7 Ciri Pasangan yang Cocok untuk Orang Introvert

Pasangan yang cocok untuk orang introvert adalah seseorang yang nggak masalah dengan keheningan, memiliki intuisi kuat, serta sabar membangun kepercayaan dan cinta pada orang introduce. Pelajari tipe pasangan yang cocok untuk wanita introvert dan pria introduce dalam pembahasan ini: 

Pasangan yang cocok untuk orang introvert

Ada yang bilang bahwa orang introvert sulit jatuh cinta atau mencintai. Orang introvert juga dinilai sulit untuk dicintai. Mereka yang punya gebetan atau pasangan orang introvert merasa harus bekerja lebih ekstra untuk sekadar masuk ke kehidupan seorang introvert. 

Padahal, kepribadian orang (introvert/ekstrovert) itu tidak masalah. Hal yang penting adalah kamu mampu mengerti perbedaan karakter dan kepribadian pasangan, serta terus memupuk cinta agar bertahan lama. 

Berikut ini adalah kriteria pasangan yang cocok untuk orang introvert: 

1. Seseorang yang sabar dan memiliki rasa ingin tahu

Orang introvert tidak suka bercerita tentang dirinya, tidak mau terbuka, dan sulit membangun kepercayaan pada orang lain. Maka dari itu, orang introvert butuh seseorang yang mau bersabar untuk mengenal dirinya lebih dalam.

Butuh waktu yang cukup lama hingga seorang introvert bisa nyaman, terbuka, dan percaya dengan orang lain. Jadi, tetap jaga rasa ingin tahu kamu dengan si introvert dan bertanya tentang hidupnya dengan cara yang tidak buru-buru, hangat, sopan, dan sabar. 

2. Seseorang yang nggak keberatan dengan suasana hening

Seseorang dengan kepribadian introvert suka menghabiskan waktu dengan diri mereka sendiri, menghindari kontak sosial, dan terasa selalu hening saat kamu berada bersamanya. Jadi, seorang introvert cocok dengan orang lain yang tidak masalah dengan keheningan seperti itu, serta membiarkan si introvert untuk menikmati waktunya sendiri. 

Bila pun kamu ingin mengajaknya ‘keluar’ atau menghadapi keramaian, kamu harus tetap menjaganya karena dia akan sangat canggung berada di keramaian. Orang introvert akan menyukai pasangan yang mengerti bahwa dia tidak terbiasa menjadi perhatian dan lebih suka menjadi eksklusif dengan pasangannya. 

3. Seseorang yang punya intuisi kuat

Kamu tahu, orang introvert jarang bicara namun mereka mengobservasi orang lain atau keadaan. Mereka banyak berpikir, memiliki intuisi yang kuat, dan kadang sulit menjelaskan apa yang ingin mereka katakan.

Jadi, pasangan yang cocok untuk orang introvert adalah seseorang yang juga memiliki intuisi kuat serta mengerti apa yang si introvert rasakan tanpa dia harus menjelaskan panjang lebar. 

Faktanya, introvert memiliki otak yang ramai dengan gagasan, opini, pendapat, masalah, atau apapun itu. Dibandingkan mengatakan secara langsung, mereka ingin kamu yang harus memiliki intuisi tinggi dan menebak apa yang mereka inginkan. 

Namun, kamu tidak boleh mengambil kesimpulan sepihak. Pada akhirnya, kamu harus bertanya pada si introvert tentang apa yang dia rasakan. 

Baca Juga: 15 Cara Menghadapi Orang Introvert Marah

4. Seseorang yang dapat saling menerima perbedaan karakter natural

Ini bukan hanya tentang menjadi introvert, ekstrovert, atau ambivert. Namun, pasangan yang baik adalah mereka yang mampu menghargai perbedaan karakter satu sama lain.

