15 Cara Putus dengan Pacar yang Tidak Mau Putus

Cara putus dengan pacar yang tidak mau putus adalah dengan langsung mengatakannya dengan tegas namun tetap dengan cara yang sopan, halus, dan tetap menghargai dia. Bila kamu sedang berpikir untuk putus dengan dia, namun kamu yakin dia tidak akan terima, mohon baca tips dan bagaimana cara memutuskan pacar secara baik-baik berikut ini: 

Cara Putus dengan Pacar yang Tidak Mau Putus

Putus cinta adalah hal yang menyakitkan bagaimanapun juga, baik kamu yang mutusin atau yang diputusin, putus cinta rasanya pasti sedih bukan main. Nah, ada dua cara untuk putus, yaitu cara baik dan cara jingan (mohon putuskan seseorang dengan baik sebisa mungkin).

Bila kamu sedang berpikir untuk putus banun pacar kamu tidak mau putus, baca cara putus dengan pacar yang tidak mau putus (dengan baik dan sopan) berikut ini: 

1. Ucapkan Langsung

Entah apapun alasan kamu mau putus sama dia, usahakan kamu putusin dia secara langsung. Jangan putuskan seseorang hanya via chat, telepon, sosmed, minta tolong orang lain untuk mengatakannya, atau ghosting

Bila kamu dan dia pernah punya hubungan sangat dalam, sudah lama, sudah menuju jenjang lebih tinggi, hubungan yang diketahui keluarga, atau berawal dari teman dekat, maka kamu disarankan untuk putuskan dia secara langsung. Ini akan memudahkan kalian untuk putus dengan baik dan jelas, juga memberi mereka closure agar mereka juga paham dan cepat move on

Kamu boleh putuskan dia secara virtual hanya bila kamu yakin dia akan menyakiti kamu secara fisik atau emosional bila kalian bertemu lagi, atau berpotensi mengancam jiwa kamu, atau bila kalian baru melalui beberapa kencan yang belum pakai hati. 

2. Beri Dia Alasan yang Jelas

Cara memutuskan pacar secara baik-baik adalah dengan beri dia alasan yang jelas tentang kenapa hubungan kalian harus berakhir. Bila itu karena kamu sudah nggak cinta lagi, kamu merasa hubungan ini toxic, kamu jatuh cinta sama orang lain, atau apapun itu alasannya, kamu harus jujur padanya.

Ya, dia akan menganggap kamu kejam dan jahat, tapi setidaknya kamu memberi dia closure yang jelas sehingga dia tidak lagi bertanya kenapa. Walaupun sulit, dia pasti akhirnya bisa menerima keputusan kamu untuk putus sama dia. 

3. Pilih Tempat yang Tepat

Jangan putuskan dia di tempat yang ramai, di lokasi yang jauh dari rumahnya, atau di tengah orang-orang yang dia kenal karena itu akan sangat menyedihkan. Sebaiknya cari tempat dengan privasi di mana kalian bisa komunikasi dengan baik atau aman untuk situasi yang emosional. 

Selain itu, jangan putuskan dia tempat yang romantis karena itu jahat sekali. Kamu mengajaknya ke tempat atau dinner romantis hanya untuk mutusin dan mematahkan hatinya? That’s a devil level of evil. 

4. Juga Pilih Waktu yang Tepat

Jangan putuskan dia pada momen atau waktu yang harusnya bahagia seperti ulang tahun, natal, idul fitri, hari kelulusan, anniversary kalian, malam tahun baru, atau waktu lainnya yang seharusnya kalian rayakan. 

Jangan juga putuskan pacar kamu saat dia sedang dalam keadaan berduka. Setidaknya tunggu beberapa hari atau minggu hingga kondisi mental dia membaik. Kamu tahu, putus atau break up bisa jadi alasan mental breakdown seseorang. 

Baca Juga: 9 Cara Minta Putus sama Pacar dengan Baik-Baik Lewat Chat

5. Katakan Sesegera Mungkin

Setelah kamu memantapkan hati untuk putus, segera putuskan dia. Lebih cepat putus, lebih cepat kalian akan bisa move on.

Sebagian besar orang suka menundanya dan malah memberi tanda-tanda putus, seperti jadi jarang menghubungi, jadi abai, tidak perhatian lagi, membuat pasangan merasa bersalah, atau malah tidak menghargai pasangan. Itu hanya menambah drama yang tidak perlu saja. 

6. Jangan Hanya Minta Break Sebentar

Cara putus dengan pacar yang tidak mau putus adalah dengan langsung putus, jangan hanya minta break. Saat hubungan mulai renggang, buruk, banyak masalah, atau membosankan, satu pihak biasanya akan bilang “kita break dulu ya. aku mau pikirin dulu hubungan kita..”

Kebanyakan kasus seseorang yang minta break tidak memikirkan hubungan atau mencari solusi agar langgeng lagi, mereka hanya cukup pengecut atau bingung untuk memutuskan hubungan. Kamu tahu pacar kamu memang bakal nggak mau putus sama kamu, kalau kamu bilang break aja, ya kamu hanya beri dia harapan palsu. 

