20 Cara Mengambil Hati Orang Introvert 

Cara mengambil hati orang introvert susah-susah gampang, namun intinya kamu nggak boleh memaksa dia untuk datang ke tempat ramai dan meminta dia untuk bicara. Ketahui bagaimana cara berteman dengan introvert dalam pembahasan ini.

Cara mengambil hati orang introvert 

Introvert adalah kepribadian yang ditandai dengan orang yang lebih pendiam, lebih suka sendirian, dan tidak terlalu nyaman untuk menjadi pusat perhatian. Ada persepsi bahwa orang introvert tidak suka berteman dan sulit juga untuk bisa berteman dengan orang introvert. 

Padahal, tidak begitu. Orang introvert sebenarnya tipe teman setia dan sangat baik yang bisa kamu miliki. Hanya mereka sangat selektif pada siapa mereka bisa terbuka, percaya, dan menunjukan sifat aslinya dia. 

Jangan salah sangka, ya. Makanya pelajari dulu cara mengambil hati orang introvert sebagai berikut: 

1. Jangan memaksa 

Saat kamu baru kenal dengan seorang introvert, jangan memaksa dia untuk langsung bisa terbuka atau bicara sama kamu. Bahkan, orang introvert nggak suka basa-basi dengan orang yang baru dia kenal. 

Apalagi memaksa orang introvert untuk keluar dan bersosialisasi, itu adalah kesalahan besar. Biarkan si introvert itu mencerna sendiri kehadiran kamu di hidupnya. Bila dia rasa kamu bisa cocok dengannya, pelan-pelan dia bisa lebih nyaman dan enjoy untuk bisa sharing lebih banyak sama kamu. 

2. Harus sabar

Jangan terburu-buru dengan introvert dalam hal kedekatan personal atau keintiman baik secara fisik dan emosional. Bila kamu memaksa introvert untuk bercerita, terbuka, atau segalanya dengan cepat, malah dia akan semakin jauh dari kamu. 

Bila kamu sabar, pelan-pelan, dan memberinya waktu sesuai keinginan dia, maka si introvert bisa investasi dirinya dan jiwanya ke kamu, di mana membuat kalian jadi lebih dekat. 

3. Jujur dan tulus

Seorang introvert bisa mencium permainan kamu sejak awal. Bila kamu adalah orang yang fake atau berniat untuk memanfaatkan dia, maka dia akan semakin menutup pintu hatinya untuk kamu. 

Jadi, mohon hanya dekati dia bila kamu adalah orang yang jujur dan tulus. Coba terbuka dengan si introvert, tunjukan kekuranganmu, kekonyolan, dan dirimu yang sesungguhnya. Itu akan membuat introvert merasa nyaman dan percaya sama kamu. 

4. Pendekatan pelan-pelan

Bila kamu mau PDKT dengan seseorang yang kamu duga introvert, mohon lakukan PDKT dengan sangat halus, lembut, pelan, dan sabar. Introvert membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa buka hatinya untuk orang baru. 

Selain itu, kamu jangan terlalu terlihat seperti kamu sangat menunggu dia, penasaran sama dia, atau ngebet banget sama dia. Introvert akan menyadari itu dan malah membuat dia bingung, nggak nyaman, dan malah akan menjauh dari kamu. 

Baca Juga: 15 Cara Menghadapi Orang Introvert Marah

5. Jadilah pendengar yang baik

Introvert adalah sosok pendiam yang mungkin hanya bicara seadanya walaupun ada banyak hal-hal lain yang berputar di kepalanya. Jadi saat orang introvert sedang bicara sama kamu, mohon dengarkan dia dengan baik dan jangan dipotong.

Pastikan bahwa kamu memerhatikan setiap kata yang dia ucapkan dan coba mengerti dia. Tunggu sampai dia selesai bicara tentang semuanya, baru ucapkan pendapat kamu. 

6. Jangan banyak menuntut atau ketergantungan dengan si introvert

Cara mengambil hati orang introvert adalah dengan tidak needy, bucin, atau ketergantungan dengan si introvert. Itu akan meningkatkan rasa cemas introvert saat dia menyadari bahwa seseorang sangat bergantung padanya. 

Introvert butuh space dan waktu sendirian entah untuk sekadar merenung atau berkelana. Bila kamu selalu ada di sekitarnya dan selalu menuntut waktu bersama, itu akan membuat introvert merasa nggak bebas dan nggak nyaman. 

7. Mulai bertanya dan ngobrol dengan nyaman

Kami para introvert memang nggak terlalu suka bicara, tapi bukan berarti kami nggak mau berteman dengan orang lain. Kebanyakan introvert juga memiliki ide yang besar, opini yang bagus, dan gagasan yang menarik lainnya. 

Jadi, cobalah mulai undang teman atau gebetan kamu yang introvert itu untuk ngobrol tentang opini dia terhadap topik terkini, kedinginan dia, hobi dia, atau deep talk lainnya.

Namun, jangan membuat dia merasa sedang diintrogasi atau sedang wawancara kerja. Jalin obrolan yang menarik dengan utarakan juga opini dan wawasan kamu tentang topik terkait.   

8. Harus terbiasa dengan keheningan

Kami para introvert menyukai keheningan. Jadi cara mengambil hati orang introvert adalah dengan menghormati keheningan dari si introvert tersebut. Bahkan kamu juga harus terbiasa dengan keheningan seperti itu. 

Bila teman, gebetan, atau pasangan kamu yang introvert tiba-tiba menghilang, mungkin dia sedang dalam silent mode atau sedang menetralisir kekacauan dalam dirinya (yang kamu buat) atau sedang recharge energi saja. 

