu. Aku menikmati waktu bersama kamu. 

7. I fancy you

“Boy, I fancy you” – London Boy, Taylor Swift

I fancy you adalah cara lain mengatakan I like you, yang artinya aku menyukai kamu. Nah, ini bisa jadi kalimat variasi untuk mengekspresikan rasa suka kamu dengan seseorang. 

8. The apple of my eye

Arti dari apple of my eye adalah jantung hatiku. Istilah apple of my eye kamu gunakan untuk mengekspresikan betapa kamu mencintai, mengasihi, menyayangi orang tersebut. 

“You are the apple of my eye. Will you marry me?” Artinya, Kamu adalah jantung hatiku. Maukah menikah denganku?

9. You are all I need 

You are all I need adalah pernyataan cinta dalam Bahasa Inggris yang artinya hanya kamu yang aku butuhkan. 

Contoh kalimat: You are all I need. I don’t need nobody but you. Artinya: Hanya kamu yang aku butuhkan. Aku nggak butuh orang lain selain kamu. 

10. I love you to the moon and back

Arti I love you to the moon and back adalah aku mencintai kamu sampai kapanpun. Ini adalah istilah ungkapan cinta Bahasa Inggris berupa perasaan terdalam untuk orang yang kamu sayang. 

Baca Juga: 29 Istilah Dating Tren di Kalangan Millennial yang Belum Kamu Tahu

11. Honeymoon phase

Honeymoon phase adalah masa-masa awal pacaran atau awal pernikahan di mana rasanya manis, berbunga-bunga, dan penuh cinta. Setelah kalian pacaran cukup lama, honeymoon phase akan berakhir, dan kalian akan menemui konflik besar atau kecil dalam hubungan. 

Biasanya banyak pasangan yang bubar pasca honeymoon phase karena sudah kehilangan bunga-bunga atau romansa dalam cinta. Pasangan yang berhasil melalui honeymoon phase dan tetap langgeng, nah itulah hubungan yang bisa langgeng. 

12. Lovesick 

“We are the lovesick girls” – BlackPink

Lovesick adalah slang Bahasa Inggris tentang cinta yang artinya mabuk cinta. Ya, mabuk adalah konotasi negatif kan? Lovesick adalah efek mabuk akibat cinta yang memicu masalah kesehatan mental dan fisik. Misalnya, kondisi saat kamu sangat terbayang-bayang wajahnya, galau, baper,atau kacau saat kalian tidak bersama hingga kamu nggak bisa tidur.

Contoh lovesick lainnya adalah saat kamu merasa sedih berlebihan akibat cinta, emosi yang berubah-ubah, sulit konsentrasi, atau merasa tertekan karena cinta. 

13. Made for each other

Arti made for each other adalah sudah ditakdirkan bersama. Ketika kamu sudah merasa cocok, cinta, sayang, dan seperti kalian berjodoh untuk satu sama lain. 

14. Match made in heaven

Match made in heaven adalah kata-kata cinta Bahasa Inggris yang artinya cocok dengan seseorang, berjodoh dengan orang tersebut, atau sudah ditakdirkan bersama. 

15. Lovey-dovey

Lovey-dovey adalah istilah cinta dalam Bahasa Inggris yang menjelaskan tentang kelakuan orang-orang yang lagi kasmaran atau jatuh cinta. Biasanya masa lovey-dovey terjadi di awal-awal masa pacaran saat baru jadian, hampir mirip konsepnya dengan honeymoon phase

16. Summer love 

Summer love adalah cinta musim panas. Apa maksudnya? Ketika kamu bertemu seseorang di musim panas, saat liburan, atau di suatu tempat, dan kamu merasa cocok dengan dia dalam durasi yang singkat. 

Namun, kemudian kalian akan terpisah lagi karena harus pulang dari liburan, musim panas selesai, dan kalian harus kembali ke tempat kalian berasal. Yup, hubungan romansa satu musim saja. Bukan cinta, lebih ke nafsu atau gairah saja. 

17. Puppy love 

Puppy love adalah istilah cinta dalam Bahasa Inggris untuk cinta monyet. Hubungan cinta singkat yang biasanya terjadi di awal masa remaja. 

18. Love rat

Love rat, cinta tikus. Love rat adalah pernyataan cinta dalam Bahasa Inggris untuk orang yang suka selingkuh. Cintanya diibaratkan seperti tikus. 

19. Love at the first sight

Arti love at the first sight adalah cinta pada pandangan pertama. Ini adalah idiom Bahasa Inggris tentang cinta yang paling sering digunakan.

20. Cheating 

Cheat atau cheating adalah curang. Dalam istilah cinta dalam Bahasa Inggris, cheating artinya selingkuh.

You cheat me with that damn girl? (Kamu selingkuhi aku sama dia?)

