12 Tanda Introvert Marah sama Kamu (Diam-Diam Seram) 

Bila kamu seorang extrovert (periang) dan memiliki teman, sahabat, atau pasangan yang introvert, kamu harus mengetahui tanda introvert marah agar kamu dapat lebih mengerti dia serta memperbaiki situasi. Cek bagaimana tanda orang introvert marah berikut ini. 

Tanda Introvert Marah sama Kamu 

Introvert adalah kepribadian pendiam dan cenderung tidak merasa cocok dengan keramaian atau obrolan dengan banyak orang. Nah, karakter tersebut membuat seorang introvert memiliki respon berbeda saat dia marah. 

Bila kebanyakan orang akan mengekspresikan kemarahan dengan berteriak atau mengungkap secara langsung, seorang introvert malah akan menyembunyikan itu dan tampak baik-baik saja. Jadi, pelajari tentang tanda Introvert marah pada pembahasan ini. 

1. Merespon Hanya dengan 1 Kata

Bila orang introvert sedang marah sama kamu, dia akan memberi respon yang singkat seperti hanya “ok, baik, nggak kok, yaudah, dan basa-basi lainnya”. Dia ingin membuat percakapan pendek, cepat, dan tanpa interaksi sosial lebih lanjut. Dia ingin segera menyudahi obrolan tanpa terlihat obvious. Itulah mengapa marahnya orang pendiam sangat ditakuti. 

2. Pura-Pura Baik Saja

Dia akan berusaha untuk terlihat baik-baik saja bahkan saat kamu membuatnya marah. Bila dia menunjukan kemarahan, kamu akan bertanya seperti, “ada masalah apa?” Nah, seorang introvert tidak merasa nyaman untuk berbagi hal-hal seperti itu. 

Dia akan menipu kamu dengan tersenyum, merespon kamu dengan sopan, dan cepat-cepat pamit dari interaksi dengan kamu. Karena pada kesehariannya orang introvert pun tidak banyak bicara, jadi kamu berpikir semuanya memang baik-baik saja. 

Orang introvert juga sering tidak menunjukan ekspresi di wajah atau suaranya, jadi kamu hampir tidak akan tahu apa yang sebenarnya dia rasakan. Dia marah, dia nyaman sama kamu, dia senang, no kamu tidak akan tahu. 

3. Tidak Mengangkat Telpon dari Kamu

Tanda introvert marah sama kamu adalah dia tidak akan mengangkat telpon dari kamu karena dia ingin menghindari obrolan dengan kamu baik secara tatap wajah atau via telepon. Dia tidak mau mendengar apapun dari kamu. 

Bagi introvert, bahkan hanya berbicara dengan orang yang membuatnya marah bisa membuatnya stres. 

Jadi, dia sangat menghindari kamu. Berbeda dengan orang extrovert yang cenderung langsung mengungkapkannya atau mencak-mencak pada orang yang membuat dia marah. 

Baca Juga: 15 Cara Menghadapi Orang Introvert Marah

4. Menolak Pertolongan Kamu

Seorang introvert lebih suka menyelesaikan atau mengerjakan apa-apa sendiri. Dia masih bisa bekerja sama dengan orang lain atau mau menerima bantuan dan kehadiran orang lain selama orang tersebut tidak mengacaukan pikiran dia.

Bila introvert marah sama kamu, dia akan menolak bantuan kamu apapun itu. Dia tidak mau memiliki urusan apa-apa lagi sama kamu. Bahkan bila faktanya dia butuh bantuan kamu, dia akan keras kepala untuk mengatakan dia bisa melakukannya sendiri. 

5. Menyibukan Diri 

Tanda introvert sedang marah sama kamu adalah dia akan terlihat lebih sibuk dari biasanya agar dia punya alasan masuk akal untuk menolak ajakan kamu dan membatasi Interaksi sosial sama kamu dalam bentuk apapun.

Misalnya, tanda introvert sedang marah akan bilang, “ah, nggak bisa nih. masih mengerjakan tugas”. Padahal, kamu tahu orang introvert itu adalah orang yang paling rajin dan hampir selalu mengerjakan tugas tepat waktu atau bahkan selalu lebih awal.  

6. Ingin Sendirian 

Yup, tanda orang introvert marah sama kamu adalah dia mau sendirian saja, tanpa kamu atau orang lain. Uhmmm, bahkan saat dia baik-baik saja dia lebih suka menyendiri, apalagi saat dia sedang marah. 

Menyendiri adalah cara seorang introvert untuk recharge, destress, atau memperbaiki emosi dia. Mungkin kamu membuatnya sangat stres hingga dia harus memblokir semuanya untuk menyeimbangkan perasaannya. 

