10 Cara Introvert Mendapatkan Pacar dengan Cepat

Hi, Introvert! Jangan khawatir ya kamu bisa mendapatkan pasangan yang sempurna di waktu yang tepat. Cara introvert mendapatkan pacar adalah dengan perluas pergaulan, cari pacar dari komunitas terdekat kamu, dan meningkatkan kualitas diri. 

Cara introvert mendapatkan pacar 

Introvert adalah jenis kepribadian yang cenderung pendiam, pemalu, dan menghindari keramaian atau percakapan dengan orang baru. Dengan sifat natural seperti itu, orang introvert sering kali mengalami masalah dalam pergaulan, tidak memiliki teman banyak, dan juga dianggap sulit cari pacar. 

Padahal, seorang introvert tetap dapat memiliki hubungan baik-baik dengan banyak orang. Faktanya, banyak juga orang-orang introvert yang sudah menikah kan? 

Bila kamu seorang introvert dan masih jomblo, ikut tips dan cara introvert mendapatkan pacar berikut ini: 

1. Jalin persahabatan yang baik

Biasanya seorang introvert memiliki setidaknya 1 teman baik atau sahabat yang bisa diandalkan. Nah, kamu bisa minta tolong sama dia untuk dikenalin atau comblangin dengan teman-teman dia lainnya yang mungkin berpotensi menjadi pacar kamu di masa depan. 

Umumnya, sahabat kamu yang introvert pasti akan meminta kamu untuk ikutan gaul sama circle-nya dia. Walaupun itu mengganggu kamu kadang-kadang, namun manfaatkan momen itu untuk mengenal lebih banyak orang ya atau setidaknya menunjukan pada orang-orang bahwa kamu ada. 

2. Cari pacar dari komunitas kamu

Seorang introvert nggak tertarik untuk hadir di keramaian dan kenalan sama orang secara random. Namun, dia pasti memiliki hubungan baik dengan orang-orang di komunitasnya sendiri, tempat atau lingkungan yang dia sukai.

Mudahnya, mulai lebih dekat dengan orang-orang di sekitar komunitas kamu dan cari pacar di sana. Kamu juga pasti sudah tahu siapa saja orang-orang di sana, mereka juga sudah paham bahwa kamu seorang introvert namun memiliki sisi menarik yang mungkin kamu kagumi. 

Misalnya, komunitas berbasis hobi kamu di mana kamu bertemu dengan orang-orang yang menyukai hal-hal serupa dengan kamu. Pasti akan lebih mudah PDKT, cari topik obrolan, bertemu lebih intens, dan kamu bisa lebih kenal sama dia secara personal. Itu adalah circle kamu, jadi seharusnya nggak terlalu canggung lagi. 

3. Cari pacar di perpus, gym, kelas bahasa, dll 

Kebanyakan introvert menyukai hal-hal khas seperti baca buku, naik gunung, belajar bahasa, olahraga, suka anime, dan semacamnya. Nah, sembari kamu menikmati waktu mengekspresikan diri dalam hobi, silakan sambil cari gebetan dan pacar di sana. 

Ingatkah dalam film AADC di mana Rangga bertemu Cinta di perpustakaan? So, carilah pacar di tempat-tempat yang sering kamu kunjungi atau komunitas yang kamu banget. 

4. Online dating 

Today is the world of online dating. Ada banyak aplikasi online dating seperti Tinder, OkCupid, Bumble, Matchcom, dan lainnya yang dapat kamu gunakan untuk sekadar kenalan sama orang lain atau cari pacar sungguhan.

Dengan percakapan online, mungkin kamu bisa belajar untuk mulai ngobrol sama orang lain tanpa harus canggung berlebihan. Komunikasi secara online sangat membantu para introvert untuk menghindari social anxiety yang mereka punya.

Bila kemudian ada satu atau dua orang yang ingin bertemu langsung sama kamu dan memiliki hubungan dekat, nah gunakan kesempatan emas itu, terutama bila kamu juga merasa tertarik sama dia. Kalian udah ngobrol cukup lama via chat atau telepon, jadi seharusnya nggak begitu canggung lagi saat ngobrol secara langsung ya. 

Baca Juga: 15 Cara Menghadapi Orang Introvert Marah

5. Menjaga penampilan fisik

Cara introvert mendapatkan pacar adalah dengan memerhatikan penampilan fisik. Memang orang-orang bilang kalau cinta tidak memandang fisik, namun cara kamu berpakaian/berpenampilan menjadi cermin pertama yang orang lain lihat tentang bagaimana karakter kamu dan bagaimana kamu memperlakukan diri sendiri. 

Kamu harus tetap jadi diri kamu sendiri, misalnya butuh pakai kacamata atau suka dengan pakaian rapi setiap hari, namun tambahkan sedikit sentuhan fashion di sana agar tidak boring. 

Bila kamu cowok introvert, coba cari inspirasi dari fashion-nya Ardhito Pramono, Nikolas Saputra, Iqbal, Vincent, Afgan, Digta, dll. Bila kamu cewek introvert, sepertinya fashion ala Maudy Ayunda dan Najwa Shihab bisa membuat kamu terlihat lebih cantik dan smart lagi. 

