7 Cara Menagih Hutang ke Pacar dan 5 Tips Keuangan saat Pacaran

Ada banyak masalah percintaan, mulai dari ghosting, pacar cuek, perselingkuhan, atau masalah yang nggak kalah menyebalkan tentang siapa yang harus bayar dan cara menagih hutang ke pacar. Bagi yang nggak enakan atau terlalu bucin tapi mulai bokek, yuk simak cara menagih utang ke pacar dengan sopan berikut ini. 

Cara Menagih Hutang ke Pacar

Entah apa latar belakang ceritanya, mungkin pacar kamu punya hutang sama kamu atau kamu ingin menagih bill dari kencan weekend lalu, tapi kamu bingung caranya. Di satu sisi kamu takut dianggap pelit, perhitungan, atau nggak sayang sama pacar kamu, namun di sisi lain kamu ya butuh uang juga.

Berikut ini tips menagih hutang ke pacar: 

1. Bilang Saja Baik-Baik

Bila kalian pacaran sudah cukup dekat dan sudah saling memahami karakter masing-masing, ya segera saja bilang baik-baik untuk bayar hutang ke kamu. Mungkin dia lupa pernah berhutang uang ke kamu.

Bisa kamu sampaikan dengan nada santai, bercanda, atau mungkin sedikit sambil menggoda. Terlebih lagi saat kamu tahu bila dia sudah gajian atau sudah punya uang untuk bayar hutang. 

2. Kencan Selanjutnya Minta Dia yang Bayar

Cara menagih hutang ke pacar secara tidak langsung adalah dengan minta dia bayar semua bill untuk kencan selanjutnya. Kamu bisa bilang itu sebelum kencan, “Yang, nanti kamu yang bayar ya? Sekalian potong utang yang kemarin nggak apa-apa kan?”

Atau, kamu bisa mengatakannya saat di tempat kencan itu. Ini sedikit seperti jebakan untuk pacar kamu, namun apa boleh buat ya. Tergantung kamu, bila saat itu kamu tahu pacar kamu bawa uang lebih, kamu bisa menagihnya dengan cara itu. 

Baca Juga: How to Make Your Girl Happy If You’re Poor and Retarded?

3. Bila Hutang Besar, Ingatkan Tenggat Waktu

Entah apa yang terjadi, mungkin pacar kamu pinjam uang dalam jumlah besar. Ini hutang yang beneran hutang, bukan hutang saat bayar makan atau aktivitas kencan seperti itu 

Bila begitu, beri dia tenggat waktu untuk membayar hutang yang besar. Ingatkan dia setidaknya seminggu sebelum tenggat waktu untuk bayar hutang. 

4. Manfaatkan Aplikasi Uang Digital 

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi uang digital yang sepertinya sekarang sudah memiliki fitur split bill atau patungan. Aplikasi uang digital seperti GoPay, Ovo, Jenius, Shopee Pay, PayPal, atau lainnya. 

Langsung kirim link tagihan ke pacar. Kamu nggak perlu repot atau merasa nggak enak juga, karena fitur tersebut sudah menulis jelas tagihan dia dan harus bayar kemana.

Bila mau lebih ekstrim, silakan kirimkan nomor rekening kamu atau nomor virtual account ke pacar kamu dengan keterangan, “Sayang, utang kemarin senilai sejuta bisa dikirim ke sini aja ya. Thank you. (Jangan cium aku sebelum bayar utang 🔪😚)” 

5. Pura-Pura Nggak Bawa Handphone dan Nggak Ada Aplikasi Uang Digital 

Sebenarnya, ini sama dengan cara menagih hutang ke pacar pada poin kedua tadi. Hanya bedanya, di sini kamu pura-pura lupa bawa dompet sama sekali dan baterai ponsel kamu sedang lemah atau memang nggak ada sinyal untuk akses aplikasi uang digital. 

Jadi, mau tidak mau dia harus bayar tagihan tersebut dan bisa kamu anggap untuk potong sebagai utang dia. Ini boleh kamu lakukan bila kamu dia punya uang tapi kok nggak bayar hutang juga setiap kali kamu coba ingatkan. 

5. Sindiran Maut

Kamu bisa menggunakan sindiran maut sebagai cara menagih hutang ke teman atau pacar. Misalnya, “Kutang kalau nggak pakai huruf K jadi apa ya? Oh, jadi utang. Oh iya, kamu punya utang ke aku ya?” 

Itu antara sindiran maut atau jokes garing ya. Tapi, intinya dia akan tahu apa maksud kamu dan kamu juga membuat suasana yang tidak terlalu tegang saat menagih hutang. 

6. Doakan Pacar agar Cepat Mapan

Mungkin, kamu dan pacar memang sedang dalam masa merintis untuk menjadi lebih hebat dan mapan. Sesuatu yang baik untuk menemani pasangan dari 0 dan terus mendukungnya hingga dia sukses. 

