Mengapa Kucing Takut Mentimun? Ini Kata Pemerhati Binatang

Mengapa kucing takut mentimun? Kamu mungkin menonton banyak video viral tentang kucing yang ketakutan saat dilemparkan mentimun, namun mengapa begitu?

Mengapa kucing takut mentimun?

Ekspresi kucing yang lucu saat kaget dan ketakutan membuat orang-orang malah sengaja untuk tetap menakuti kucing, salah satunya dengan melempari kucing dengan timun. Uh, kucing ketakutan dan kamu malah tertawa? You are a bad hooman.

Inilah alasan kenapa kucing takut mentimun: 

1. Timun Berbentuk Seperti Ular 

Banyak ahli dan pemerhati binatang yang setuju bahwa kucing tidak takut dengan timun, namun timun berbentuk atau mengingatkan kucing pada ular. 

Ya, kucing tidak takut pada manusia, namun sangat takut pada ular. Secara genetik, kucing terprogram secara naluri untuk takut pada ular, walaupun kucing mungkin tidak pernah bertemu dengan ular sungguhan seumur hidupnya.

Con Slobodchikoff, ahli perilaku hewan dan penulis buku berjudul Chasing Doctor Dolittle: Learning the Language of Animals mengatakan bahwa kucing akan melompat, lari, dan takut bila melihat benda apa saja yang seperti merayap di tanah. Bukan hanya timun, namun benda apa saja yang terlihat seperti ular akan membuat kucing histeris. 

2. Kucing Kaget, Tidak Suka Ada Timun Dibelakangnya

Mikel Delgado, konsultan perilaku kucing bersertifikat yang mempelajari perilaku hewan dan hubungan manusia-hewan peliharaan sebagai Ph.D. mahasiswa di University of California, Berkeley, mengatakan bahwa kucing merasa kaget saat seseorang tiba-tiba melemparinya dengan timun. Ini adalah respon kaget natural dari makhluk hidup. 

Kamu manusia juga pasti akan kaget kan bila tiba-tiba dilempari sesuatu? Begitu juga kucing, saat dia takut dia akan menunjukan respon lari, melompat, atau mengumpat untuk menghindari sumber kekagetan itu. Dan bukan hanya kaget karena timun, buah dan benda lain dapat membuat kucing kaget setengah mati. 

Jangan Suka Menakuti Kucing dengan Timun atau Benda Lainnya

Ekspresi kucing yang sedang kaget mungkin nampak imut dan lucu, namun mohon jangan jadi bad hooman. Setiap kali kamu sengaja menakuti kucing demi hiburan kamu, kucing akan mengalami kehancuran psikologi dan mental perlahan. 

Para ahli menyarankan semua pemilik kucing tidak melakukan lelucon seperti itu di rumah atau di manapun. Laporan National Geographic menyebutkan bahwa kucing memiliki potensi untuk menyakiti diri sendiri, memecahkan benda-benda lain yang berbahaya, serta menyebabkan stres berkepanjangan pada kucing. 

Itulah alasan kenapa kucing takut mentimun. Jangan coba-coba mempermainkan kucing peliharaan kamu dengan lelucon murahan tersebut. Don’t be a bad nasty little hooman torturing cute goddess cats like that.

Referensi:

DiNuzzo, Emily. 2017. This Is Why Cats Are Afraid of Cucumbers. rd.com/article/why-cats-afraid-of-cucumbers/.

VALIENTE, ALEXA. 2015. Why These Scaredy Cats Are Absolutely Terrified of Cucumbers. abcnews.go.com/amp/Lifestyle/scaredy-cats-absolutely-terrified-cucumbers/story?id=35953032. 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s