12 Ciri Mantan Hanya Ingin Berteman Saja sama Kamu

Ciri mantan hanya ingin berteman saja adalah saat dia santai ngobrol sama kamu tanpa maksud terselubung, dia cerita tentang hubungan baru dia dengan yang lain, dan dia juga memberi kamu saran percintaan bila kamu sedang PDKT sama yang lain. Ketahui lebih banyak dan detail pada artikel ini. 

Ciri mantan hanya ingin berteman saja 

Mungkin akhir-akhir ini kamu mulai ngobrol lagi sama mantan kamu setelah sekian lama. Namun, kamu bingung apa motif si mantan itu. Apakah mau ngajak balikan atau hanya berteman saja? 

Ketahui ciri-ciri mantan hanya ingin berteman saja dalam pembahasan ini: 

1. Dia jarang menghubungi kamu

Kamu dan dia mungkin sudah baik-baik saja setelah putus, serta sudah mulai ngobrol bareng lagi. Bila dia sedang modus untuk ngajak balikan, dia akan lebih intens menghubungi kamu dan bertanya tentang hidup kamu.

Bila dia hanya ingin berteman biasa saja, maka dia hanya akan menghubungi kamu seadanya saja. Mungkin hanya basa-basi atau bergaul sebagai teman biasa. 

2. Perbincangan kalian santai saja

Ciri mantan hanya ingin berteman adalah kalian nggak terlibat dalam pembicaraan dalam yang penuh perhatian atau semacamnya. Obrolan kalian ya biasa saja, nyantai.

Bila dulunya kalian memang berteman atau anak tongkrongan bareng, maka obrolan kalian hanya selayaknya teman biasa. Bagus bila kalian bisa kembali menjadi teman yang asyik. 

3. Dia nggak caper lagi

Mantan kamu sudah nggak caper sama kamu, namun hanya membina hubungan baik sesama teman.  Bila mungkin kalian terlibat dalam komunitas atau lingkungan kerja yang sama, maka hubungan kalian profesional hanya terkait hal tersebut. 

Dia nggak akan caper seperti menanyakan bagaimana hari kamu, apa yang sedang kamu rasakan, atau malam ini kamu mau makan apa. Bila pun dia menunjukan perhatian ke kamu, kamu tentu bisa membedakan mana perhatian antar teman dan mana yang modus. 

4. Dia nggak lagi coba untuk membuat kamu terkesan

Salah satu ciri mantan hanya ingin berteman saja yang paling jelas adalah saat dia nggak lagi berusaha membuat kamu terkesan atau meminta kamu untuk memerhatikan dia. 

Dia sudah cuek dan apa adanya. Dia tetap menghargai kamu sebagai teman namun nggak lagi menganggap pasangan kamu tentang dia itu relevan. 

5. Dia bertanya tentang hubungan kamu yang baru dengan orang lain

Mantan hanya berteman sama kamu bila dia tampak baik-baik saja dan nggak cemburu saat kamu cerita tentang gebetan atau pasangan kamu yang baru. Dia bahkan mungkin memberi kamu nasihat agar hubungan kamu lancar. 

Sementara ciri mantan ngajak balikan adalah dia akan merasa gugup saat kamu bercerita tentang pasangan baru kamu. Dia mungkin akan bertanya lebih dalam untuk mengetahui siapa saingan dia itu. 

Baca Juga: 15 Tanda Pacar Masih Sayang Mantan 

6. Dia juga cerita tentang hubungan dia dengan pasangan baru 

Bila dia nyantai saja saat bicara tentang gebetan atau pasangan barunya, itu ciri-ciri mantan hanya ingin berteman saja sama kamu. Dia nggak punya motif untuk mendekati kamu lagi, namun melihat kamu sebagai teman atau pendengar yang baik. 

Selain itu, dia juga merasa semua hal-hal romantis di antara kalian sudah selesai sejak lama. Sekarang dia merasa baik-baik saja berteman sama kamu. 

7. Dia santai saja sama kamu

Dari sisi mantan kamu, dia nggak punya beban apa-apa saat ngobrol sama kamu. Saat kalian ngobrol pun biasa saja rasanya. 