7. Menjauhi Kamu

Tanda introvert marah lainnya adalah saat kamu sedang hangout sama dia dan kamu pikir semuanya baik-baik saja. Namun, tiba-tiba dia bilang mau pulang begitu saja. Belum sempat kamu tanya ‘kenapa?‘, oh dia sudah tiba di rumah dengan cepat. 

Ya, dia ingin jauh-jauh dari kamu dalam situasi apapun. Bukannya dia lari dari masalah, hanya dia merasa rasa stres dan gelisah yang kamu beri ke dia sudah berlebihan. 

Dia juga merasa lelah dan kacau sendiri. Tidak ada pilihan lain selain menjauh dari sumber stres sampai dia memaafkan kamu atau mencari cara untuk memperbaiki masalah tersebut. 

8. Hanya Mau Komunikasi via Chat/Email

Tanda introvert marah adalah dia hanya akan komunikasi via chat, pesan singkat, atau email, itupun bila kamu beruntung. Biasanya seorang introvert akan benar-benar tidak mau berhubungan sama orang yang membuat dia marah sama sekali.

Mendengar suara atau melihat nama orang yang dia benci saja sudah membuat dia frustasi. Namun, dia akan tetap jujur seperti, “Sorry, Hp lobet”. Tapi bila alasan itu dia berikan lebih dari 3 kali, fiks dia marah sama kamu. 

Baca Juga: Kenapa Pacar Sering Marah dan Cuek? 9 Alasan dan Cara Menghadapinya

9. Dia Apatis 

Tanda orang introvert marah sama kamu adalah dia jadi apatis atau nggak peduli sama kamu. Padahal, biasanya dia cukup ramah dan hangat sama kamu. 

Misalnya kamu punya pacar yang introvert, perhatikan bila dia jadi lebih diam, jarang respon kamu, apatis, serta don’t-give-a-shit-about-you. Nah, itu tanda dia lagi marah. Itu cara non-verbal dia untuk bilang, “aku marah, you stupid!” 

10. Introvert Bisa Meledak karena Hal-Hal Kecil

Di sisi lain, sakit hati seorang introvert bisa meledak karena hal-hal kecil yang kamu lakukan. Bila kamu melakukan kesalahan yang sama berkali-kali hingga melampaui batas toleransinya, maka selanjutnya dia akan benci kamu. 

Plus, dia akan semakin benci kamu atas hal-hal kecil menyebalkan yang kamu lakukan. Dia akan menghindari untuk mengkonfrontasi kamu bahwa semua yang kamu lakukan itu mengganggu dia, namun dia cenderung akan marah atau benci kamu dalam diam. 

11. Menangis

Tanda introvert marah sama kamu adalah saat kamu sampai membuat dia menangis. Kamu tahu, seorang introvert sangat pandai mengelola emosinya, pura-pura baik saja, atau semacamnya.

Pada poin kamu bikin dia menangis, itu berarti kesalahan kamu sangat fatal dan kamu benar-benar membuat dia patah hati atau sakit hati. 

12. Menyalahkan Diri Sendiri

Orang introvert lebih berbahaya saat dia sedang marah. Dibandingkan menyalahkan orang lain yang membuat dia marah, ada kecenderungan di mana seorang introvert malah berbalik menyalahkan dirinya sendiri. 

Ya, dia akan menjauh dari kamu dan don’t give a shit about you, namun di satu sisi ada titik kecil di hatinya yang menyalahkan dirinya sendiri. Entah apapun itu yang ada di kepalanya. Mungkin, dia seorang introvert plus merasakan anxiety disorder. 

Itulah beberapa ciri dan tanda introvert marah pada seseorang. Ini adalah stereotip seorang introvert, namun bisa jadi berbeda pada kenyataannya saat kamu menghadapi orang introvert. Terlebih lagi, setiap karakter orang pasti berbeda. Ada banyak faktor yang memengaruhi sifat atau sikap seseorang.

Other than that, I hope this piece or information is useful for you. Mostly, if you have an introverted boyfriend and girlfriend to know if you screw them up.

Referensi:

Madriga, Emily. 2014. 13 Things That Suck A Little Bit About Dealing With Introverts. thoughtcatalog.com/emily-madriga/2014/08/13-things-that-suck-a-little-bit-about-dealing-with-introverts/. (Accessed on 18th July 2021).

WAKDE, PRANJALI. 2019. How Do Introverts Deal with Anger?. procaffenation.com/when-introverts-get-angry/. (Accessed on 18th July 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s