13 Cara Membuat Pacar Makin Sayang dalam Hubungan Jarak Jauh

Walaupun tidak bertemu langsung, ada banyak cara membuat pacar makin sayang dalam hubungan jarak jauh. Mulai dari lancarkan komunikasi dengan teknologi, jadwalkan kencan secara virtual, hingga hal-hal kecil seperti mengirim voice note, surat, ada konten lucu dapat membuat pacar bahagia walau LDR. 

Cara Membuat Pacar Makin Sayang dalam Hubungan Jarak Jauh

Para pejuang LDR mungkin mengalami tantangan dalam hubungan yang lebih rumit. Namun, hanya karena kalian jarak jauh, bukan berarti kalian jadi nggak bahagia atau nggak bisa membahagiakan satu sama lain. Ada banyak rekomendasi cara membuat pacar bahagia jarak jauh, sebagai berikut: 

1. Maksimalkan Komunikasi dengan Teknologi 

Mari meluangkan waktu untuk berterima kasih dengan para peneliti dan ilmuwan yang telah menciptakan teknologi sehingga komunikasi jadi lebih mudah, lancar, dan tidak terbatas. Long Distance Relationship (LDR) mungkin tidak terlalu berat di masa ini karena sudah ada teknologi komunikasi, dibandingkan LDR jaman dulu. 

Kamu dan pasangan LDR kamu harus memanfaatkan teknologi untuk kelancaran komunikasi. Sekarang kita bisa dengan mudah ngobrol lewat smartphone, mengirim voice note, video, dan foto sangat mudah. Kamu bisa merasakan kedekatan dengan pasangan walaupun jarak jauh. 

2. Good Morning/Good Night Texts 

Cara membuat pacar bahagia jarak jauh sangat mudah dan sederhana. Biasakan kirim pesan Selamat Pagi atau Selamat Tidur yang diikuti kalimat romantis lainnya. 

Ini bisa menjadi pengingat bahwa kamu mengingat dia pertama kali saat bangun tidur dan memikirkan dia sebelum tidur, begitu juga sebaliknya. 

3. Tanyakan tentang Harinya

Bukan hanya sekadar basa-basi, namun tanyakan padanya tentang apa saja yang terjadi hari ini, entah cerita sedih, senang, menyebalkan, atau lucu. Bercerita secara mengalir satu sama lain. 

Kamu juga harus sharing tentang apa saja yang terjadi hari ini padanya. Kemudian, saling menunjukan dukungan dan memberikan semangat. Jangan lupa selipkan percakapan romantis atau manja, dan kalian juga harus saling menghibur. 

Baca Juga: 17 Tips LDR Beda Negara agar Tetap Langgeng dan Terasa Dekat

4. Jadwalkan Kencan Virtual Rutin 

Cara membuat pacar bahagia jarak jauh adalah dengan jadwal kencan virtual rutin. Ya, teknologi sangat mendukung dan komunikasi jarak jauh bisa jadi lebih mudah. Selain kalian chat, telfon, voice note, atau saling menyapa hampir setiap hari, kalian juga harus kencan walaupun jauh.

Misalnya, buat sesi video call di mana kalian seperti sedang dinner bareng. Berpakaian, dandan, dan bersiap seperti pasangan kamu ada di depan mata. Siapkan menu makanan favorit masing-masing juga, lalu menikmati kencannya seperti kalian dekat. Mengobrol, bercanda, mengucapkan kata-kata romantis, dan selayaknya sedang kencan langsung sungguhan. 

5. Banyak Share Hal-Hal Lucu

Buat suasana jadi cair dan menyenangkan dengan saling sharing hal-hal lucu, meme menghibur, melakukan hal-hal konyol, atau kirimkan dia dirty jokes. Ini akan membuat pasangan tertawa di sana dan selalu merasa kehadiranmu di sisinya. 

Tunjukan padanya bahwa kamu bahagia bersamanya dan kamu juga selalu ingin menghiburnya. Selain, itu canda tawa dapat meningkatkan hormon bahagia dia tubuh sehingga membawa pengaruh positif di hari-hari kalian. 