You are such j#rk! (Kamu jingan)

Baca Juga: 16 Tipe Cinta Berdasarkan Studi Ancient Greeks dan Triangular Theory of Love

21. Ex 

  • Ex artinya mantan. 
  • Ex girlfriend: Mantan pacar (perempuan)
  • Ex boyfriend: Mantan pacar (laki-laki)
  • Exes: Mantan-mantan (lebih dari satu mantan pacar)

22. Tie the knot

Tie the knot adalah istilah ungkapan cinta Bahasa Inggris yang artinya’ sahkan hubungan atau segera menikah’. Hampir sama juga dengan “halalin deh”. 

23. Lovebirds

Lovebirds adalah istilah cinta dalam Bahasa Inggris untuk pasangan yang suka pamer kemesraan di muka umum. 

24. Make out 

Kata-kata cinta Bahasa Inggris dan artinya selanjutnya adalah make out. Make out artinya berhubungan intim atau berhasil melakukan kontak fisik dan bercinta dengan seseorang. Dalam bahasa slang Indonesia memiliki banyak istilah juga seperti wikwik atau ena ena.

25. Love affair

Love affair adalah perselingkuhan atau hubungan cinta terlarang. Ungkapan ini digunakan misal untuk suami yang selingkuh dari istrinya dengan wanita lain. 

He’s having a love affair with his secretary. (Dia punya hubungan cinta terlarang dengan sekretarisnya).

26. On the rock

“We’re on the right side of rock bottom.” – Hailee Steinfeld

On the rock adalah istilah untuk hubungan cinta yang lagi banyak konflik, masalah, atau pasangan itu sedang sering bertengkar.

My relationship with Ben is on the rock. (Hubungan aku sama Ben lagi banyak masalah ini).

27. Double date 

Double date adalah kencan ganda. Biasanya dilakukan oleh 4 pasangan yang juga saling berteman. 

29. Those three little words

Those three little words maksudnya adalah I love you (aku mencintai kamu). 

I can’t say those three little words but you know I will protect you with all my life. (Aku nggak bisa mengucapkan tiga kata itu I-love-you tetapi kamu tahu saya akan melindungi kamu dengan seluruh hidupku). Cieeee. 

30. Kiss and make up

“Kiss and make, kiss, kiss and make up” – Blackpink, Dua Lipa

Kiss and make up adalah istilah cinta dalam Bahasa Inggris yang maksudnya baikan setelah habis bertengkar. 

Baca Juga: 48 Jenis-Jenis Orientasi Seksual (Queer, LGBTQIA+, Homoseks, dll)

31. Seeing somebody 

Seeing somebody adalah slang Bahasa Inggris tentang cinta  yang maksudnya kamu lagi menggaet seseorang atau kamu lagi punya gebetan yang kamu kejar sekarang. 

“Are you single or seeing somebody?” (Kamu lagi jomblo atau lagi gebet seseorang?)

32. Make love 

Make Love artinya sama dengan bercinta atau berhubungan intim dengan perasaan.Sementara kalau istilah make out tadi lebih tentang hubungan seks dengan seseorang pada hubungan yang tidak terlalu serius.

I make love with Tony. Aku bercinta dengan Tony. 

33. Madly love

Madly love adalah istilah cinta dalam Bahasa Inggris yang maksudnya cinta tergila-gila. 

“I’m madly in love with you.” (Aku jatuh cinta sama kamu tergila-gila).

34. Drunk in love

Drunk in love adalah mabuk cinta. Maksudnya, kondisi saat kamu sedang kasmaran sama seseorang. Perasaan bahagia, penasaran, genit, dan kadang ada negatifnya juga saat mencintai seseorang. 

35. Side chick

Side chick adalah selingkuh cewe. Kalau dalam bahasa slang lokal maksudnya sama dengan pelakor ya. 

36. Fall for you

I fall for you artinya aku jatuh cinta sama kamu. 

37. The one 

“But it would’ve been fun

If you would’ve been the one” – TS

You are the one atau kamu satu-satunya buat aku.

38. A keeper

Keeper artinya penjaga gawang secara harfiah. Dalam istilah cinta dalam Bahasa Inggris, a keeper adalah seseorang yang tepat buat kamu atau berjodoh dengan kamu. 

39. One night stand

One night stand adalah cinta satu malam oh indahnya. Selengkapnya di sini One Night Stand (ONS): Pengertian, Risiko, Tips, dll

40. Hookup 

Hookup adalah hubungan seksual tanpa perasaan dengan orang lain. Baca lengkap tentang apa itu budaya hookup di sini.

Nah, itulah beberapa istilah cinta dalam Bahasa Inggris dan artinya. Sebenarnya masih banyak lagi slang atau idiom Bahasa Inggris tentang cinta yang belum dibahas di sini. Semoga bisa kita bahas lagi pada artikel lain, ya! Thank you, have a good love life! 

Referensi:

Makkos, Melinda. 2021. 25 Idioms about Love and what they mean!. myenglishteacher.eu/blog/20-suprisingly-funny-idioms-about-love/. (Accessed on 2nd August 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s