6. Belajar public speaking

Selain merapikan penampilan diri, seorang introvert juga disarankan belajar public speaking. Ini penting bukan hanya untuk melancarkan obrolan sama gebetan, tapi juga untuk urusan karir, membangun hubungan dengan kolega, di pergaulan, meningkatkan fungsi sosial, dan sebagainya. 

Kita memang seorang introvert yang canggung serta lebih memilih menghindari percakapan dengan orang lain, namun kita tetap harus menjalani fungsi kehidupan dengan baik, salah satunya dengan belajar cara komunikasi untuk menjaga hubungan dengan siapapun itu atau konteks apapun. 

7. Jadi hebat dalam bidang kamu

Cara introvert mendapatkan pacar adalah dengan menjadi hebat dalam bidang yang kamu suka. Saat kamu sangat menonjol dan terlihat hebat, maka orang-orang akan penasaran, tertarik, dan coba mendekati kamu. 

Misalnya, kamu berada di komunitas untuk belajar gitar, maka fokus belajar main gitar hingga kamu terdengar sangat hebat dan semua orang di komunitas itu mau kenal lebih dalam sama kamu. Contoh lain, Ardito Pramono memainkan musik jazz dengan sangat baik hingga dia nggak perlu repot-repot menggoda para wanita karena mereka sudah datang sendiri.

8. Perluas pergaulan

Orang introvert dikenal sebagai tipe yang nggak punya banyak teman dan lebih senang menghabiskan waktu sendirian. Itu nggak apa-apa, namun tetap harus seimbang ya.

Ketahui kapan kamu harus hangout, keluar mencari udara segar, sesekali nongkrong sama teman, tetap aktif di komunitas, dan menjaga hubungan baik dengan orang-orang sekitar. Ya, siapa tahu kamu ketemu jodoh saat kenalan sama wanita di supermarket atau semacamnya.  

Baca Juga: 17 Cara Memilih Teman yang Baik Sebagai Support System Kamu

9. Jangan terjebak dalam stigma introvert

Introvert adalah sebuah kepribadian, bukan kekurangan. Menjadi introvert bukan berarti kamu kesepian dan pecundang, namun kamu hanya terlalu eksklusif dan butuh pendekatan yang lebih dalam untuk kenal dengan seseorang. 

Kamu tetap dapat stand out menjadi diri kamu sendiri. Yang terpenting, selalu improve diri jadi versi yang lebih baik, perbaiki kekurangan yang mungkin ada, dan selalu berdoa agar jodoh didekatkan pada waktu yang tepat.

10. Tingkatkan kualitas diri

Cara introvert mendapatkan pacar adalah dengan meningkatkan kualitas diri entah dari bidang apapun yang kamu pikir itu penting untuk kamu. Misalnya, oh kamu canggung saat ngobrol dengan lawan jenis, maka belajar public speaking atau leadership class.

Kalau kamu nggak PD dengan penampilan, segera minta pendapat dan saran ke orang lain yang kamu percaya. Belajar makeover diri, minta tolong dengan profesional, fokus pada tujuan kamu, dan hal-hal seperti itu dapat membuka aura dan kharisma kamu pada orang lain. 

Baca Juga: 23 Cara Mengatasi Patah Hati Menurut Psikolog

Tips agar Introvert Cepat dapat Pacar 

  • Ingat bahwa menjadi introvert bukan sebuah kekurangan atau alasan untuk nggak jadi orang yang menarik.
  • Percaya bahwa kamu bisa terlihat stand out di mata orang lain tanpa banyak bicara, namun dengan action kamu.
  • Percayalah bahwa orang lain menganggap kamu menarik, eksklusif, misterius, dan memesona. 
  • Harus selalu improve diri jadi versi yang lebih baik.
  • Belajar cara memperlakukan pasangan dengan baik, tunjukan sisi boyfriend material atau girlfriend material kamu bahkan saat kamu masih jomblo. 
  • Saat mendekati lawan jenis, jadikan dia teman baik kamu dulu agar kamu punya waktu lebih dalam untuk mengenal dia. Introvert tentu nggak suka hal yang terburu-buru.
  • Jangan ragu tanyakan semua yang kamu ingin tahu saat sedang PDKT. 
  • Tidak harus kencan dengan extrovert.
  • Harus melihat kualitas diri seseorang, bukan hanya melihatnya dari sisi introvert atau extrovert.

Itulah beberapa tips dan cara introvert mendapatkan pacar. Semoga informasi ini dapat membantu para introvert untuk lebih semangat dan positif dalam mencari cinta. May you find your right lover at the right place right time!

Referensi:

Introvert City. 2021. Where Can An Introvert Get A Girlfriend. introvertcity.com/blog/where-can-an-introvert-get-a-girlfriend/. (Accessed on 23rd July 2021). 

Wood, Robi, 2018. 10 Dating Tips Every Introvert Needs To Know To Get The Girl They Really Like. mensxp.com/amp/relationships/impress-women/45058-10-dating-tips-every-introvert-needs-to-know-to-get-the-girl-they-really-like.html. (Accessed on 23rd July 2021). 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s