6. Kirimkan Foto Cute Kamu 

Apalagi yang bisa kamu lakukan agar bisa merasa dekat dengan pacar long distance relationship? Ada banyak cara membuat pacar makin sayang dalam hubungan jarak jauh, salah satu hal yang penting adalah dengan saling bertukar foto atau video. 

Mungkin foto kamu yang benar-benar cute, foto kamu sedang melakukan suatu aktivitas, foto pemandangan sekitar kamu, atau foto random dan selfie kamu yang jelek menyebalkan tapi bisa membuat dia senyum-senyum. Bila begitu, dia juga akan mengirimkan fotonya sehingga kamu dapat update dari dia. Kalian juga akan selalu punya topik untuk dibahas. 

Foto-foto atau video pendek itu bisa menembus rasa rindu walaupun hanya sedikit. Kamu mungkin menjadi semakin merindukannya saat melihat fotonya, namun setidaknya kamu bisa merasakan dia dan memastikan bahwa dia baik-baik saja di sana. 

7. Saling Percaya, Terbuka, dan Sayang

Kamu harus percaya sama dia sama seperti dia percaya kamu. Kamu bisa bertanya pada dia tentang apapun karena kamu peduli sama dia, bukan karena kamu curiga padanya berlebihan. 

Buat komunikasi yang dalam dan berarti. Saling terbuka namun tetap menjaga privasi masing-masing. Selebihnya, pelajari karakter pasangan, perlakuan dia dengan pantas, dan bekerja sama agar hubungan tetap manis hingga kalian bertemu lagi. Walaupun jauh secara fisik, tapi harus dekat secara emosional dan jiwa.

8. Kirimkan Paket Hadiah

Cara membuat pacar makin sayang dalam hubungan jarak jauh adalah dengan memberinya kejutan berupa paket hadiah. Jenis hadiahnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhannya, namun tetap berupa benda-benda yang akan mengingatkan dia padamu.

Contohnya, kirimkan dia selimut, sweater, makanan favoritnya yang hanya ada di kota kamu, vitamin, bingkai foto kalian, coklat, buku, aromatherapy, dan lainnya. Kejutan tersebut tentu akan membuat dia bahagia. 

Di saat yang sama, kamu juga menunjukan kepedulian dan rasa sayangmu padanya. Ya, hari paket kadomu yang bertemu dia, selanjutnya kamu yang akan bertemu dengannya secara langsung. 

9. Ide Pacaran Klasik

Walaupun kalian jauh secara jarak, bukan berarti kalian nggak bisa pacaran atau menghabiskan waktu berkualitas bersama. Kalian bisa mengadopsikan gaya pacaran klasik untuk menambah benih-benih asmara. 

Contohnya, saling bertukar surat yang ditulis tangan dan kirimkan melalui Pak Pos. Seperti film cinta klasik The Notebook, kan? 

Lalu, kumpulan surat-surat cinta tersebut. Simpan di sebuah kotak bertuliskan namamu dan namanya. Silakan baca lagi surat-surat itu saat hubungan kalian mulai renggang, untuk mengingatkan kalian tetap betapa banyak cinta dan usaha yang kalian berikan satu sama lain, dan selalu mencari cara untuk memperbaiki hubungan dan selalu bersama. 

Atau, baca surat-surat itu lagi beberapa tahun dari sekarang untuk mengenang kisah cinta masa muda kalian. Ide bagus kan? Thank me later.

Baca Juga: 10 Cara Pacaran Sehat Menurut Para Ahli (Ciri dan Tips Hubungan Sehat)

10. Jadwalkan Pertemuan Rutin

Bila memungkinkan, misalnya kalian long distance antar kota saja, silakan jadwalkan pertemuan secara langsung. 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali, atau sesuai dengan jadwal kalian masing-masing. Lalu, bergantian. 

Misalnya sekarang bertemu di kota kamu, selanjutnya kalian bertemu di kota dia, lalu bertemu di tengah-tengah. Atau, rencanakan liburan bersama bila perlu. 

