15 Tanda Pacar Masih Sayang Mantan 

Tanda pacar masih sayang mantan adalah ketika dia sering bicara tentang mantannya dan nostalgia tentang hubungan mereka. Mungkin, pacar kamu juga meminta kamu untuk bisa melakukan hal-hal yang biasa dia lakukan bersama mantan hanya agar dia bisa merasakan ‘kehadiran sang mantan’ sekali lagi. Ketahui apa saja ciri-ciri pacar belum move on dari mantannya di pembahasan ini. 

Tanda Pacar Masih Sayang Mantan 

Kita tidak bisa memilih dengan siapa saja kita akan jatuh cinta. Kita mungkin jatuh cinta dengan orang yang baik, yang kurang baik, atau seseorang yang ternyata masih terjebak di masa lalunya alias belum bisa move on. 

Bila kamu mencurigai pacar kamu mungkin belum bisa move on dari mantannya, simak ciri-ciri pacar belum move on dari mantan berikut ini: 

1. Dia Masih Suka Ngomongin Mantannya

Tidak ada angin, tidak ada hujan, saat ada ribuan topik yang bisa dibicarakan, tapi pacar kamu selalu punya ide untuk omongin mantannya ke kamu. Entah sengaja atau tidak, namun ini pelan-pelan membuat kamu merasa muak dan heran. 

Pacar kamu mungkin bicara tentang hal-hal kecil dari mantannya, misalnya, warna favorit mantan, biasanya mantan pesan apa di cafe, cara mantannya bicara, dan sebagainya. Semua hal yang tidak mau kamu dengar. 

2. Dia Masih Suka Stalking Mantan di Sosmed

Dia masih follow mantannya di sosmed. Masih memberi like, love, atau komen atau interaksi lainnya dengan si mantan di sosmed. 

Bahkan, dia masih pajang foto mesra dia dan mantannya di sosmed. Dan kamu tahu respon dia ke si mantan itu bukan tanda pertemanan, melainkan karena pacar kamu belum move on sama mantannya itu. 

Baca Juga: 13 Bahaya Stalking Mantan (Jangan Stalking Mantan!)

3. Mungkin Salah Sebut Nama Mantan saat Panggil Kamu

Ini adalah ciri-ciri lelaki yang masih mencintai mantan kekasihnya, saat dia salah panggil kamu dengan nama sang mantan. Lebih buruk lagi bila dia memberi panggilan sayang spesifik sama seperti mantannya dulu. 

4. Dia Masih Menyimpan Benda dari Mantannya

Mungkin, dia memang tidak mau move on dari mantannya ketika dia masih menyimpan benda apapun milik mantannya, di mana dia akan semakin sulit move on setiap kali melihat benda-benda itu. 

Bukan hanya benda-benda yang terlihat jelas, dia masih menyimpan memori dan kenangan dengan si mantan di otak dan hatinya. Misalnya, dia sengaja datang ke cafe tempat dia sering kencan dengan mantannya atau mengunjungi setiap tempat memorable mereka berharap bisa bertemu lagi dengan si mantan.

5. Membandingkan Kamu dengan Mantannya

Ketika mantan kamu sering membandingkan kamu dengan mantannya, itu sudah jelas tanda pacar masih sayang mantan. Misalnya, dia lebih suka potongan rambut mantannya daripada model rambut kamu. Lebih suka makanan yang dibuatkan oleh mantannya daripada masakan kamu. Dan sebagainya. 

Sepertinya dia punya ide besar tentang sang mantan itu, atau mau kamu menjadi seperti mantannya itu. 

Baca Juga: 19 Tanda-Tanda Pacar Sudah Tidak Sayang Lagi

6. Mencoba Melakukan Hal yang Sama Seperti yang Dia Lakukan sama Mantan

Dia ingin mengulang memori yang dia punya dengan mantannya pada hubungan dengan kamu. Jadi dia mengajakmu ke tempat yang dulu sering dia kunjungi dengan mantannya. Melakukan berbagai hal sama kamu yang dulu dia sering lakukan bersama mantannya. 

Dia akan melakukannya sama seperti saat dia masih sama mantannya. Dan dia akan komplain, marah, sedih, atau kecewa karena kamu bukan si mantan itu. 

7. Memori tentang Mantannya Tidak Pernah Lepas

Dia selalu teringat tentang memori-memori bersama mantannya, entah kenangan indah, kenangan sedih, atau apapun di antaranya. Semua itu akan mengganggu hubungannya sama kamu, karena dia terjebak di satu masa bersama satu orang yang sudah pergi, sementara kamu ingin mengajaknya keluar dari masa lalunya itu namun dia tidak mau. 