Dia juga akan mendukung kamu dengan cara yang sama. Bila kamu tahu keadaan dia saat ini dan kamu ingin berjuang bareng sama dia hingga sukses bersama, itu adalah hal yang sangat mulia. Semoga Tuhan dan semesta mendengar doa kalian yang baik dan mengabulkannya.

Baca Juga: 21 Ide Kado untuk Pacar Cowok yang Murah tapi Berkesan

7. Tagih Terus 

Namun, bila pacar kamu sebenarnya punya uang tapi selalu hutang ke kamu, atau kamu merasa dia hanya memanfaatkan kamu terutama dari segi materi, dan kamu juga merasa kalau dia toksik, silakan tagih terus hutangnya. Teror bila perlu. 

Kamu juga harus pertimbangkan apakah lanjut atau tidak dengan orang seperti itu. Apa yang dia lakukan saat pacaran bisa menjadi cermin di masa depan, lho.

PS: Cara menagih hutang ke pacar yang paling halus, umm, kamu bisa kirimkan artikel ini ke pacar kamu itu. Hehe! 

@yourdevan

Tips Mengeluarkan Uang saat Pacaran

Salah satu hal penting dalam pacaran adalah cara kalian mengatur uang atau pola konsumtif kalian. Berikut ini tips mengeluarkan uang saat pacaran agar lebih baik tidak ada yang berhutang:

1. Hilangkan Stereotip Bahwa Laki-Laki Harus Bayarin Terus 

Ada yang bertanya siapa yang harus bayar saat kencan pertama dan kebanyakan orang menjawab laki-laki harus yang bayar setiap kali kencan. 

Umm, sebenarnya kita tidak perlu mengikuti stereotip tersebut. Bila kamu laki-laki ingin traktir gebetan di kencan pertama, ya tidak apa. Bila kamu perempuan dan mau bayarin kencan pertama, ya nggak apa-apa juga. 

Yang penting harus sesuai kesepakatan atau obrolan kalian sebelumnya. “Eh, nanti aku yang bayar ya. Besok gantian kamu, ok?” Atau semcamnya.

Atau bila lebih adil, budayakan patungan. 

2. Patungan Lebih Baik

Tidak ada kewajiban bagi laki-laki untuk selalu bayarin pacarnya di masa pacaran. Ya, kamu pasti tahu semakin dewasa semakin lelah mencari uang, dan semakin kita menghargai untuk apa uang itu harus keluar. 

Tidak ada pembuktian bahwa pacar yang suka bayarin berarti lebih sayang atau semacamnya. Tidak ada kewajiban untuk kamu menafkahi pacar kamu, kecuali nanti kalau sudah menikah beda lagi urusannya.

Saat masih pacaran, sepertinya patungan lebih baik. Misalnya, “aku yang bayar makan Dan uang parkir, kamu bayar nonton dan beli popcorn”. Seperti kalau kita hangout sama teman, kita pasti patungan kan. 

3. Benahi Pola Pengelolaan Uang Kamu

Secara individu, ya sebaiknya belajar untuk mengatur keuangan sendiri. Kalau kata Raditya Dika, disarankan investasi dari muda untuk hari tua yang lebih nyantai. 

Ini juga tentang pola pacaran kalian. Apakah kamu atau pacar kamu suka berlebihan dalam mengeluarkan uang untuk hal-hal yang konsumtif? Apakah dia selalu minta dibelikan hadiah mahal setiap kali dia ngambek? Ini juga penting menjadi penilaian saat masa pacaran. 

4. Pelajari Cara Pasangan Mengeluarkan Uangnya

Bukan berarti kamu harus kepo untuk tahu berapa gaji dia, mengurusi keuangan dia, atau membatasi apa yang mau dia beli. Itu uang dia dan itu urusan dia. 

Kamu hanya perlu mempelajarinya, terutama bila kalian memiliki rencana pernikahan. 

Baca Juga: 15 Clear Signs She is A Girlfriend Material to Love Forevermore

5. Sama-Sama Belajar Cara Mengatur Keuangan yang Baik

Nah, bila kamu memiliki rencana menikah, tentu nilai ekonomi menjadi salah satu tolak ukur. Bukan berarti kita matrealistis, but come on. Kita butuh uang untuk hidup dengan kualitas baik di hari ini dan masa depan. 

Maksudnya, ya mulai menabung untuk kehidupan setelah nikah. Selain percaya bahwa rejeki sudah ada yang atur, namun tetap berusaha mengatur keuangan dengan baik serta terus bekerja keras bersama-sama. 

Itulah pembahasan tentang bagaimana cara menagih hutang ke pacar dan tips mengelola keuangan di masa pacaran. Semoga informasi ini bisa membantu kalian. Have a good day!

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s