Berbeda bila kamu yang belum move on, kamu mungkin akan gugup dan berharap lebih bila mantan kamu ngajak ngobrol lagi. 

8. Dia tipe yang nggak akan balikan sama mantan 

Mungkin kamu tahu bahwa dia bukan tipe orang yang bisa balikan sama mantannya. Masa lalu adalah masalah lalu, menurutnya. Entah seberapa dalam hubungan kalian, itu sudah berakhir dan dia hanya ingin berteman saja sekarang. 

9. Dia juga tipe yang bisa berteman sama mantan

Ada kelompok orang yang nggak mau sama sekali berteman dengan mantannya, dan ada juga kelompok manusia yang bisa berteman dengan mantannya. Bila waktu kalian pacaran sudah lewat bertahun-tahun lalu, rasanya mudah untuk berteman lagi. 

Bila hubungan kalian baru putus beberapa bulan lalu, ya sebaiknya jangan hubungi mantan dulu. Jalankan masa No Contact (tanpa kontak sama sekali) dan move on

Baca Juga: Should You Text An Ex on Christmas Eve?

10. Dia sudah move on dan bahagia sama yang lain

Ciri-ciri mantan hanya ingin berteman saja sama kamu adalah saat kamu tahu dia sudah move on dan bahagia dengan orang lain. Dia sudah tidak memiliki perasaan apa-apa sama kamu selain berteman biasa. Karena dia sudah move on, dia bisa berteman santai lagi sama mantannya. 

11. Dia berharap kamu juga bisa bahagia dengan yang lain

Akhirnya, kamu bisa merasakan dalam hatimu bahwa mantan kamu nggak punya modus apapun saat ngobrol sama kamu lagi. Dia mungkin berharap kamu akan mendapatkan pasangan yang lebih baik dan bahagia dalam kisah yang baru. 

12. Dia nggak nostalgia tentang betapa indahnya hubungan kalian dulu

Ciri mantan ngajak balikan adalah saat dia mulai ngobrol lagi sama kamu dan nostalgia tentang hubungan indah yang pernah kalian punya. Dia ingin kamu mengingat masa-masa romantis itu sambil berharap kamu menginginkannya lagi. 

Sementara ciri mantan hanya ingin berteman saja adalah dia nggak lagi nostalgia tentang hubungan romantis sama kamu. Baik cerita indah atau cerita sedihnya, dia nggak mau lagi sharing tentang itu. Bila pun mengenang masa lalu, itu untuk ditertawakan bersama karena kalian berdua sudah move on dengan baik. 

Nah, itulah beberapa ciri-ciri mantan hanya ingin berteman saja sama kamu. Sepertinya sangat mudah membedakan mana mantan yang modus ngajak balikan dan mana yang ingin berteman. 

Baca Juga: 13 Bahaya Stalking Mantan (Jangan Stalking Mantan!)

Notes from Writer

  • Jangan berhubungan sama sekali dengan mantan bila kamu belum move on dari dia (dan kamu yakin kamu harus move on 100% dari dia. 
  • Sebaliknya, jangan menghubungi mantan bila kamu nggak yakin dia udah 100% move on dari kamu. Jangan memberi dia harapan palsu atau mengungkit luka dia yang belum sembuh-sembuh amat.
  • Jangan berteman sama mantan kalau kalian bukan tipe yang bisa berteman sama mantan. 
  • Hanya berteman sama mantan bila kalian yakin sudah sama-sama move on. Misalnya, keduanya sudah hidup bahagia dengan pasangan masing-masing.

Referensi: 

Blake, Jessica. 2021. 11 Signs Your Ex Just Wants To Be Friends, Not Get Back Together. bolde.com/11-signs-your-ex-just-wants-to-be-friends-not-get-back-together/. (Accessed on 21th July 2021).  

FEY, TINA. 2021. 31 clear signs your ex just wants to be friends. loveconnection.org/signs-your-ex-just-wants-to-be-friends/. (Accessed on 21th July 2021). 

Author: Verified Writer

I'll write to you. A super-long letter, like in an old-fashioned novel.” — Haruki Murakami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s