15 Cara Menghadapi Orang Introvert Marah

Introvert adalah kepribadian yang cenderung pendiam, sulit bersosialisasi, dan lebih senang untuk menyendiri. Orang introvert tidak suka mencari perhatian atau terlibat dalam keramaian karena hal-hal seperti itu membuat dia lelah dan bingung harus berbuat apa. 

Bila kamu adalah seorang extrovert (kepribadian yang cenderung periang) dan memiliki pacar extrovert, maka itu akan menjadi tantangan. Pasangan extrovert dan introvert tetap dapat berjalan beriringan, namun keduanya harus mempelajari karakter masing-masing lebih dalam lagi. Salah satu tantangannya adalah menghadapi pacar introvert yang sedang marah. 

Tanda introvert marah 

Kamu mungkin jarang melihat pacar introvert kamu marah. Namun, sekalinya dia marah, kamu pasti akan kebingungan setengah mati. 

Tidak seperti reaksi kebanyakan orang yang pasti meledak-ledak saat marah, orang introvert justru akan diam dan pelan-pelan menjauh kamu saat dia marah sama kamu. 

Sebelum mempelajari cara menghadapi orang introvert marah, pahami dulu tanda introvert marah berikut ini:

1. Diam

Orang introvert jarang marah. Dia menyimpan semua emosi marah itu di kepalanya sendiri. Saat dia sudah tidak bisa menampung semua itu, dia akan marah dengan cara diam. Dia akan menghindari drama seperti marah yang meledak-ledak, namun cara introvert menghadapi masalah adalah dengan diam seribu bahasa. 

2. Menjauh

Dia akan diam dan pelan-pelan menjauh dari kamu saat dia marah sama kamu. Dia cenderung tidak akan mengatakan apa yang membuat dia marah, karena dia pikir itu percuma tidak akan membantu mengatasi keadaan. Selain itu, dia juga merasa lelah karena sebelumnya mungkin dia sudah memberitahu kamu apa yang membuatnya terluka. 

3. Menangis

Dia tidak akan menunjukkannya padamu, namun dia cenderung akan menangis sendiri. Dia akan mengatakan bahwa dia baik-baik saja, namun dia menyembunyikan kesedihannya. 

4. Menyalahkan diri sendiri

Saat dia marah padamu, ya dia kecewa pada kamu, namun di saat yang sama dia juga akan menyalahkan dirinya sendiri. Ada banyak alasan, mungkin seperti dia merasa dia yang tidak becus menangani kamu, merasa dia tidak bisa dicintai, dan sebagainya. 

Itu beberapa tanda introvert marah yang harus kamu pelajari. Jangan sampai pacar kamu yang introvert diam-diam tenang namun sebenarnya dia sedang marah padamu dan kamu tidak tahu harus berbuat apa. 

Baca Juga: 14 Cara Menghadapi Pacar Cuek dan Dingin 

Cara menghadapi orang introvert marah

Orang introvert sering disalahartikan. Kamu mungkin berpikir apa susahnya menegur langsung orang yang membuat dia marah atau mengatakan apa saja hal yang tidak bisa dia terima hingga membuatnya marah. Tapi ya, tiap orang berbeda dan orang introvert identik akan diam dan menjauh saat dia marah. 

Agar tidak salah paham dan membuat situasi jadi lebih kacau, bila pacar kamu yang introvert mungkin marah sama kamu, berikut ini cara menghadapi orang introvert marah:

1. Tanya 

Saat dia mulai menjadi lebih diam dari biasanya atau pelan-pelan menjauhi kamu, sebaiknya kamu segera tanya ada apa. Beritahu dia bahwa kamu menyadari perubahan sikapnya dan khawatir ada yang salah. 

Ini akan membuat dia merasa bahwa kamu peduli dan memiliki itikad baik untuk memperbaikinya. Walaupun, mungkin membutuhkan waktu dan usaha lebih untuk berbaikan dengan teman atau pasangan introvert yang sudah marah sama kamu. 

2. Bersabar

Saat orang introvert sedang marah sama kamu, pertama kamu harus sabar. Bila biasanya orang langsung mengungkapkan kemarahannya, orang introvert akan diam saja. 

Ini bisa membuat kamu jadi bingung apa salah kamu. Kamu bahkan mungkin merasa tidak salah apa-apa, namun dia menunjukan perubahan sikap yang sangat dingin. Jadi, cara menghadapi orang introvert adalah kamu harus sabar dulu sambil memikirkan apa yang mungkin kamu lakukan salah padanya. 

3. Beri dia waktu untuk sendiri dulu

Dia mungkin mengatakan padamu apa yang salah, atau mungkin tidak mengatakannya sama sekali. Pasangan introvert kamu akan memilih untuk diam, maka biarkan dia diam beberapa waktu.

Paham bahwa dia butuh waktu untuk memikirkan semuanya dari awal lagi. Dia juga sedang mengelola emosinya agar jadi normal dan stabil lagi. 

4. Tetap jaga dan beri perhatian padanya dalam jarak aman

Sementara dia sedang ‘menjauh’ sementara waktu, kamu harus tetap menunjukan perhatian dan kepedulian kamu sama dia. Namun, kamu harus tetap menjaga batasan karena dia sedang tidak bisa diganggu saat dia sedang emosional atau marah. 