Pasalnya, semua orang memiliki karakter berbeda, masalah berbeda, tujuan berbeda, sifat berbeda, dan ribuan perbedaan lainnya. Bagaimana kamu dapat menerima perbedaan, mengolahnya menjadi sesuatu yang baik, saling menghargai, saling mempelajari, dan komunikasi agar perbedaan itu tidak menjadi penghalang hubungan kalian adalah kunci hubungan yang langgeng. 

5. Seseorang yang paham kebutuhan introvert

Pasangan yang cocok untuk orang introvert adalah seseorang yang memahami kebutuhan introvert, seperti mengerti bahwa introvert suka sendirian, tidak suka jadi pusat perhatian, namun tetap mau diperhatikan oleh orang yang dia sayang. 

Dr. Gary Brown, Psikoterapis Berlisensi di Los Angeles yang bekerja dengan para lajang dan pasangan berkata seorang introvert hampir selalu tidak mengungkap apa yang dia pikirkan atau rasakan. Introvert lebih banyak menghabiskan waktu di kepalanya sendiri. 

Maka dari itu, pasangan yang cocok dengan wanita introvert adalah seseorang yang mengerti bahwa dia memang pemalu, sulit mengatakan sesuatu, namun sebenarnya tidak mau diabaikan dan butuh koneksi lebih kuat dengan pasangan. 

Introvert ingin memiliki pasangan yang mampu bertanya padanya dengan baik, memberi ruang hingga mereka nyaman untuk bicara, dan bukan seseorang yang suka berasumsi atau loncat pada kesimpulan sendiri. 

Baca Juga: 16 Cara Mengatasi Pacar yang Tidak Ada Kabar Berhari-hari

6. Seseorang yang dapat menerima perubahan

Ketika hubungan kamu dengan seorang introvert sudah cukup dalam, si introvert pasti sudah nyaman dan percaya pada kamu. Di saat itu, dia bisa saja berubah dan memiliki sedikit kepribadian extrovert. 

Seorang introvert menginginkan pasangan yang dapat menerima perubahan tersebut. Serta, terus mendampingi dalam berbagai fase kehidupan. 

7. Tidak harus sesama introvert

Banyak orang berasumsi bahwa pasangan yang cocok dengan orang introvert adalah sesama introvert juga, padahal belum tentu. Bila kamu introvert, kamu tidak boleh membatasi diri hanya akan kencan dengan orang introvert juga hanya karena kalian memiliki kepribadian yang sama.

Dari pada fokus pada kepribadian, cobalah fokus pada kualitas diri pasangan yang kamu tahu dapat membuat hubungan bertahan lama dan selalu terkoneksi. 

Inilah beberapa karakteristik pasangan berkualitas baik: 

  • Memahami dan menerima segala kekurangan.
  • Kesediaan untuk mengatasi masalah/perbedaan yang muncul setiap saat.
  • Komitmen untuk kebersamaan di berbagai fase kehidupan. 
  • Cinta dan perhatian.

Baik introvert atau bukan introvert, cari pasangan yang memiliki kriteria tersebut agar hubungan selalu langgeng. Kamu tidak mencari pasangan yang karakternya sama dengan kamu, namun orang dengan karakter beda namun mampu menyayangi kamu dan menghargai segala bentuk perbedaan yang kalian punya. 

Baca Juga: Jomblo: Tips, Manfaat, Cara Mengatasi, dll

Notes from Writer

Itulah pembahasan tentang pasangan yang cocok untuk orang introvert. Semoga informasi ini bermanfaat. Well, bila kamu seorang introvert, I feel you, mungkin lebih sulit untuk kita dalam memulai hubungan. Bahkan sangat sulit untuk memulai percakapan biasa. 

Jangan takut, sayang. Semoga bertemu jodoh yang cocok tanpa kamu perlu berusaha, pada waktu yang tepat dan orang yang tepat. 

Reference: 

HARVEY, TESSA. 2017. 5 Crucial Qualities An Introvert Needs To Look For In Their Forever Person. elitedaily.com/life/qualities-introvert-needs-forever-person/2028571. 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s