Bila kalian LDR antar negara, pertemuan rutin mungkin tidak bisa terlalu sering mengingat jadwal masing-masing yang sibuk dan mungkin biaya yang lebih tinggi. Tidak apa-apa yang penting kalian tetap menjaga hati masing-masing. Saat kalian bertemu nanti, akan menjadi momen yang sangat spesial. 

Baca Juga: 13 Cara Mutusin Pacar LDR dengan Baik

11. Berikan Kejutan Kecil Lainnya

Cara membuat pacar bahagia jarak jauh adalah dengan berikan kejutan-kejutan kecil lainnya. Misalnya, kirimkan dia playlists untuk dia dengarkan di hari Minggu.

Kirimkan voice note di mana kamu tiba-tiba bernyanyi atau mengungkapkan rasa rindu dan rasa sayang sama dia. Bisa juga kirimkan dia pesan yang tidak terduga, di mana saat dia membacanya akan membuat dia tersenyum atau terharu bahagia. 

12. Lakukan Aktivitas Bersama Walaupun Jauh

Siapa bilang orang yang LDR nggak bisa bahagia atau menghabiskan waktu bersama pasangan? Kamu tetap bisa merasakannya dekat di hati kamu.

Misalnya, gunakan video call untuk masak bersama, makan bersama, nonton bareng, atau kegiatan menyenangkan lainnya. Ini sisi baik teknologi di mana bisa membuat yang jauh terasa dekat. 

13. Buat Komitmen atau Rencana Masa Depan

Bagi para pejuang LDR, kamu harus tahu apa tujuan kamu berhubungan dengan dia. Apakah tujuan kamu hanya untuk hidup di satu kota bersamanya agar bisa bertemu kapan saja? Bila begitu, kamu harus menyudahi hubungan tersebut. 

Kamu harus mempertahankan hubungan LDR hanya bila kalian memang sudah memiliki komitmen untuk hal yang lebih besar, misalnya menikah. Bila tujuanmu hanya untuk bisa bertemu dengan dia, berarti kamu masih dalam tahap pacaran-pacaran biasa level dasar. 

Karena walaupun dia tinggal di dekat kamu, hubungan kalian belum tentu langgeng karena kamu pun nggak punya tujuan apa-apa sama dia. 

Nah, itu beberapa cara membuat pacar makin sayang dalam hubungan jarak jauh. Eits, lanjut tips LDR ya di poin berikutnya. 

Tips LDR Bertahan Lama

Selain menerapkan cara membuat pacar makin sayang dalam hubungan jarak jauh, aplikasikan juga tips berikut ini: 

  • Komunikasi harus lancar, namun jangan sampai spamming. Kamu nggak perlu nanya “lagi apa?” setiap 2 menit. Maksudnya, percakapan kalian harus dalam, berarti, dan menyenangkan. 
  • Saling terbuka, namun tetap jaga privacy masing-masing. 
  • Harus saling percaya, menunjukan kasih sayang, serta kepedulian.
  • Jangan cemburu tidak beralasan saat kamu tahu dia bersama lawan jenis. 
  • Usahakan untuk bertemu atau merencanakan liburan bareng beberapa waktu sekali. 
  • Berusaha untuk tunjukan cinta kamu bila kamu dan dia sama-sama sudah komitmen untuk bersama dalam level hubungan lebih dalam dan sakral. 

Semoga pembahasan tentang tips dan cara membuat pacar bahagia jarak jauh tersebut bisa membantu kamu dan pasangan untuk memiliki hubungan berkualitas dan langgeng. Have a wonderful love journey out there! 

Referensi: 

DeWitt, Amanda. 2020. 11 Ways To Have Romance In Long Distance Relationships. lifehack.org/articles/communication/11-ways-have-romance-long-distance-relationships.html. (Accessed on 17th July 2021).

Melissa. 2018. 27 Ways To Show Love In Long Distance Relationships. elephantontheroad.com/ways-to-show-love-in-ldr/. (Accessed on 17th July 2021).

YABORA, CARISHA. 2021. 11 Ways to Show Love in a Long Distance Relationship. inspiringtips.com/asia/ways-to-show-love-in-a-long-distance-relationship/. (Accessed on 17th July 2021).

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s