8. Diam-Diam Bertanya tentang Mantannya ke Orang Lain

Bila ternyata dia punya circle yang sama dengan sang mantan, maka mungkin dia akan menanyakan kabar sang mantan pada teman-temannya. Atau mungkin dia masih berhubungan dengan kakak, adik, orang tua, dan keluarga sang mantan.

Dia melakukan itu bukan untuk silahturahmi atau bersikap ramah, namun dia sedang mencari kesempatan agar bisa balik ke hidup matannya itu. 

9. Tapi Dia Tidak Mau Cerita tentang Sang Mantan ke Kamu

Dia selalu ngomongin mantannya ke kamu, selalu terkenang akan mantannya, selalu memanggil nama mantan, selalu stalking mantan, dan sebagainya tentang mantan. Namun, saat kamu bertanya tentang sebenarnya apa yang terjadi dengan dia dan mantannya, dia tidak akan cerita jelas ke kamu. Saat kamu tanya apakah pacar kamu sudah ‘sembuh’ dari mantan, dia akan bilang sudah sembuh. 

Itu adalah tanda pacar masih sayang mantan, dia tidak hidup dalam realita, dia membohongi dirinya sendiri, dan dia tidak mau menolong dirinya sendiri. Dan sialnya, kamu di sini sekarang berhadapan dengan orang yang belum move on dan kamunya sudah terlanjur jatuh hati padanya. 

10. Dia Selalu Nostalgia tentang Sang Mantan

Pacar kamu suka mengenang mantannya dengan berbagai cara. Dia mungkin sering terjebak dalam lagu-lagu sedih yang menggambarkan kerinduannya pada mantan, menyalahkan diri sendiri, atau selalu memutar memori yang sama tentang mantannya. 

Atau, pacar kamu itu pura-pura baik-baik saja namun sebenarnya dia belum sembuh dari hubungan masa lalunya dengan si mantan, atau mungkin sengaja tidak mau move on. 

Baca Juga: Apa Itu Fakboi? Ciri Fakboi dan Cara Menghadapinya

11. Dia Ingin Kamu Seperti Mantannya

Ciri-ciri lelaki yang masih mencintai mantan kekasihnya adalah saat dia meminta kamu menjadi seperti sang mantannya. Ini bukan tentang dia menyukai tipe spesifik pasangan, namun dia sedang mencari mantannya di dalam diri orang lain. 

12. Ya, Dia Memperlakukanmu dengan Baik

Dia memang memperlakukanmu dengan baik, namun itu hanya karena dia pernah melakukan hal yang sama pada mantannya. Dia seperti sudah tahu rutenya, ritmenya, atau sekadar paham bagaimana cara memperlakukan pasangannya. 

Namun, dia tidak benar-benar memiliki perasaan sayang padamu. Dia melakukan hal-hal romantis bisa jadi karena sudah terbiasa saja atau sudah pernah melakukannya sebelumnya dengan si mantan. 

13. Tapi Dia Seperti Tidak Menikmati atau Penuh Perasaan dengan Kamu

Yup, ini sudah jelas. Serangkaian perilaku baik dan manis dan romantis dia pada kamu hanya sekadar kebiasaan saja. Atau, dia berharap menemukan mantannya di dalam diri kamu saja. 

14. Dia Tidak Bisa Komitmen Serius sama Kamu 

Tanda pacar masih sayang mantan adalah saat dia tidak bisa berkomitmen atau memiliki hubungan yang serius dengan kamu. Itu karena masih ada sang mantan di hatinya. Dia tidak yakin pada dirinya sendiri, apalagi sama kamu. 

15. Akhirnya Kalian Putus dan Kamu Tahu Kenapa 

Dan bila pada akhirnya kamu putus sama pacar yang belum move on dari mantannya, kamu tahu alasannya bahwa dia tidak siap untuk punya hubungan sama kamu. Dia bukan hanya belum move on dari mantannya, namun dia masih menyimpan luka dan segala perasaannya pada mantan. 

Itulah beberapa ciri-ciri pacar belum move on dari mantan. Ingat, semua orang memiliki kondisi berbeda dan artikel ini hanya menjelaskan sedikit dari banyak kemungkinan yang bisa terjadi tentang apakah pacar kamu belum move on dari mantannya atau ada alasan lainnya. 

Referensi: 

bonobology.com/signs-he-still-loves-his-ex/

theinternationalpsychologyclinic.com/does-he-still-love-his-ex-10-signs-he-is-not-ready-for-a-new-relationship/

yourtango.com/2017306306/10-signs-he-still-loves-his-ex-and-only-using-you-diversion

changehim.com/signs-he-still-loves-his-ex/

Author: A Writer in The Dark

“Misery, sadness, loss of faith, no reason to live… this is perfect for you.” — Vance from 500 days of Summer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s