7. Katakan Sejujurnya

Mungkin kamu sudah bilang kamu mau putus, lalu dia merengek tidak mau putus. Maka, kamu harus katakan sejujurnya alasan kenapa kamu mau putus atau kenapa kamu berpikir hubungan ini harus di selesaikan sekarang juga. 

Jangan berikan alasan palsu. Bantu dia untuk mengerti ini kenapa hubungan kalian nggak akan bisa jalan dalam waktu lama atau nggak akan kemana-mana. 

8. Ucapkan Terima Kasih dan Minta Maaf

Katakan dengan jelas bahwa kamu minta maaf atas apapun itu, dan kamu juga berterima kasih atas semua waktu dan momen yang pernah kalian jalani bersama. 

Pasti ada banyak hal di kepalanya sampai dia nggak mau putus sama kamu. Saat kamu minta maaf dan berterima kasih, itu akan membantu dia berdamai dengan dirinya sendiri. Dia nggak akan merasa bahwa kamu menyesal pernah pacaran sama dia. 

9. Jangan Minta Waktu

Cara putus sama pacar yang tidak mau putus adalah dengan jangan lagi memberi dia waktu atau meminta waktu dari dia. It’s game over so both of you should just stop.

Bila dia merengek nggak mau putus, lalu kamu nggak tega, dan malah bilang “yauda deh tunggu aku pikirin lagi ya…” Huh, itu akan merepotkan kedua pihak. Kalian hanya akan jadi toxic couple.

10. Lakukan dengan Sopan, Baik, dan Lembut 

Kamu memang mau putus dari dia, kamu ingin pergi dari hidup dia, namun bukan berarti kamu bisa menyalahkan atau tidak menghargai dia. Jadi, mohon putuskan dia dengan cara yang baik, sopan, tenang, dan tetap lembut. 

Putus sama kamu pasti menghancurkan hatinya. Jangan kamu tambah patah hati dia dengan cara putus yang tidak manusiawi. 

Baca Juga: Putus Cinta saat Corona: Fakta, Penyebab, dan Cara Mencegah

11. Putuskan Semua Hubungan dan Koneksi

Cara putus dengan pacar yang tidak mau putus adalah dengan putuskan semua koneksi kamu dan dia. Setelah kalian putus, silakan kamu hapus nomornya atau koneksi di media sosialnya.

Ya, itu memang kejam. Namun, kamu sudah beri alasan jelas dan mengakhirinya dengan baik. Kamu putuskan semua koneksi dia juga agar dia bisa cepat lupa sama kamu dan cepat move on. 

Bila dia masih bisa akses kehidupan kamu lewat sosial media misalnya, dia akan patah lagi setiap kali dia melihat kamu. Bila pun kamu bertemu dengannya atau terlibat dalam situasi sosial dengan mantan yang nggak mau putus, please keep it cool. Tetap baik dan sopan namun biasa saja padanya. 

12. Jangan Bersimpati

Pacar yang nggak mau putus akan mencoba mencari perhatian sama kamu. Dia mungkin menangis di telepon atau mencoba mengubah keputusan kamu. 

Katakan bahwa ini sudah keputusan final kamu. Tidak ada gunanya untuk mencoba lagi hubungan dari awal. Yang terpenting kamu sudah menjelaskan kenapa kalian harus putus. 

13. Jangan Ghosting 

Bila pacar nggak mau putus, cara paling mudah untuk meninggalkan dia memang dengan ghosting. But nah, don’t do that. Nothing could be more painful than being ghosted. Lakukan tahap 1-12 yang sudah dijelaskan, jangan ghosting ya. 

14. Putus 

Putus ya sudah putus. Jangan kasih dia harapan palsu. Jangan buat alasan palsu. Jangan lagi kontak dia. Selesaikan urusan kalian. Jangan buat isu baru. 

Bila nanti kalian bisa berteman lagi atau tetap jalin silaturahmi, that’s a good thing. Tapi untuk sekarang, lakukan no contact agar memudahkan proses berduka karena putus. 

15. Move On 

Biarkan mantan kamu itu move on. Kamu juga harus move on. Break up in a good way, break up for good. 

Note from Writer

Itulah beberapa cara putus dengan pacar yang tidak mau putus. Dalam banyak kasus, satu pihak memang tidak mau diputuskan dan proses putus cinta pasti menyakitkan. Bila kamu adalah pihak yang mau memutuskan, mohon buat semua ini jadi mudah dengan memberinya closure yang jelas. Bila kamu pihak yang diputuskan sepihak, percayalah bahwa kamu akan baik-baik saja dan luka itu akan sembuh. 

Referensi: 

  1. Chomza. 2020. Breaking up with someone who refuses to break up. choma.co.za/articles/66/breaking-up-with-someone-who-refuses-to-break-up. (Accessed on 1st August 2021).
  2. HEGARTY, PHILIP. 2021. How to Break Up When Your Partner Doesn’t Want To. lovepanky.com/love-couch/your-ex/how-to-break-up-when-your-partner-doesnt-want-to. (Accessed on 1st August 2021).
  3. UNIACKE, KATIE. 2021. If Things Aren’t Working Out, This Is The Right Way To Break Up With Someone. aconsciousrethink.com/6945/how-to-break-up-with-someone/. (Accessed on 1st August 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s