Misalnya, tetap ingatkan dia untuk menghadiri pertemuan yang sebelumnya pernah diceritakan, atau hal-hal kecil lainnya. Walaupun dia sedang ‘menjauh’ dari kamu, dia masih memiliki sedikit harapan agar kamu tetap di sisinya (kecuali kesalahanmu fatal ya). 

5. Jangan memaksa dia untuk terbuka atau cerita

Cara menghadapi orang introvert marah adalah dengan tidak memaksa dia untuk terbuka atau bercerita tentang apa yang sebenarnya dia rasakan. Orang introvert tidak terbiasa dengan itu.

Umumnya, mereka akan cerita hanya pada orang yang sangat dia percaya atau yang sangat dekat dengan dia. Bila pada satu titik kamu buat dia sangat marah, maka dia membutuhkan waktu dari ulang untuk bisa percaya sama kamu lagi. Yang ada di kepalanya, kamu mungkin tidak akan mengerti. 

Baca Juga: 15 Alasan Kenapa Pacar Jarang Menghubungi Kita dan Cara Menghadapinya

6. Pahami perbedaan sifat kalian

Pada pasangan introvert dan extrovert, tentang harus belajar memahami perbedaan sifat. Si extrovert jangan terlalu memaksa si introvert untuk “keluar” atau bercerita. Sementara si introvert harus belajar berbagi hidupnya dengan pasangan. 

7. Sementara itu, pelajari karakter dia lebih dalam lagi 

Sebagai pasangan (extrovert), kamu harus paham ciri-ciri saat pacar (introvert) marah. Pahami apa yang membuat dia marah besar, juga belajar komunikasi dua arah yang sehat. Ingatlah, seorang introvert tidak akan marah kecuali kesalahan itu sangat besar. 

8. Biarkan dia melakukan apa yang membuat dia tenang

Biarkan dia menyembuhkan dirinya terlebih dulu. Misalnya, dia ingin sendiri dulu, ingin meditasi, tidak mau berhubungan dengan kamu sama sekali, atau sebagainya. Itu akan membuat dirinya kembali lagi jadi lebih stabil, hingga bisa komunikasi lagi sama kamu. 

10. Minta maaf 

Introvert, extrovert, atau siapapun itu, minta maaf pada orang yang mau sakiti adalah hal baik. Selain itu, belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. 

Bukan karena kamu bisa minta maaf nanti, kamu bisa melakukan kesalahan lagi dan lagi. Harus bersikap dewasa dan pintar, ya!

11. Tunjukan kebaikan kamu lewat tindakan

Sulit untuk membangun kepercayaan pada orang lain, terlebih lagi dengan orang introvert. Dia mungkin membatasi komunikasinya sama kamu. 

Kamu mungkin harus membuktikannya dengan tindakan dan usaha nyata kamu untuk membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan seseorang. 

12. Kembalikan lagi kepercayaannya dari waktu ke waktu

Ya, kamu harus membangun hubungan baik secara konsisten. Termasuk kamu harus jujur, setia, peduli, dan menjadi pribadi yang menyenangkan. Bangun kepercayaan dengan orang lain (introvert) dari waktu ke waktu. 

Terutama bila kamu pernah membuat seorang introvert marah, ini akan jadi lebih sulit lagi. Kamu pernah mengecewakan dia, sehingga nilai kepercayaan itu sulit dibangun lagi walaupun dia mungkin bisa memaafkan kamu. 

13. Tetap bersamanya

Cara menghadapi introvert marah adalah tetap bersamanya atau berada di sisinya. Dia mungkin tidak mau bicara sama kamu sementara waktu, namun beri tahu dia bahwa kamu ada di sisinya dan sedang memikirkan mungkin ada hal salah yang keterlaluan yang membuat dia terluka namun tidak dia sadari. 

14. Komunikasikan dengan baik

Bila dia kemudian sudah lebih tenang dan mau ngobrol lagi sama kamu, mohon komunikasikan hal-hal dengan baik dan menyenangkan. Silakan buat diskusi tentang kira-kira apa saja yang mungkin tidak bisa dia terima dan bagaimana cara komunikasi dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik dibandingkan dengan silent treatment

15. Jangan judge dia

Bagaimana pun, sebaiknya jangan judge atau menilai orang hanya dari POV kamu saja. Sering kali, orang introvert memang disalah artikan sebagai sosok yang tidak menyukai orang lain, tidak suka bicara, dan tidak butuh orang lain. 

Padahal, dia juga butuh perhatian dan pendampingan dari orang lain. Hanya dia memiliki karakter atau cara berbeda. 

Itulah beberapa tips dan cara menghadapi orang introvert marah. Semoga tips ini bisa berguna untuk membantu kamu baikan dengan pacar atau pasangan kamu yang super introvert dan sensitif ya. Have a good love life!

Referensi:

ElliotFigueira. 2017. 10 Signs You’ve Pissed an Introvert Off. psych2go.net/10-signs-youve-pissed-introvert-off/. (Accessed on 18th July 2021). 

Holland, Kimberly. 2018. Are You an Introvert? Here’s How to Tell. healthline.com/health/what-is-an-introvert. (Accessed on 18th July 2021). 

WAKDE, PRANJALI. 2019. How Do Introverts Deal with Anger?. procaffenation.com/when-introverts-get-angry/#:~:text. (Accessed on 18th July 2021). 

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s