9. Mengerti perasaannya

Dalam hubungan apapun, tentu kita harus saling pengertian. Bagi introvert, sering dia juga berharap kamu bisa mengerti dia tanpa dia harus menjelaskan apa yang salah. Jadi, kamu harus benar-benar mengenal dia dengan dalam. 

10. Jangan telepon, chat saja

Yang paling penting, cara mengambil hati introvert adalah dengan nggak memaksa dia untuk bicara secara langsung baik melalui sambungan telepon atau ngobrol secara langsung. Kebanyakan para introvert lebih senang komunikasi via chat, so please hanya telefon si introvert bila ada hal penting saja. 

11. Ajak hangout ke tempat yang nyaman buat introvert

Bila kamu mau hangout sama si introvert, tanyakan tempat apa yang nyaman untuk dia. Misalnya, pilih cafe yang estetis dan nggak terlalu ramai, temani dia jalan-jalan di toko buku, duduk di pojok restaurant, ngobrol di taman yang sejuk, atau tempat mana saja yang nggak membuat dia menjadi pusat perhatian dan canggung. 

Baca Juga: 17 Cara Memilih Teman yang Baik Sebagai Support System Kamu

12. Jangan judge dengan salah

Sejak awal bertemu introvert, jangan judge dia dengan opini apapun yang ada di kepala kamu. Jangan sampai kamu bertanya, “kenapa kok diam saja?” Itu akan membuat teman introvert kamu lari pulang di detik itu juga. 

13. Coba ikuti hobinya dia

Cara mengambil hati orang introvert selanjutnya adalah dengan coba ngobrol atau bahkan ikut terlibat dengan hobinya dia. Kamu bisa join secara langsung bila benar-benar tertarik, atau sekadar temani dia, atau biarkan dia bercerita tentang betapa excited-nya dia melakukan hal-hal yang membuatnya merasa hidup.

Lihat matanya berbinar saat menceritakan itu semua. Hargai dan terus dukung dia. 

14. Jangan memotong pembicaraan

Sudah disebutkan sebelumnya, jangan pernah memotong pembicaraan dengan introvert. Alih- alih dia nggak akan mau coba untuk ngobrol sama kamu lagi. 

Dia akan berpikir bahwa dia nggak didengarkan dan obrolan kamu lebih penting dari dia. Jadi, dia akan lebih diam dan dingin pada kamu. 

15. Hanya antara kamu dan si introvert atau grup kecil

Jangan libatkan orang lain selain kamu dan dia. Bila seorang introvert mau berteman sama kamu, maka dia akan menganggap itu sangat eksklusif. Bila tiba-tiba kamu mengajak orang lain, dia akan merasa terabaikan.

Kamu bisa pelan-pelan mengajaknya bergabung ke grup kecil, namun beri tahu dia terlebih dulu. Sangat sulit bagi seorang introvert untuk berkumpul di komunitas yang besar kecuali kalau dia bersedia. 

16. Jangan berharap komunikasi konstan dan lancar dengan introvert

Cara mengambil hati orang introvert adalah dengan membiarkan obrolan berjalan natural saja. Jangan berharap komunikasi yang konstan dengan orang introvert karena itu hampir nggak mungkin. 

Orang introvert bisa membiarkan pesan kamu nggak terbaca. Bila introvert nggak bicara sama kamu berhari-hari, bukan berarti dia mengabaikan atau melupakan kamu. 

17. Bicara 4 mata dengan dan tanya apakah oke untuk share idenya ke lebih banyak orang

Sangat sulit bagi seorang introvert untuk mengungkapkan ide-idenya pada banyak orang. Bahkan sharing atau ngobrol dengan satu orang saja bisa menguras banyak tenaga. Walaupun dia punya banyak ide atau bakat, dia sulit menunjukan itu. 

Bila seorang introvert sharing idenya ke kamu, itu adalah hal bagus. Tanyakan pada dia apakah nggak keberatan bila kamu share idenya ke orang lain atau membuat idenya itu didengar ke komunitas yang lebih besar.  

18. Ciptakan real conversation

Cara berteman dengan orang introvert dimulai dengan percakapan yang nyata dan dalam. Jangan cuma basa-basi atau penasaran. Seorang introvert akan membuka hatinya pada orang yang benar-benar mau mengenal dia dari hati. 

Baca Juga: 32 Tipe Hubungan Cinta, Kamu Sedang Menjalani yang Mana?

19. Beranikan dia untuk mengekspresikan pikirannya

Umumnya, orang introvert baru akan mengemukakan opini atau sesuatu bila dia ditanya. Jadi, kamu bisa memberanikan dia untuk speak up dengan bertanya padanya dan pastikan dia nggak merasa terintimidasi.

20. Hindari keramaian

Cara berteman dengan introvert yang terakhir adalah dengan nggak melibatkan dia dalam keramaian atau menjadikan dia pusat perhatian. Kamu bisa melakukan itu hanya bila dia bersedia dan merasa nyaman.

Referensi:

AGARWAL, SHRIYA. 2015. 14 powerful ways that can help introverts talk and open up. news18.com/news/lifestyle/14-ways-in-which-you-can-help-your-introvert-friends-talk-1039981.html. (Accessed on 24th July 2021). 

Introvert Dear. 2018. 13 ‘Rules’ for Being Friends With an Introvert. introvertdear.com/news/9-rules-for-being-friends-with-an-introvert/. (Accessed on 24th July 2021). 

Michaela. 2017. How to Make an Introvert Fall in Love. introvertspring.com/make-an-introvert-fall-in-love/. (Accessed on 24th July 2021). 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s